Hai, Takaiters!

Siapa yang suka sambal? Bagi pecinta pedas pasti tak bisa lepas dari sambal. Teman lauk nasi pembangkit selera dengan rasa pedas ini hampir wajib tersedia di meja makan orang Indonesia.

Meskipun rasa pedasnya sambal kadang membuat mulut rasa terbakar atau perut menjadi mules. Tetap saja kita menyukai sambal. Bahkan, tak sedikit rumah makan yang menyediakan berbagai jenis sambal untuk memanjakan para pelanggannya.

Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau turut berpengaruh juga pada jenis sambal yang berbeda antara satu wilayah dengan lainnya, sambal sebagai ciri khas daerah tertentu, termasuk Muara Teweh, Kalimantan Tengah, menambah kekayaan kuliner Indonesia.

Berikut sambal khas Muara Teweh yang enaknya kebangetan.

1. Sambal Terong Asam

Foto: cookpad.com

Sesuai namanya, sambal ini menggunakan terong asam sebagai komponen utamanya selain cabai dan terasi. Rasanya yang asam segar menggugah selera makan. Apalagi jika disantap bersama ikan panggang dari sungai Barito, seperti ikan jelawat atau lawang. Rasanya sangat nikmat, membuat siapa pun yang menyantapnya susah berhenti makan, loh, Guys. Sangat tidak direkomendasikan bagi mereka yang berdiet.

2. Sambal Serai

Foto: dapurasmirasuhadis.blogspot.com

Jika sambal terong asam terbuat dari terong asam, maka sambal serai pastilah menggunakan serai sebagai bahan utamanya. Serai, dengan aromanya yang khas, salah satu rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu. Baunya yang tajam tak disangka enak juga dijadikan sebagai sambal. Dengan tambahan bumbu seperti bawang, cabai dan terasi menghasilkan rasa sambal yang unik dan menambah nafsu makan.

3. Sambal Binjai

Foto: ertihidupini.com

Orang Kalimantan pasti kenal dengan binjai. Buah musiman sejenis mangga yang harumnya menusuk dengan rasa sedikit manis dan asam. Karena wangi dan rasanya ini binjai ditambah terasi dan cabai sering dijadikan sebagai sambal, membuat makan semakin nikmat saja. Jangan lupa, sediakan nasi sebakul jika menyantap sambal binjai ini, ya, Guys. Mantapnya maksimal, deh.

Nah, itu 3 jenis sambal khas Muara Teweh. Gimana? Tertarik mencobanya? Silakan cicipi sambal-sambal ini jika bertandang ke Muara Teweh atau bisa dicoba membuat sendiri di rumah jika ada bahan-bahannya. Selamat menikmati, ya.