Halo, Takaiters!

Bulan depan kita akan memasuki Ramadan. Bulan yang selalu ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Buat kamu yang muslim, pasti sudah tidak sabar menunggu kedatangannya, bukan?. Persiapan seperti apa sih yang biasa kamu lakukan menjelang bulan Ramadhan, Takaiters?

Biasanya sejak sekitar 2 minggu sebelum Ramadan, rumah-rumah makan atau restoran, dipenuhi oleh kumpulan orang yang menyambut kedatangan bulan Ramadan dengan cara makan bersama. Dalam tradisi Sunda, ini disebut dengan munggahan, yakni berkumpul bersama teman, rekan kerja ataupun saudara sambil menikmati makanan. Bak sebuah pesta kecil.

Di Indonesia, menjelang Ramadan, banyak tradisi dari berbagai daerah untuk menyambut datangnya bulan penuh berkah. Selain munggahan, ada juga mandi balimau dari Minangkabau, nyorog dari Betawi, dan beraneka tradisi dari daerah-daerah lainnya yang serupa, namun berbeda nama.

Fenomena lain yang terjadi adalah, padatnya pusat-pusat perbelanjaan, baik pasar tradisional maupun supermarket, oleh umat muslim yang hendak menyiapkan perbekalan untuk makan sahur. Lumrah memang, akan tetapi masih ada persiapan lain yang sering terabaikan, Takaiters.

Nah, agar Ramadan kamu lebih bermakna, intip yuk 4 hal yang penting untuk kamu persiapkan.

1. Daya Tahan Tubuh

Persiapan Jelang Ramadan
Foto: pexels.com

Puasa, bukan alasan bagi kamu untuk nggak beraktivitas, dan aktivitas membutuhkan energi. Terus, gimana bisa berenergi kalau seharian puasa?

Puasa Ramadan itu sebulan penuh, lho, nggak cuma sehari. Nah, karenanya penting, buat kamu untuk tidak makan secara berlebihan, baik menjelang puasa, ataupun pada saat berbuka puasa. Kenapa? Sebab makan secara berlebihan, akan membuat tubuh kamu menjadi lebih lemas, dikarenakan metabolisme tubuh harus bekerja keras pada saat kita sedang puasa, dan energi menjadi terkuras.

Perhatikan juga asupan makanannya ya, Guys, jangan terlalu banyak karbohidrat dan lemak.

2. Kekuatan Mental

Persiapan Jelang Ramadan
Foto: pexels.com

Aktivitas yang kamu lakukan saat puasa, menunjukkan sebesar apa kekuatan mental kamu. Kalau kamu puasa dan masih sanggup melakukan aktivitas seperti biasa, atau melakukan hal positif lainnya, dan puasa kamu tetap terjaga, artinya mental puasa kamu, bagus. Nggak hanya sekedar mampu menjaga makan dan minum saja.

Tapi, kalau kamu gampang terpancing emosi, atau seharian tidur terus, ngedumel, main games sepanjang hari, artinya mental puasa kamu masih harus ditingkatkan. Nggak mau dong, sebulan puasa, cuma bisa nahan makan dan minum saja. Sayang, kan, Guys.

Pilihan Editor



3. Mengelola Hati

Foto: pexels.com

Puasa melatih kamu menata dan mengelola hati, lalu bagaimana caranya mempersiapkan kendali hati dari sebelum puasa?

Guys, setiap perbuatan berawal dari niat, kan, dan niat berasal dari hati. Jadi, niatkan puasa kamu dengan tepat, bukan sekedar ikut-ikutan, atau karena kebiasaan turun temurun. Nah, untuk meluruskan niat ini, kamu harus pelajari makna puasa dan Ramadan yang sebenarnya.

4. Menjaga Pikiran

Persiapan Jelang Ramadan
Foto: pexels.com

Berpikir positif menjadi kunci dari berat ringannya kamu menjalankan puasa Ramadhan. Bagaimana membuat Ramadhan ini bermakna untuk kamu, juga tergantung dari bagaimana cara kamu berpikir.

Kalau kamu berpikir, berpuasa 30 hari itu berat, yang kamu jalankan akan terasa berat. Badan terasa lemas, dan ingin tidur terus, itu berawal dari pikiran kamu sendiri. So, selalu berpikir positif ya, Guys.

Nah, itulah 4 hal yang penting untuk dipersiapkan menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Semoga bisa dilaksanakan, ya, Takaiters.