Halo, Takaiters!

Apakah kamu termasuk salah satu penggemar kuliner Jepang? Jika ya, kamu pasti sudah tidak asing lagi, dong, dengan sajiannya yang selalu menarik dan membuat penasaran, apalagi rasanya yang selalu bisa memanjakan lidah penikmatnya. Tahukah kamu bahwa semua perpaduan rasa nikmat dari masakan Jepang  juga berasal dari saus yang digunakan?

Bagi kamu yang hobi makan di restoran Jepang, mungkin kamu bisa langsung menyantap sajian yang kamu pesan tanpa harus memasaknya lagi.   Namun, bagaimana jika kamu datang ke restoran self service yang mengharuskan kamu memasak makananmu sendiri? Atau bahkan kamu ingin memasak makanan Jepang di rumah, tapi justru bingung dengan pilihan sausnya yang beragam.

Nah, biar kamu nggak salah pilih saus dan malah membuat rasanya kacau, lebih baik kamu simak dulu, yuk, apa saja sih jenis saus untuk masakan Jepang!

1. Saus Yakitori

Foto: livingnomads.com

Yakitori merupakan salah satu saus yang digunakan untuk bumbu bakaran sate ayam khas Jepang. Bahannya terdiri dari sake, kecap soya, gula, dan sake.

2. Saus Teriyaki

Foto: oregonlive.com

Teriyaki merupakan salah satu teknik masak Jepang dengan cara menumis atau memanggang, setelah terlebih dulu mencelupkan daging sapi atau ikan ke dalam sausnya. Bahannya sama seperti yakitori, bedanya saus ini disajikan bersama dengan irisan daun bawang dan potongan acar jahe.

3. Saus Katsu

(Foto: closetcooking.com)

Berbeda dengan teriyaki, saus katsu berbahan bubuk wijen, kecap soya, saus tomat, worcestershire sauce, dijon mustard, mirin, bawang putih, dan gula. Saus ini biasanya disajikan bersamaan dengan hidangan khas Jepang yang cukup terkenal, yakni katsu.

4. Saus Ponzu

Foto: seriouseats.com

Ponzu biasanya dihidangkan sebagai dipping sauce untuk sashimi dan bumbu shabu-shabu yang berisi campuran air perasan jeruk yuzu atau lemon, cuka beras, mirin, tuna flakes, dan kombu atau rumput laut. Karena rasanya yang asam, segar dan gurih, ponzu sering dikatakan sebagai saus khas penghilang bau amis.

Pilihan Editor


5. Sesame Dressing

Foto: clarissa623.files.wordpress.com

Umumnya, saus ini digunakan untuk dressing salad, sayuran rebus, mi dingin, dan daging panggang. Saus yang katanya enak banget ini bentuknya seperti mayonaise, tapi memiliki rasa wijen yang kuat.

6. Kecap Soya

Foto: thewomenssecrets.com

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan rasa dari kecap berbahan dasar kedelai yang memiliki rasa sedikit asin ini. Kecap yang selalu ada di atas meja setiap restoran Jepan ini, biasanya digunakan untuk cocolan atau dipping sauce berbagai macam hidangan.

7. Saus Yakiniku

Foto: justonecookbook.com

Jika kamu pernah mencoba saus yang memiliki rasa manis gurih dan rasa wijen yang tajam, maka bisa dipastikan itu adalah saus yakiniku yang biasanya dioleskan pada permukaan daging, ketika sedang dipanggang.

8. Mustard Jepang atau Karashi

Foto: amazonaws.com

Mustard Jepang yang sering disebut dengan karashi ini memiliki rasa yang sedikit lebih pedas dari mustard pada umumnya. Bentuknya seperti pasta dan berwarna kuning terang. Biasanya diletakkan di pojokan piring saji, untuk cocolan katsu, siomay, oden, dan campuran natto.

9. Mentsuyu

Foto: thereflectionmagazine.files.wordpress.com

Saus satu ini bisa kamu gunakan untuk hidangan apa saja, lho! Meskipun seringnya digunakan untuk dipping sauce mi soba, tofu, udon, dan tempura. Saus yang terbuat dari kecap soya cair, sake, mirin, rumput laut kering, kedelai yang sudah difermentasi, dan dried bonito flakes ini memiliki rasa yang ringan, gurih, dan beraroma laut.

10. Unagi Sauce atau Nitsume

Foto: livingnomads.com

Saus yang memiliki tekstur sedikit kenyal dan terdiri dari campuran kaldu belut atau unagi, kecap shoyu, gula, dan mirin ini biasanya digunakan untuk cocolan sushi, bahkan topping okonomiyaki dan takoyaki. Rasanya manis dan sedikit mirip dengan saus tiram.

Nah, itu tadi jenis-jenis saus masakan Jepang yang harus kamu hafalkan, ya, agar tidak salah lagi ketika memasak makanan Jepang favoritmu!