Halo Takaiters!

Tak lama lagi Ramadan tiba. Banyak umat Muslim yang sudah pasti antusias menyambutnya dengan segala persiapan, termasuk bahan makanan yang akan disantap ketika berbuka maupun sahur. Berbeda dengan waktu berbuka, biasanya sahur dijalani dengan malas-malasan karena masih mengantuk. Padahal, sahur merupakan kegiatan paling krusial bagi tubuh kita karena berfungsi sebagai cadangan energi ketika beraktivitas siang hari di bulan Ramadan.

Tubuh memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang ketika berpuasa. Itu berarti, kamu harus mengonsumsi makanan yang bergizi di waktu sahur. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi energi yang kamu gunakan selama beraktivitas hingga waktu berbuka tiba. Lalu, makanan sehat apa saja, sih, yang kaya nutrisi dan dan wajib dikonsumi ketika sahur? Simak ulasannya, ya!

1. Kurma

Foto: telegrafi.com

 Lazimnya, kurma dikonsumsi ketika berbuka puasa. Namun, faktanya, nih, mengonsumsi 1 hingga 2 buah kurma saat sahur terbukti bermanfaat, lho. Alasannya, karena buah kurma mengandung serat dan fruktosa alami yang membantu menstabilkan kadar glukosa dalam darah.

Pilihan Editor



2. Biji-Bijian

Foto: vebma.com

Jika kamu ingin merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama, maka mengonsumsi biji-bijian utuh ketika sahur merupakan pilihan yang tepat, lho. Alasannya, karena biji-bijian kaya akan karbohidrat dan serat.

Ada beberapa jenis biji-bijian yang bisa kamu pilih sebagai menu wajib sahurmu seperti, biji bunga matahari, flax seed, dan juga chia seed. Campurkan saja ke dalam oatmeal hingga merata sebelum disantap. Dijamin deh, puasa kamu jadi lebih menyenangkan.

3. Sup

Foto: nyt.com

Alangkah baiknya, jika kamu memulai sahur dengan semangkuk sup hangat sebelum mengonsumsi makanan berat. Selain padat nutrisi, sup juga akan membantu untuk menghidrasi tubuhmu selama berpuasa.

4. Sayur dan Buah

Makanan Wajib Ada di Menu Sahur
Foto: pexels.com

Makanan wajib yang tak boleh ketinggalan untuk kamu konsumsi di waktu sahur adalah sayur dan buah. Dua menu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena terbukti mengandung nutrisi dan mineral seperti kalsium hingga vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh selama berpuasa.

5. Nasi

http://a57.foxnews.com/images.foxnews.com/content/fox-news/food-drink/2017/10/16/worlds-most-expensive-rice-will-soon-be-for-sale-in-singapore/_jcr_content/par/featured_image/media-0.img.jpg/931/524/1507924331426.jpg?ve=1&tl=1&text=big-top-image
Foto: foxnews.com

Makanan pokok mayoritas orang Indonesia ini ternyata menyehatkan untuk dikonsumsi saat puasa, lho. Alasannya, dalam satu porsi nasi yang kamu konsumsi mengandung karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk dicerna, sehingga membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang relatif lebih lama. Bagi kamu yang sedang diet, bisa memilih nasi merah yang tinggi serat, tetapi kandungan gulanya rendah.

6. Daging Rendah Lemak

Foto: atlassteak.com

Tak hanya karbohidrat, tubuh juga memerlukan asupan protein. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi sumber protein dalam menu sahurmu. Sedikit daging tanpa lemak, akan membantu menyediakan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh, dan tentunya menjaga kesehatan sistem metabolisme.

Itu tadi enam menu wajib ketika sahur yang bisa kamu pilih agar ibadah puasamu di bulan Ramadan bisa berjalan dengan baik. Ibadah lancar, tubuh pun sehat! Semoga bermanfaat, ya.