Hai, Takaiters!

Demam piala dunia masih terus memanas. Kemarin sudah ditentukan negara mana saja yang lolos babak 16 besar. Nah, yang menarik perhatian runner up grup H yang lolos babak 16 besar adalah Timnas negeri sakura yang menjadi satu-satunya wakil Asia di Piala Dunia 2018.  Wow, enggak disangka ya, Takaiters!

Sejarah Baru

Yapt, Timnas Negeri Sakura membuat sejarah baru bisa lolos babak 16 besar. Sungguh, kemampuan timnas Jepang ini ternyata tak bisa dianggap sebelah mata.

Timnas Jepang lolos babak 16 besar meski pada pertandingan terakhir meskipun pada pertandingan terakhir, Kamis 28 Juni 2018 di Volgograd, Rusia, Timnas Negeri Sakura harus mengakui kemenangan Polandia 1-0.

Berdasarkan poin di grup H yang meloloskan Jepang di Babak 16 Besar, poin Jepang sama dengan Senegal yaitu memiliki 4 poin dan selisih gol yang sama. Kedua tim bemain imbang 2-2 pada pertandingan grup H.

Jepang Lolos Berkat Sistem Fair Play

Pada tahun ini, diberlakukan sistem Fair Point Play setelah tahun 1082 yang lalu. Sistem ini melihat dari jumlah kartu kuning yang diterima kedua grup.

Jepang lolos babak 16 besar menyingkirkan Senegal di posisi runner up karena jumlah kartu kuningnya jauh lebih sedikit dibandingkan Senegal. Jepang terkena empat kartu kuning sedangkan Senegal terkena enam kartu kuning pada pertandingan yang lalu.

Pilihan Editor


Tersingkirnya Senegal berarti menghapuskan wakil Afrika di Piala Dunia 2018. Posisi pertama grup H diraih negara Kolumbia.

Pada klasemen akhir di grup H, Jepang berada di urutan kedua, sementara Kolombia menang 1-0 atas Senegal. Posisi pertama grup H diraih negara Kolumbia sebagai juara grup H dan Jepang sebagai runner up.

Daftar Negara yang Lolos Babak 16 Besar

Berikut ini adalah negara yang lolos babak kualifikasi 16 besar diantaranya Uruguay dan Rusia dari grup A, Spanyol dan Portugal dari grup B, Perancis dan Denmark dari grup C, Kroasia dan Argentina dari grup D, Brazil dan Swiss dari grup E, Swedia dan Meksiko dari grup F, Inggris dan Belgia dari grup G, serta Kolumbia dan Jepang dari grup H.

Nah, Takaiters, ternyata Timnas Sakura memang pantas diperhitungkan keberadaannya dalam ajang Piala Dunia 2018. Takaiters menjagokan tim negara mana yang jadi juara Piala Dunia 2018?