Hola, Takaiters!

Selain kurma dan kolak pisang, menu takjil apa lagi yang jadi favorit kamu?

Selain kaya manfaat, makan kurma untuk berbuka merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Maka tak heran jika saat Ramadan datang, kurma jadi primadona yang diperjualbelikan oleh para pedagang, baik di supermarket ataupun di toko-toko makanan.

Tak terbatas pada kurma saja, ya, Guys, rupanya menu berbuka puasa di setiap negara itu sangat bervariasi, lho. Kalau Indonesia punya kolak pisang dan es buah, maka berbeda dengan Turki dan negara-negara lainnya.

Nah, daripada kamu penasaran dengan berbagai macam menu tradisional yang disajikan khusus saat berbuka puasa, mending kita simak ulasannya satu-persatu ya, Guys!

1. Jalebi dan Samosa, India

menu buka puasa unik di dunia
Foto: myfridayfoodswings.com

Jika kamu ingin menikmati sajian berbuka selain es buah dan bakwan, kamu bisa mencoba menu tradisional khas India ini, lho. Di Delhi, kamu bisa menemukan sepiring menu berbuka berisi buah seperti pisang serta aneka gorengan khas India.

Gorengan yang disajikan di India biasanya berupa jalebi serta samosa. Jalebi ini rasanya manis dan legit karena terbuat dari campuran terigu, sirup, gula serta jeruk nipis. Selain Jalebi, kamu juga bisa menyantap gorengan berbentuk segitiga yang disebut samosa ini, lho. Samosa biasanya berisi kentang serta daging-dagingan. Jadi, rasanya pun cenderung gurih dan yang pasti enak banget!

2. Malpuas, Pakistan

menu buka puasa unik di dunia
Foto: myheartbeets.com

Pakistan yang penduduknya mayoritas muslim ini juga punya menu tradisional yang cukup menarik, lho. Selain samosa, mereka juga punya menu tradisional bernama malpuas yang merupakan hidangan berbuka khas Pakistan. Malpuas ini dibuat dari pisang atau kelapa yang dihancurkan kemudian dicampur dengan terigu, susu serta air. Sepertinya ini bisa jadi hidangan alternatif buat kamu juga ya, Guys?

3. Medames, Mesir

menu buka puasa unik di dunia
Foto: epicurious.com

Berbeda dengan negara India dan Pakistan, rupanya Mesir punya menu tradisional bernama medames. Menu ini terbuat dari kacang yang diberi tambahan bawang merah serta bawang putih. Rasanya pun semakin unik dengan kucuran air lemon. Di lain waktu, medames biasa disantap sebagai menu sarapan orang Mesir, lho. Gimana, sudah kebayang rasanya seperti apa?

Pilihan Editor



4. Sup Harira, Maroko

menu buka puasa unik di dunia
Foto: foody.id

Di Maroko, kamu akan menyantap sup sebagai salah satu hidangan berbuka, ya. Sup harira ini memang hanya disajikan saat bulan Ramadan, lho. Berbeda dengan sup yang sering kamu santap, harira berisi potongan daging baik berupa ayam atau sapi, lentil, tomat, bawang bahkan nasi. Sup ini semakin nikmat karena memakai jahe, merica serta seledri sebagai bumbunya. Sepertinya harira sangat nikmat disantap saat perut kosong ya, Guys?

5. Fesenjan, Iran

menu buka puasa unik di dunia
Foto: simplyrecipes.com

Di Iran, kamu bisa menyantap fesenjan yang terbuat dari bebek atau ayam. Uniknya, sajian berbuka satu ini bisa terasa asam atau manis tergantung cara mereka membuatnya. Menu khas Iran ini bisa kamu santap dengan nasi kuning khas Persia yang mantap.

6. Bubur Lambuk, Malaysia

menu buka puasa unik di dunia
Foto: urbanadventures.com

Di sini, kamu bisa menyantap bubur nasi yang sangat populer bagi orang-orang Malaysia. Bubur lambuk ini terbuat dari rempah-rempah seperti sereh dan campuran daging berupa ayam atau daging sapi. Kamu bisa menyantapnya selagi hangat, pas banget untuk mengisi perut yang kosong.

7. lahm Ihalou, Algeria

menu buka puasa unik di dunia
Foto: blogunik.com

Kamu bisa menyantap lahm Ihalou yang merupakan sajian berbuka paling favorit di Algeria. Lahm ihalou yang terbuat dari daging domba ini dimasak bersama kurma sehingga rasanya pun cenderung manis, Guys. Kebayang gimana rasanya menu tradisional khas Algeria yang unik ini?

8. Roti Pide, Turki

menu buka puasa unik di dunia
Foto: blogunik.com

Saat bulan Ramadan tiba, penduduk Turki punya menu tradisional yang hanya ada ketika bulan puasa tiba. Hidangan yang disebut roti Pide ini benar-benar sangat mirip dengan pizza yang sering kamu santap. Roti yang merupakan hidangan Ramadan khas Turki ini juga punya topping tak kalah lezatnya dengan pizza pada umumnya. Toppingnya bisa berupa taburan daging serta sosis. Sepertinya sangat lezat, ya?

9. Kurma dan Yogurt, Arab Saudi

menu buka puasa unik di dunia
Foto: kapanlagi

Mungkin kamu bisa menebak hidangan apa yang biasa disantap oleh penduduk negeri Arab? Yup, betul banget! Kurma dan yogurt menjadi salah satu hidangan khas Arab Saudi yang bisa kamu temui dengan mudah ketika adzan Magrib berkumandang. Di sana, makanan berbuka dibagikan secara gratis, lho. Selain disantap saat berbuka, rupanya kurma dan yogurt juga biasa dimakan saat santap sahur. Hm, pasti nikmat ya, Guys?

Itulah beberapa menu tradisonal dari berbagai negara di belahan dunia yang bisa kamu coba. Ternyata banyak banget variasi menu berbukanya, ya? Jangan hanya kolak pisang aja, Guys. Kamu juga bisa membuat berbagai macam hidangan berbuka dari negeri orang  saat Ramadan nanti. Gimana? Asyik banget, kan?