Halo Guys

Jakarta adalah kota yang penuh daya pikat, berbondong-bondong orang datang ke Jakarta untuk melihat kota metropolitan. Sama seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia, Jakarta dengan suku aslinya Betawi, juga mempunyai kesenian dan makanan khasnya. Ada beberapa kuliner khas Betawi yang begitu melegenda, mau tau guys lima kuliner itu? Yuk intip ulasan berikut ini.

1. Gabus Pucung

kuliner khas betawi
Foto : dentist chef

Olahan berbahan dasar ikan gabus pilihan yang dipadu bumbu dasar berupa rempah-rempah plus tambahan pucung atau kluwuk, menjadikan sensasi berbeda dalam menyantap ikan air tawar ini.

Cita rasanya yang segar, menjadikan olahan ini cocok disantap, untuk makan siang ditemani nasi panas dan sambel goang. Gabus pucung banyak masuk dalam list menu kuliner Betawi, di restoran yang menyedikan makanan khas Betawi.

2. Kerak Telor

kuliner khas betawi
Foto : tstatic.net/travel

Bicara kuliner khas Betawi, tidak lengkap bila tidak berbicara tentang kudapan tempo dulu, yaitu kerak telor. Kudapan yang sangat bergizi ini, terdiri dari bahan seperti, telor bebek, beras, kelapa gongseng, dan rempah-rempah yang dipengaruhi cita rasa kudapan Arabian.

Kerak telor sangat populer diantara kuliner khas Betawi lainnya. Rasa yang gurih bercampur adonan telor bebek yang berbumbu ala Arabian, menjadikan kudapan ini banyak diminati orang.

Pilihan Editor



3. Sayur Godog

kuliner khas betawi
Foto : 3.bp.blogspot.com

Sayur Godog yang hanya dijumpai saat hari lebaran, juga jadi salah satu kuliner khas Betawi yang paling dicari. Parutan pepaya mengkal dan potongan pete, dipadu dengan santan dan bumbu yang bermacam jenis menjadikan cita rasa gurih manis dan pedas, pada sayur ini. Dihidangkan dengan ketupat plus potongan semur daging dan kerupuk , menambah cita rasa sempurna sayur ini.

4. Bir Pletok

kuliner khas betawi
Foto : inakoran.com

Di Bogor ada bir kotjok, di Jakarta punya bir pletok. Minuman super sehat ini, juga jadi salah satu kuliner khas Betawi yang paling dicari. Terdiri dari beberapa bahan seperti, daun secang, jahe, lada, sereh, pandan, kayu manis, dipercaya bisa menambah stamina dan menangkal masuk angin. Bir pletok bisa disajikan dengan tambahan batu es atau dalam keadaan hangat.

5. Es Selendang Mayang

kuliner khas betawi
Foto : pengusahasukses.com

Es ini dulu sering dijumpai pada bulan puasa, namun sekarang banyak dijumpai gerai penjual es selendang mayang, selain di bulan puasa. Minuman segar dan mempunyai penampilan menarik ini, juga jadi salah satu kuliner khas Betawi yang disukai. Berbahan adonan tepung hoengkue yang dicampur gula merah dan santan kental plus sedikit es batu, sangat cocok jadi teman pelepas dahaga di siang hari.

Nah, bagaimana Takaiters. Mau mencoba kuliner khas Betawi ini?  Tidak afdol rasanya bila berkunjung ke suatu daerah tidak merasakan kuliner khas daerah tersebut. Jakarte punye gaye, Jakarte juge punye cerite dan Jakarte punye makanan yang sedep buat lideh lo- elo pade deh.