Hai, Takaiters!

Tahukah kamu apa itu Body Shaming? Body Shaming bisa diartikan mengomentari kekurangan dari fisik orang lain. Hal ini seringkali tanpa sadar kita lakukan di sela-sela obrolan dan menganggapnya sebagai hal yang biasa. Namun, pada kenyataannya body shaming ini bisa membuat lawan bicara merasa malu, minder, bahkan sampai depresi. Kebiasaan body shaming ini juga berdampak pada berkurangnya rasa percaya diri sehingga berujung pada meratapi kekurangan fisik yang dimiliki. Kebiasaan body shaming ini memang tidak baik dan harus diubah. Dan berkaitan dengan body shaming ini, jika kamu adalah korbannya, ada beberapa cara bijak untuk menghadapi body shaming ini, Guys. Simak, yuk!

1. Anggap Angin Lalu Setiap Ejekan dari Orang Lain

Foto:pixabay.com

Sulit memang, karena terkadang kita terlalu memikirkan komentar orang tentang kekurangan fisik yang kita miliki. Tapi terkadang sikap masa bodo diperlukan dalam beberapa situasinya. Anggap saja mereka iri dan ingin seperti kita. Let it go, Guys!

2. Upayakan untuk Menutupi Kekurangan dan Menonjolkan Sisi Lain

Foto: pixabay.com

Menonjolkan kelebihan yang dimiliki adalah cara terbaik untuk menutupi kekurangan kita. Contohnya saja jika kita bertubuh mungil, usahakan untuk tetap bisa tampil modis dan terlihat menarik walaupun tidak bertubuh tinggi. Dengan begitu, kekurangan yang kita miliki tetap menjadikan kita pribadi yang berpenampilan menarik.

3. Memiliki Perspektif tentang Arti Kecantikan dan Kesempurnaan

Foto: pixabay.com

Memiliki kesempurnaan dalam hal fisik bukan menjadi ukuran kecantikan seorang wanita. Begitupun sebaliknya, kekurangan fisik yang kita miliki bukan berarti kita tidak layak untuk disebut cantik. Ini berarti kita harus memiliki perspektif tentang arti kecantikan dan kesempurnaan itu sendiri.

4. Cintai Diri Sendiri

Foto: pexels.com

Apapun kekurangan fisik yang kita miliki, cobalah untuk bisa mencintai diri sendiri. Hargai diri sendiri dengan tidak mempermasalahkan kekurangan fisik yang dimiliki. Cara ini bisa membuat kita tidak terlalu ambil pusing mengenai body shaming tersebut.

5. Berpikir Positif dan Sibukkan Diri dengan Melakukan Hal yang Bermanfaat

Foto: unsplash.com

Jangan jadikan kekurangan yang kita miliki sebagai penghalang untuk kita menikmati hidup. Berpikirlah positif dan cari kesibukan lain yang lebih bermanfaat. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati hidup ini. Terlalu memikirkan ejekan orang, apalagi berkaitan dengan kekurangan fisik, hanya akan menjadi beban dalam hidup kita.

Secara tidak sadar kita memang kerap kali menerima body shaming ini. Tidak usah terlalu dihiraukan dan bersikap bodo amat memang terkadang diperlukan terutama dalam menghadapi situasi seperti ini. Yakinlah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan kita berkewajiban untuk menghargai diri sendiri dengan tidak mempermasalahkan kekurangan yang ada.