Banyak dari kamu pasti bingung ingin melakukan apa pada saat menjalani bulan puasa. Ketika kamu berolahraga, fisik kamu akan terkuras dan menimbulkan efek capek dan haus, tidur seharian pun juga bosan. Mendingan kamu buat mainan saja sambil menunggu buka puasa, agar rasa lapar menghilang sementara sambil memainkan mainan tersebut.

Pada umumnya, orang-orang Indonesia terbilang kreatif ketika sedang menyambut bulan puasa, kebanyakan dari mereka membuat mainan-mainan seru buat ngabuburit. Hal ini juga sebagai pertanda menyambut kedatangan bulan puasa. Berikut ini mainan-mainan yang sering meramaikan jalannya puasa kamu, Takaiters.

1. Petasan yang digunakan untuk menjahili orang

mainan saat bulan ramadhan
Foto : tempo.co

Walaupun sudah ada himbauan untuk larangan bermain petasan dari pihak berwajib pada saat bulan puasa, tetap saja mainan yang satu ini sudah menjadi tradisi pada bulan puasa.

Biasanya sekelompok anak-anak dengan jahilnya membawa petasan yang digunakan untuk mengagetkan orang-orang yang sedang lewat dan sering dilemparkan ke rumah-rumah penduduk, dengan begitu dentuman keras yang dikeluarkan petasan tersebut membuat para orang-orang menjadi kaget dan terbangun dari tidurnya. Tetapi celakanya, tidak jarang anak-anak yang menjadi tumbal keganasan petasan tersebut.

2. Meriam Kaleng, bazokanya anak-anak Indonesia saat bulan puasa

mainan saat bulan ramadhan
Foto : viva.co.id

Hanya dengan budget delapan ribu rupiah anak-anak bisa mendapatkan mainan yang satu ini. Cara membuat mainan ini juga terbilang sangat mudah, kamu hanya butuh spiritus, kaleng, botol plastik, dan pematik korek api. Untuk kualitas dentumannya, meriam yang satu ini tak kalah kerasnya dari petasan, setiap sore anak-anak akan saling berlomba-lomba untuk memainkan meriam kaleng ini.

Pilihan Editor



3. Meriam Bambu, bazoka tradisional masyarakat melayu nusantara

mainan saat bulan ramadhan
Foto : masirul.com

Kalo yang satu ini merupakan tradisi unik yang sering dilakukan di beberapa daerah Indonesia, permainan meriam bambu ini bukan hanya milik anak-anak saja, melainkan milik semua kalangan dari muda hingga tua.

Terkadang dalam proses pembuatan meriam bambu, ayah dan anak harus saling bahu-membahu untuk membuatnya. Hal tersebut dilakukan agar suara yang dihasilkan oleh meriam bambu terdengar nyaring dan keras. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, permainan meriam bambu ini sering diperlombakan dan menjadi agenda wajib dalam bulan puasa.

Perlombaannya pun terbilang sederhana, meriam bambu yang mampu mengeluarkan suara dentuman paling keras lah yang akan keluar sebagai juaranya. Asik, bukan? Selain sebagai hiburan, permainan ini juga bisa sebagai tempat ngumpul bareng semua kalangan usia.

4. Bermain ludo, mainan paling booming era 90-an

mainan saat bulan ramadhan
Foto : muslimmoms.ca

Sambil menunggu bedug berbunyi, alangkah baiknya kamu bermain ludo dulu bersama teman sebayamu. Mainan yang booming pada era 90-an ini sangat baik untuk melatih otak kiri dan otak kanan kita, loh.  Mainan ini terdiri dari kertas sebagai papan bermain yang ukurannya paling kurang sekitar 20 x 20 cm. Sedangkan dadu dan pionnya terbuat dari plastik.

Oh, ya, permainan ini biasanya dimainkan oleh 2-4 orang di mana mereka mengatur strategi untuk berlomba memindahkan 4 bidak pionnya masing-masing dengan menggunakan dadu yang dikocok. Pemenangnya merupakan pemain yang paling cepat meletakkan ke empat pionnya sampai tujuan yang biasa disebut dengan ‘HOME’.

5. Mercon busi yang dikenal murah meriah

mainan saat bulan ramadhan
Foto : 3.bp.blogspot.com

Yang terakhir ada permainan mercon busi yang menjadi mainan favorit anak-anak ketika bulan puasa. Ketika bulan puasa tiba, para anak-anak akan beramai-ramai mendatangi toko-toko onderdil motor untuk bahan-bahan pembuat mercon busi yaitu busi bekas.

Mainan ini hanya berbekal busi bekas, mur, dan korek api saja. Tetapi jangan remehkan suara dentumannya yang diyakini tidak akan kalah dari suara dentuman keras petasan.

Untuk memainkannya pun sangat mudah, korek api dimasukan kedalam busi bekas, setelah itu dilemparkan dari tempat yang tinggi. Busi yang telah dimasukan korek api akan menghantam tanah, sehingga menghasilkan suara dentuman yang keras bagaikan suara ledakan.

Mainan-mainan di atas, selain murah dan mudah dibuat, bisa dijadikan opsi terbaik yang bisa kamu lakukan pada bulan puasa sambil menunggu berbuka bersama keluarga tercinta. Dengan memainkannya, semoga perjalanan puasa kamu menjadi lebih berwarna dan kamu lebih semangat dalam menjalaninya.