Kebudayaan Minang memang layak ditahbiskan sebagai salah satu budaya terindah di Nusantara. Apakah Takaiters setuju? Yapt, Sumatera Barat adalah wilayah yang penuh dengan sejuta pesona. Orang Sumbar boleh berbangga akan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh wilayahnya. Dari gunung, danau, hingga pantai yang mempesona– semua ada di sini.

Selain kekayaan alam, Sumatera Barat  juga kaya akan kulinernya yang terkenal lezat. Belum lagi budayanya, etnis yang beragam serta berbagai keseniannya yang semarak. Itulah mengapa, orang Minang patut berbangga dengan identitas asalnya.

Untuk menambah kebanggaan Takaiters yang berdarah Minang, tidak ada salahnya mengetahui seberapa besar pesona kebudayaan Minang di luar negeri.  Bahkan 3 orang berpengaruh di luar negeri ini pun mengagumi keindahan budaya Minang, lho. Inilah buktinya :

Untuk kamu ketahui, bahwa wakil dubes AS sangat tertarik mempelajari kebudayaan Minangkabau loh!

bukti minang dikagumi dunia
Foto : harianhaluan.com

Wakil Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Brian McFeeters ternyata tertarik mem­pelajari Minangkabau. Tidak saja soal budaya dan sejarahnya, namun juga soal garis keturunan matrilinealnya (garis keturunan ibu).

“Saya sangat tertarik dengan Minangkabau karena satu-satu­nya suku di Indonesia ini yang memakai sistem garis keturunan berdasarkan ibu (matrilineal). Di samping itu, banyak tokoh Indonesia yang mendunia terdahulu yang berasal dari Minang seperti Muhammad Hatta, Syahrir, Ham­ka dan Tan Malaka,” kata Brian seperti yang dilansir laman harianhaluan.com.

PILIHAN EDITOR

Brian mengungkapkan bahwa saat ini nama orang Minang sudah tersebar diseluruh dunia. Di setiap daerah di dunia ini, dipastikan ada orang Minang yang rata-rata mereka adalah orang-orang yang sukses. Hal inilah yang mendorongnya mempelajari Minangkabau untuk mengetahui apa kunci orang minang ini bisa menjadi sukses besar.

Cukup bangga juga, dubes Jerman pun menggandrungi rendang lho!

dubes Jerman pun menggandrungi rendang lho!
Foto : 2.bp.blogspot.com

Duta Besar Jerman untuk Indonesia, George Witschel, mengakui bahwa ia sangat menyukai masakan Minang bernama rendang. Witschel mengatakan bahwa cita rasa rendang sangat memikat. Bahkan rendang pun dinobatkan sebagai makanan terfavorit Jerman. Tidak tanggung-tanggung, berita ini diliris oleh salah satu media terkemuka dunia, yaitu CNN.

Apa? Pengarang manga ‘One Piece’ mengagumi Rumah Gadang

Foto : tstatic.net

Pengarang komik laris “One Piece” Eiichiro Oda memasukkan beberapa unsur budaya Indonesia dalam jalan cerita komiknya. Misalnya, setting Jaya Island yang diduga mencontoh tipologi alam Irian Jaya. Bahkan rumah gadang pun ikut eksis dalam komik ini, lho.

Desain rumah milik Nekomamushi yang merupakan salah satu penjaga Whale Forest ini mirip dengan desain rumah gadang yang ada Minangkabau. Budaya Indonesia benar-benar hebat, sampai bisa eksis di dunia One Piece!

Nah, semoga Takaiters makin bangga pada kebudayaan Indonesia pada umumnya, dan budaya Minang pada khususnya. Ayo tunjukkan bahwa kita bangga menjadi rakyat Indonesia.