Hai, Takaiters!

Mungkin karena bahan bakunya melimpah, maka hidangan tanah air selalu identik dengan sambal. Jadi nggak heran kan jika jenisnya sangat banyak. Salah satunya yang menjadi favorit banyak orang adalah sambal tomat yang langsung dituangkan di atas nasi hangat. Bagi beberapa orang, menu ini dikenal dengan nama sego sambal.

Tentu saja di tanah air, tempat makan yang menyajikan menu ini tidak sedikit, ya, Guys. Hampir di setiap sudut daerah, akan dapat ditemukan warung sego sambal yang menjadi favorit. Lalu, di mana saja warung sego sambal khas Nusantara yang kepedasan sambalnya menggugah selera? Berikut rangkumannya.

Sego Sambal Mak Yeye, Surabaya

Foto: goodindonesianfood.com

Letak warung sego sambal Mak Yeye yang buka mulai dari pukul 9 malam hingga 4 pagi ini berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan, Surabaya. Bagi para pecinta kuliner sego sambal Surabaya, tempat ini pasti tak asing lagi. Seporsi sego sambal Mak Yeye ini berupa nasi hangat, lauk, dan siraman sambal. Untuk pilihan lauknya sendiri sangat banyak, mulai dari tempe goreng, telur dadar, hingga ikan pe. Jangan khawatir untuk harganya Guys, masih ramah di kantong, kok.

Sego Sambal Iwak Pe, Jogja

Foto: lifestyle.sindonews.com

Sebenarnya kuliner pedas di Jogja banyak. Selain oseng-oseng mercon yang terkenal itu, di kota ini kalian juga dapat menemukan warung sego sambal dengan rasa yang sangat mak nyuss, yaitu salah satunya di Jalan Seturan raya Jogja, namanya Sego Sambal Suroboyo Iwak Pe. Warung ini mulai buka dari pukul 9 malam hingga 2 pagi. Menu komplit yang ditawarkan di warung ini terdiri dari seporsi nasi, telur, tahu, tempe, dan ikan pe, yang disiram dengan sambal istimewanya.

Sego Sambal Pak Ndut, Gresik

Foto: travelingyuk.com

Warung sego sambal yang terkenal di jalan Panglima Sudirman Gresik ini buka mulai pukul 10 siang hingga 10 malam. Hampir sama dengan menu warung sego sambal lainnya, menu yang ditawarkan di sini adalah nasi hangat berserta beragam lauk dari tempe hingga ikan pe, yang disiram sambal tomat rasa istimewa. Hanya saja di warung ini ada alternatif menu lauk lainnya yang ditawarkan Guys, yaitu ikan Wader.

Sego Sambal Cak Yudhiss, Gresik

Foto: masdaniblog.com

Selain Sego Sambal Pak Ndut, di Gresik kalian juga akan menemukan satu lagi tempat makan yang menawarkan seporsi nasi hangat dengan siraman sambal, namanya adalah Sego Sambel Cak Yudhis di Jalan Jaksa Agung Suprapto, persis di seberang SMPN 1 Gresik. Tempat makan di sini buka mulai dari pukul 5 sore hingga 2 pagi. Menu yang disediakan berupa nasi hangat, tempe serta sambal tomat yang warnanya merah. Tentu saja selain itu juga ada aneka lauk menggiurkan seperti ikan asin dan ikan pe.

Nah, bagaimana? Ingin mencobanya? Dijamin deh sego sambel khas Nusantara di atas tersebut tidak hanya enak, namun pedasnya juga bikin ketagihan. Setuju ‘kan?