Halo, Takaiters!

Pernah mendengar tentang Kampung Inggris yang ada di Pare Kediri, Jawa Timur, Guys? Atau, jangan-jangan pernah merasakan kursus di sana?

Kampung Inggris adalah sebuah perkampungan yang sebagian besar rumah penduduknya digunakan sebagai tempat kursus.  Sekilas, tidak ada yang berbeda dengan kampung-kampung lain di Indonesia pada umumnya.

Pemandangan berbeda terlihat mulai dari jalanan yang penuh hilir mudik anak-anak muda berangkat dan pulang dari penginapan ke tempat kursus.  Disamping itu, warung-warung makan yang riuh dengan senda gurau saat jam istirahat, bus-bus pariwisata keluar masuk, hingga mobil travel yang mengantar dan menjemput peserta kursus.  Keramaian ini pun meningkat berlipat-lipat di saat liburan semester dan akhir tahun.

Peserta kursus di kampung Inggris ini berdatangan dari hampir seluruh wilayah Indonesia. Banyak juga yang datang dari Jakarta dan Jawa Barat, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Lombok hingga Papua.

Lantas, alasan apa yang membuat banyak orang memilih kursus di sana?  Berikut daya tarik yang dimiliki oleh Kampung Inggris Pare, yaitu:

1. Banyaknya Lembaga Penyelenggara

Kampung Inggris Pare
Foto: kampunginggris.in

Terdapat lebih dari 100 lembaga kursus yang ada di kampung Inggris Pare.  Lembaga kursus tertua didirikan oleh Pak Kellend, orang yang pertama kali merintis kursus di Kampung Inggris.  Kemudian banyak lembaga lain didirikan oleh anak didik beliau dengan membawa brand-nya masing- masing.  Belum lagi serbuan pendatang yang juga turut membuka lembaga kursus di Pare.

2. Paket Kursus yang Ditawarkan Beragam

Kampung Inggris Pare
Foto: jejakpiknik.com

Paket kursus yang ditawarkan sangat beragam dan sangat spesifik, misalnya lembaga kursus A, menawarkan program mahir TOEFL sedangkan kursus B khusus melayani speaking & listening.  Ada juga yang fokus pada persiapan bahasa Inggris untuk studi ke luar negeri.  Bagi yang berminat bahasa asing lain, di Kampung Inggris pun terdapat lembaga khusus untuk mempelajari bahasa Korea, Mandarin, hingga bahasa Arab.

3. Biaya Hidup yang Murah

Foto: panduankampunginggris.com

Dilingkungan kampung Inggris, penjual makanan sangat banyak dan harganya murah.  Nasi padang lengkap dengan sayur dan lauk, dijual mulai dari enam sampai dengan sepuluh ribu rupiah saja.  Untuk sarapan pagi nasi pecel seharga empat ribu rupiah sudah mengenyangkan.  Untuk penginapan tersedia indekos yang disewakan secara bulanan atau per dua minggu dengan biaya terjangkau, yakni antara serratus sampai dua ratus ribu rupiah.  Murah, bukan?

4. Sarana Transportasi yang Menunjang

Kampung Inggris Pare
Foto: dijafirdausi.blogspot.com

Hal unik yang menjadi daya tarik utama di kampung Inggris adalah adanya rental sepeda.  Alat transportasi ini digemari karena memudahkan mobilitas para peserta kursus dan harga sewanya murah, yakni sekitar lima puluh ribu rupiah per bulan.  Selain sebagai sarana pulang pergi ke tempat kursus, sepeda bisa digunakan berkeliling menikmati suasana kota Pare.

5. Kota Pare Dekat dengan Wisata Favorit

Kampung Inggris Pare
Foto: wisatabromo.id

Lokasi Kota Pare yang tidak terlalu jauh dengan wisata favorit di Jawa Timur, membuat peserta kursus dari luar pulau jatuh hati.  Banyak dari mereka yang meluangkan waktu untuk berwisata ke kota Batu, Malang, atau menikmati keindahan Gunung Bromo. Ini menjadi semacam gimik yang juga sangat menjual ketika menawarkan paket kursus di Kampung Inggris.

Itulah 5 daya tarik Kampung Inggris Pare yang bisa menjadi alasan untuk mengisi kegiatan liburan sambil belajar Bahasa Inggris.  Selain itu, tidak sedikit alumninya yang menemukan jodoh di sana, lo, Takaiters!