Hai, Takaiters!

Asian Games Jakarta-Palembang sudah resmi ditutup pada tanggal 2 September 2018. Setelah acara opening dan closing di GBK (Gelora Bung Karno) yang spektakuler dan menyedot perhatian dunia, pesta olahraga terbesar se-Asia ini akan kembali digelar pada tahun 2022 mendatang.

Pada acara penutupan Asian games tanggal 2 September 2018 kemarin sudah dilakukan hand-over dari Indonesia ke Cina sebagai tuan rumah penyelenggara Asian games selanjutnya.

Perhelatan ini rencananya akan berlangsung pada tanggal 10-25 September 2022. Stadion Hangzhou Sports Park akan menjadi venue utama di selenggarannya Asian games 2022. Jadi penasaran dengan kota Hangzhou ini. Intip, yuk, Takaiters!

1. Kota Ketiga di Cina sebagai Tuan Rumah Asian games

Foto: tribunnews.com

Asian games yang ke-19 nanti akan diselenggarakan di kota Hangzhou yang terletak di Tiongkok. Ini merupakan kota ketiga di Cina sebagai tempat diselenggarannya Asian games. Sebelumnya adalah Beijing tahun 1990 dan Guangzhou tahun 2010.

2. Sebagai Calon Tunggal

Foto: warungkopi.okezone.com

Kota Hangzhou ini sudah ditetapkan menjadi tuan rumah Asian games pada 16 September 2015. Kota Hangzhou merupakan calon tunggal untuk Asian games 2022, di mana tidak ada negara lain yang mengajukan diri.

3. Kota yang Makmur

Foto: humaniora.tagar.id

Pada closing ceremony Asian games 2018 kemarin, kita sudah dipertontonkan keindahan kota Hangzhou, panorama kota ini dianugerahi pemandangan yang indah. Kota West Lake merupakan daya tarik yang paling terkenal dan layak dikunjungi.

4. Kota dalam Genggaman Alibaba

Foto: kaskus.co.id

Aktivitas penduduk kota Hangzhou praktis menggunakan Alipay, layanan mobile payment milik Alibaba ini digunakan sebagai alat pembayaran dan penduduk di sana hampir tidak menggunakan uang cash untuk transaksi pembayaran, di mana mata memandang di sana ada QR code.

Terletak sekitar 150 kilometer di sebelah barat daya Shanghai, kota kelahiran Jack Ma pendiri Alibaba, ini menjadi laboratorium raksasa pengembangan teknologi solusi digital. Dengan kemajuan teknologi tersebut kota Hangzhou terlihat sudah siap menggelar Asian games 2022. Dan tentu saja segala sarana pertandingan juga harus siap.

Nah, nggak sabar rasanya, ya, Guys, menunggu perhelatan olahraga antar-negara Asia 4 tahun mendatang. Mudah-mudahan Indonesia mendapatkan banyak mendali Emas lagi, ya, Takaiters.