Hallo, Takaiters!

Enggak terasa, ya, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, selama sebulan penuh umat muslim di mana pun berada wajib menunaikan ibadah puasa. Bulan Ramadan atau yang biasa disebut bulan puasa, biasanya selalu ditunggu-tunggu, nih. Karena, selama bulan puasa akan muncul beraneka ragam jajanan dan kudapan yang menggugah selera.

Bisa kamu bayangkan, setelah seharian penuh menahan haus dan lapar, saat berbuka tersaji berbagai macam hidangan. Salah satu yang tak boleh ketinggalan ada di meja makan adalah sajian es buah.

Es buah memang salah satu sajian yang paling dicari selama bulan puasa, segarnya buah yang berpadu dengan dinginnya es batu akan membuatmu melupakan dahaga yang sedari pagi dirasakan. Berikut beberapa ragam es buah yang bisa kamu coba agar puasamu makin menyenangkan:

1. Sop Buah

Foto: pn-baturaja.go.id

Sop buah merupakan salah satu sajian terfavorit sepanjang Ramadan, rasanya yang menyegarkan dan cara membuatnya yang mudah, menjadi sop buah selalu dijadikan andalan untuk berbuka puasa.

Sop buah terdiri dari potongan aneka buah, yang dicampur dengan air yang diberi susu kental manis dan sirup. Jangan lupa untuk menambahkan es batu agar sop buah makin segar dan menggugah selera.

Pilihan Editor


2. Es Buah Klasik

Foto: resepkoki.co

Meskipun jadul, namun es buah satu ini selalu hadir saat Ramadan tiba. Renyahnya buah dan manis kuahnya mampu memanjakan lidah setelah seharian berpuasa. Tak seperti sop buah yang memiliki isian lebih beragam. Es buah klasik biasanya berbahan dasar buah lokal seperti pepaya dan nanas.

Potong buah sesuai selera, bisa berbentuk dadu ataupun bulat. Setelah itu rendam potongan buah dalam air kapur sirih agar teksturnya menjadi renyah. Langkah terakhir rebus air dan gula hingga mendidih, lalu masukkan potongan buah yang telah direndam tadi. Tak perlu memasaknya lama-lama, ya! Agar kerenyahan buah tetap terjaga.

Es buah klasik ini bisa disajikan dengan tambahan cendol ataupun nata de coco. Gimana, udah kangen kan sama sajian satu ini?

3. Fruit Squash

Foto: nakita.grid.id

Segarnya buah segar dipadukan dengan minuman bersoda memang tak bisa dimungkiri akan membuatmu ketagihan. Minuman yang biasanya kita lihat di dalam iklan sirup di televisi ini bisa dibuat sendiri, lho! Tak perlu repot apalagi ribet.

Cukup sediakan aneka buah segar, soda manis, sirup cocopandan, dan es batu. Kamu juga bisa menambahkan biji selasih dan perasa jeruk nipis agar makin terasa menyegarkan. Minuman yang sangat menggoda iman siapapun saat berpuasa ini, bisa kita nikmati saat berbuka.

Yuk, jadikan puasamu makin berkesan dan menyenangkan dengan menghadiahi diri sendiri sajian yang spesial dan mampu memuaskan dahaga. Varian mana yang menjadi favorit Takaiters?