Hai, Takaiters!

Palembang adalah ibukota Sumatera Selatan yang juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata, terutama wisata kuliner. Ada banyak jenis kuliner yang wajib kamu coba jika berkunjung ke Palembang, salah satu yang terkenal adalah Pempek Palembang.

Tahukah kamu kalau ada 12 jenis pempek yang umum disajikan di kedai pempek di Palembang. Makanan khas kota Palembang ini memiliki  proses masak yang berbeda-beda, yaitu direbus, digoreng, dan dipanggang.

Namun, sebelum kita bahas jenis-jenis pempek, kita simak dulu, yuk, bahan-bahan dan cara membuatnya!

Bahan yang harus kamu siapkan adalah 500 gr daging ikan yang sudah dihaluskan, 300 cc air, 25 gr garam halus, 1/2 sdt gula pasir, 400 gr tepung tapioka kualitas baik. Terlebih dulu siapkan panci untuk merebus pempek.

Cara Membuatnya pertama campurkan daging ikan dengan 200 cc air, aduk sampai menyatu menggunakan sendok kayu/plastik.  Jangan menggunakan tangan, ya, Takaiters, karena akan membuat adonan pempek menjadi keras. Kemudian, larutkan 25 gr garam dengan sisa air 100 cc masukan ke dalam adonan ikan, aduk lagi hingga mengental. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, sampai adonan bisa dibentuk. Terakhir, masukan adonan pempek yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih, jika pempek mengapung boleh diangkat dan tirisiskan.

Nah, berikut ini cara penyajian dan jenis pempek

1. Pempek Kapal Selam atau Telur Besar

Foto: kaltim.tribunnew.com

Proses membuat adonan dibentuk seperti tabung diisi telur utuh, dimasukan dalam air rebusan yang sudah mendidih, pempeknya akan tenggelam namun akan muncul lagi kepermukaan air jika sudah matang persis seperti kapal selam. Setelah matang, tiriskan, bisa juga langsung dimakan atau digoreng terlebih dahulu sehingga lebih garing tapi tetap empuk di dalam. Hidangkan dengan cuko, taburan ebi, dan cincangan timun.

2. Pempek Lenjer Besar

Foto: style.tribunnews.com

Adonan dibuat lonjong-lonjong menyerupai lontong. dengan ukuran panjang sekitar 20 cm dan diameter 3 cm. Pempek Jenis ini di Palembang disebut Pempek Lenjer. Adonan direbus dahulu hingga matang, dan ketika akan dimakan dipotong-potong kecil, cara penyajiannya setelah direbus bisa langsung disantap, atau bisa digoreng.

3. Pempek Telur Kecil

Foto: pempekbicik.wordpress.com

Ini mirip dengan kapal selam bentuknya namun dalam versi kecil, satu lagi yang membedakan adalah kalau kapal selam diisi dengan telur utuh, kalau telur kecil diisi dengan telur ayam yang dikocok lepas, kemudian diisikan dalam adonan, kemudian direbus.

4. Pempek Lenjer Kecil

Foto: pictame.com

Sama dengan lenjer besar namun dibuat lebih kecil dengan ukuran standar biasanya panjang 3 cm dan diameter 1 cm. Cara pembuatannya sama, setelah adonan dibentuk kemudian direbus hingga matang.

5. Pempek Keriting atau Pempek Kerupuk

Foto: trisdie.blogspot.com

Bentuknya sama dengan kerupuk, di Palenbang sering disebut dengan nama pempek Keriting. Setelah adonan pempek dibuat maka pempek keriting dicetak dengan cara mengggunakan saringan yang dibuat dari besi kuningan yang tebal, atau menggunakan cetakan membuat akar kelapa.

6. Pempek Pistel

Gambar mungkin berisi: makanan
sumber :masakandapurku.com

Ini Jenis pempek kecil yang direbus seperti pempek telur kecil, tapi isiannya pepaya muda yang diparut kemudian ditumis dengan ebi. Untuk membedakan dengan pempek telur kecil, pempek pistel ini biasanya tampilannya dibuat dipilin-pilin seperti pastel. Ini favorite one, Guys, enak perpaduan antara pempek yang kenyal dan tumisan pepaya yang krenyes-krenyes.

7. Pempek Adaan

Foto: jajanpinggiran.blogspot.com

Pempek adaan atau pempek bulat, kandungan ikannya lebih banyak dari pempek yang lain, pada adonan ditambahkan lada dan bawang merah cincang, telur kemudian adonan dibulat-bulatkan menggunakan tangan sama seperti cara membuat bakso, akan tetapi pempek adaan langsung digoreng dengan minyak banyak bukan direbus. Pempek adaan masuk dalam kategori pempek yang pengolahannya digoreng.

8. Pempek Tahu

Foto: sajiansedap.grid

Pempek tahu, dibuat dengan memotong tahu ukuran sedang menjadi dua bagian berbentuk segitiga sama sisi, kemudian tahu itu dibalut dengan adonan pempek adaan, kemudian langsung digoreng hingga matang.

9. Pempek Kulit

Foto: cookpad.com

Pempek Kulit cukup banyak penggemarnya di Palembang, dibuat dari campuran kulit ikan tenggiri dan sedikit daging ikan, ditambahkan lada, bawang merah cincang, dan telur kemudian adonan dibentuk pipih, setelah itu langsung digoreng, warnanya agak kehitam-hitaman, tapi ini rasanya enak krispy di luar, empuk di dalam.

10. Pempek Panggang

Foto: youtube.com

Adonan bahan pempeknya sama dengan adonan kapal selam atau pempek lenjer, cuma cara masaknya yang beda. Pempek jenis ini diolah dengan cara dipanggang dengan bara api. Dibentuk bulat-bulat pada saat matang. Bentuknya seperti bola pimpong, cukup dibelah dua jangan sampai putus, ya, Takaiters. Setelah itu isiikan ebi, kecap manis, dan cabe rawit halus.

11. Pempek Otak-Otak

Foto: eatinguntildie.blogspot.com

Biasa disebut dengan otak-otak, bahan pembuatannya menggunakan adonan pempek adaan, siapkan daun, kemudian isikan satu sendok makan adonan pempek. Semat dengan lidi ujung kiri dan kanan seperti lemper, kemudian dipanggang dengan bara api, hingga matang merata, angkat biasanya disajikan dengan cuko merah.

12. Pempek Lenggang

Foto: heytheresia.com

Biasa disebut dengan Lengang saja. Adonannya dibuat dari adonan dasar pempek yang dibulatkan kecil-kecil, siapkan takir dari daun pisang, masukan adonan pempek kemudian kocok lepas telur bebek, tuang ke dalam takir, panggang hingga matang. Perpaduan pempek yang kenyal dan gurihnya telur bebek, ditambah aroma daun pisang yang harum, memang sajian yang layak dapat jempol, Guys.

Nah, Takaiters, itullah berbagai jenis pempek yang sayang jika dilewatkan. Sekedar info buat kamu, di Palembang cukonya tidak dicocol melainkan hanya dihirup seperti kita menghirup minuman. Unik, ya!