Cerita Ramadhan

Ini Rahasianya Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa, Ternyata Simpel

Foto : Shutterstock/Evdokimov Maxim

Holla Takaiters! Berpuasa di bulan Ramadhan membuat pola tubuh kita mengalami perubahan. Ada pengurangan asupan makanan dan waktu tidur, yang mengakibatkan turunnya tingkat energi yang kita miliki. Padahal kesehatan dan kekuatan fisik kita sedang dibutuhkan, karena beragam ibadah Sunah yang ingin kita tambah. Sehingga sangatlah penting untuk menjaga kebugaran badan agar kita bisa tetap lancar menunaikan puasa sampai akhir Ramadhan.

Lalu apa rahasia agar tetap bugar selama Ramadan?

Jangan lupa sahur

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Ramadan

Foto : pexels.com

Banyak orang yang melewatkan sahur karena merasa mengantuk akibat kekenyangan saat berbuka atau mual lantaran harus makan di pagi buta. Padahal, selain disunahkan karena mengandung keberkahan, makan sahur juga akan menguatkan kita menjalani puasa serta menambah semangat untuk melakukan ketaatan. Jadi, lebih baik makan meski dalam porsi kecil daripada tidak sahur sama sekali.

PILIHAN EDITOR

Jangan makan berlebihan

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Ramadan

Foto : pexels.com

Saat Ramadhan, beragam makanan khas dihidangkan. Membuat kita kadang kalap semua ingin menyantap. Padahal jika kekenyangan, rasa kantuk pun tak terelakkan. Akibatnya ibadah sholat malam dan lainnya bisa jadi ketinggalan. Belum lagi jika perut kepenuhan, pasti rasanya tak nyaman. Jadi, makanlah dengan bijaksana karena tubuh juga punya kapasitas yang tak boleh kita paksa.

Konsumsi air putih secukupnya

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Ramadan

Foto : pexels.com

Agar kebutuhan air minum tercukupi saat puasa siasati dengan minum segelas air saat terbangun untuk sahur dan segelas lagi selepas sahur. Lalu, ketika azan Magrib bergema, minum segelas air segera, juga sesudah berbuka, sebelum dan sesudah sholat Tarawih, serta segelas lagi sebelum tidur. Selain itu tambahkan buah yang berkadar air tinggi pada menu berbuka. Sehingga akan tercukupi jumlah kebutuhan air minum dalam sehari.

Melakukan olahraga ringan

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Ramadan

Foto : pexels.com

Puasa tidak lantas membuat kita berhenti berolahraga. Tetaplah berolahraga, hanya sesuaikan waktu dan durasinya. Bisa dilakukan menjelang waktu berbuka agar energi masih cukup tersisa. Jika tak mungkin dilakukan dalam waktu lama, cukup berjalan kaki di sekitar tempat tinggal atau olahraga ringan di rumah saja.

Meluangkan waktu untuk rehat 

Rahasia Tetap Sehat dan Bugar Saat Ramadan

Foto : pexels.com

Ibadah puasa di bulan Ramadhan membuat pola tidur kita mengalami perubahan. Karena harus menunaikan sholat Tarawih lalu makan sahur beberapa jam berikutnya, menjadikan jam tidur malam pun berkurang. Karenanya, luangkan waktu untuk rehat singkat di sela kesibukan. Tidurlah siang sebentar agar badan kembali segar. Sehingga ibadah yang akan dijadwalkan menjadi lancar.

Yuk, Takaiters! Coba saja lima rahasia bugar itu yaaa. Insya Allah puasa kita akan lancar jaya.^^ 

2 Comments

2 Comments

  1. isul

    31 Mei 2017 at 11:44 am

    bu dian memang mantapp

  2. Dian Restu Agustina

    1 Juni 2017 at 9:13 am

    Terima kasih ^^

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top