Halo, Takaiters!

Kalian pasti kesal dong, ketika melihat makanan di atas meja atau di dapur sedang dikerumuni oleh kawanan semut? Eits … jangan langsung panik dan cari semprotan anti serangga dulu ya! Karena ternyata ada 7 bahan makanan yang ampuh banget lho untuk mengusir semut-semut nakal itu.

Selain sederhana dan murah, bahan-bahan yang digunakan pun tidak akan berbahaya bagi tubuh jika tak sengaja tertelan atau terkena bahan makanan di sekitarnya. Penasaran kan? Simak ya ulasannya berikut ini.

1. Lemon

Foto: specialtyproduce.com

Semut membenci asam sitrat yang terkandung dalam buah lemon, sehingga sedikit perasan jeruk lemon bisa jadi salah satu senjata ampuh untuk mengusir serangga ini. Campurkan saja perasan lemon dan air dengan perbandingan 1:3, kemudian simpan dalam botol spray. Semprotkan ke arah semut-semut yang berkerumun di atas meja atau di setiap sudut ruangan rumah. Selain semut kabur, rumahmu pasti akan menjadi lebih segar karena aroma lemon.

2. Cuka

Foto: sidola.com

Tak perlu khawatir jika kamu tak memiliki persediaan lemon di rumah, karena cuka bisa menjadi pengganti yang tak kalah ampuh untuk mengusir semut. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1, kemudian simpan dalam botol spray. Semprotkan saja larutan cuka ini ke tempat semut sering datang dan bergerombol. Dijamin deh, mereka nggak akan datang lagi!

3. Kayu Manis

Foto: mytokguru.com

Alasan para semut membenci rempah satu ini justru karena aromanya yang lembut dan menyenangkan. Letakkan saja beberapa batang kayu manis di sekitar tempat yang sering disinggahi oleh semut atau kamu juga bisa menaburkan bubuk kayu manis di sana. semut memang cenderung mendatangi makanan manis, tapi tidak dengan bahan alami satu ini. Buktikan deh!

4. Bubuk Cabai

Foto: pepperscale.com

Semut juga membenci aroma pedas dari bubuk cabai yang membuatnya jera untuk datang lagi ke tempat yang sama. Caranya cukup mudah kok, letakkan saja sedikit bubuk cabai di atas wadah kecil, kemudian tempatkan di sudut yang kerap didatangi oleh semut. Jangan lupa ganti bubuknya jika sudah mulai menggumpal ya, agar semut-semutnya pergi dan tak kembali lagi.

5. Bawang Putih

Foto: readanddigest.com

Di rumahmu pasti selalu ada persediaan bawang putih kan? Nah, kamu bisa menggunakan bahan ini juga untuk mengusir semut dengan ampuh bin mujarab. Kupas saja satu siung bawang putih, kemudian potong menjadi beberapa bagian. Letakkan irisan bawang putih tersebut di sudut ruangan atau dekat bahan-bahan makanan yang kerap dikunjungi para semut.

6. Kulit Jeruk dan Mentimun

Foto: diyhealthremedy.com

Ternyata, aroma dari kulit mentimun dan jeruk tak disukai oleh semut lho, karena beracun bagi jenis jamur yang mereka konsumsi. Jadi, jangan langsung buang kulit mentimun atau jeruk ya! Letakkan saja keduanya di sudut dapur untuk mencegah semut kembali lagi.

7. Kopi

Foto: promitsiocoffee.com.au

Selain memberi rasa nikmat, kopi juga bisa menjadi salah satu bahan ampuh mengusir semut. Taburkan saja bubuk kopi di titik-titik yang kerap dikerumuni semut atau letakkan di atas wadah kecil, dekat dengan makanan-makanan yang ada di atas meja.

Nah, mudah bukan untuk mengusir semut-semut nakal di rumahmu? Siapkan saja bahan-bahan alami seperti di atas, dan buktikan sendiri khasiatnya agar rumahmu bebas dari serangan semut. Semoga bermanfaat.