Jika kita membicarakan adat, maka kita harus mengaitkan hal ini dengan agama. Agama merupakan tiang dasar terciptanya manusia di muka bumi ini, sedangkan adat adalah aspek penting yang dapat memperkuat kita dalam kehidupan agar lebih sejahtera. Jika semuanya bertemu maka akan melahirkan sebuah pilar yang kokoh dan kuat dalam kehidupan kita sebagai manusia.

Membicarakan adat Minangkabau, mungkin kita akan langsung tertuju pada Perang Padri. Adat dan agama merupakan konflik utama dari perang Paderi ini. Tapi bukan nya terpecah, masyarakat Minangkabau justru menjadi lebih erat dengan adanya Sumpah Sati Bukik yang meyakinkan mereka bahwa adat dan agama bisa bersatu dan hidup rukun dalam sebuah kehidupan.

Tanggapan lain justru muncul dari mereka yang tidak mengerti agama, bahkan tidak paham mengenai adat Minangkabau itu sendiri. Hal inilah yang menjadikan mereka skeptis ketika membicarakan soal adat Minangkabau. Tidak heran, banyak praduga-praduga tak bersalah yang berujung fitnah kepada masyarakat Minangkabau atas kejadian ini.

Untuk itu mari kita luruskan 4 fitnah kejam yang ditujukan kepada masyarakat Minangkabau ini.

1. Merantau itu tidak perlu jika bisa berkembang di kota sendiri

4 larangan tradisi di minangkabau
Foto : medel.nl

Banyak dari kita yang tidak paham mengenai adat Minangkabau sehingga salah mengartikan statment ini. Tidak semua pemuda Minang harus merantau ke kota orang, karena bisa saja mereka yang tinggal di kampung halaman memiliki pekerjaan dan pendidikan yang cukup.

Ada dua penyebab mengapa pemuda minang harus merantau. Pertama mereka merantau karena ingin memiliki sesuatu yang lebih, sehingga mengharuskan mereka pergi ke kota besar. Kedua masalah pendidikan yang dirasa kurang cukup, sehingga mereka memilih untuk mencari ilmu yang lebih tinggi di kota besar.

PILIHAN EDITOR

2. Nikah satu suku dalam satu nagari dilarang

4 larangan tradisi di minangkabau
Foto : efekgila.com

Di dalam adat Minang tidak boleh seseorang menikah satu suku yang berdiam di nagari yang sama. Suku bisa kita artikan sebagai Marga, sedangkan nagari itu seukuran dengan wilayah kelurahan. Jadi bisa kita artikan jika tidak boleh ada pernikahan dalam satu keturunan yang sama dengan jarak satu kelurahan.

Bagaimana menurut agama? Tentu ada hukumnya, mereka yang satu suku bisa diartikan sebagai keluarga, secara otomatis mereka satu darah yang sama. Maka dalam agama menikahi satu darah apakah sesuatu yang lumrah kita dengar, atau sebagian orang mengatakannya bahwa ini sudah termasuk haram.

3. Wanita melamar lelaki

4 larangan tradisi di minangkabau
Foto : skyscrapercity.com

Apakah mungkin seorang wanita melamar seorang lelaki? Tentu saja tidak, karena yang melamar adalah keluarga wanita. Tapi hal ini sering sekali diambil dari sudut pandang yang harfiah, mereka yang tidak mengerti pasti menuduhkan bahwa wanita lah yang pergi untuk melamar lelaki.

Terus bagaimana dalam agama jika hal ini terjadi? Tentu saja bisa, karena sebagai orang tua kita haruslah mengetahui siapa yang akan menjadi pasangan hidup anak wanita yang paling kita cintai ini. Sahabat Nabi, Ummar bin khattab juga pernah mencarikan anak perempuan nya seorang lelaki, Hafish binti umar? Jika kita lupa.

4. Lelaki tinggal dirumah istri setelah menikah

4 larangan tradisi di minangkabau
Foto : weddingku.com

Mari kita pikirkan sejenak mengenai ini, apakah ada aturan yang kuat mengenai tempat tinggal di dalam agama? Tentu saja tidak, agama memberikan ruang ini agar kita bisa memilih sebagai umatnya. Lalu dalam adat Minang apakah ada hal seperti ini? Tentu ada, meskipun tidak selamanya terjadi karena faktor anak dan lain hal.

Tapi coba kita lihat sejenak apa manfaat yang bisa diambil dari hal ini. Mungkin saja istri kita belum terbiasa kehilangan ibu yang sejak kecil merawat dia. Atau bisa saja istri kita tidak bisa masak sehingga butuh bantuan seorang ibu?

Jadi sebelum mengeluarkan pendapat alangkah baiknya kita cari tau terlebih dahulu, terutama sekarang dunia informasi sudah semakin canggih, salah-salah kita bisa menyebarkan sesuatu yang belum pasti kebenarannya. Untuk itu mari kita berbagi melalui media sosial kepada mereka yang belum mengetahui hal ini. Semoga mereka yang tidak tau menjadi tau dan yang paham dan mengerti bisa membantu membenarkan 4 hal ini.