Halo, Takaiters!

Setiap daerah mempunyai jajanan khas daerahnya masing-masing, begitu pun dengan kota Bengkulu. Jika Takaiters mempunyai hobi berwisata kuliner. Nah, Bengkulu bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi di akhir pekan, lho, Guys. Selain keindahan alamnya, Bengkulu kaya akan beraneka ragam jenis jajanan khas daerahnya.

Yuk, Guys, Icip-icip jajanan khas kota Bengkulu berikut ini:

1. Lepek Binti

Foto: masakandapurku.com

Mungkin sebagian dari Takaiters mengira bahwa jajan ini merupakan kue nagasari. Tampilannya, sih, mirip. Tapi jajanan ini bukan kue nagasari, lho, Guys. Lepek Binti merupakan salah satu jajanan khas dari kota Bengkulu. Hanya di kota Bengkulu Takaiters bisa menemui jajanan tradisional ini.

Lepek Binti sejenis kue basah yang terbuat dari bahan tepung ketan, santan, dan daging giling sebagai bahan isiannya. Bertekstur lembut dan empuk menjadikannya sebagai camilan yang sangat cocok sekali untuk disajikan bersama keluarga Anda. Memiliki cita rasa asin dan gurih membuat lidah Anda tidak akan pernah bosan untuk terus mengunyahnya, lho, Guys.

2. Kue Perut Punai

Foto: djfrontoneinnbengkulu.com

Meskipun namanya sedikit aneh tapi Takaiters nggak perlu khawatir, lho, Guys, untuk memakannya. Kue Perut Punai bukan berbahan dasar dari daging burung punai. Hanya saja kata punai diambil dari nama burung punai. Kue yang bercita rasa manis ini berbentuk seperti bentuk perut burung punai sehingga kue ini sangat cocok sekali untuk disajikan sebagai teman bersantai Anda di sore hari.

Pilihan Editor


3. Bay Tat

Foto: chirpstory.com

Dulu, Bay Tat merupakan kue yang disajikan hanya untuk makanan khas kalangan para raja Bengkulu saja. Namun, seiring berjalannya waktu. Kini, kue Bay Tat sudah bisa dimakan oleh siapa saja tanpa memandang status sosialnya. Kue yang bertekstur lembut dan ber-topping asem manis dengan selai nanas di atasnya, menjadikan Bay Tat sebagai salah satu camilan yang pas untuk dijadikan teman minum kopi ataupun teh hangat.

4. Manisan Terong

Foto: bukalapak.com

Di Bengkulu, terong dijadikan sebagai manisan. Jika di kota lain biasanya menjadikan buah-buahan sebagai bahan utama pembuatan manisan, berbeda pula di kota Bengkulu. Manisan terong merupakan salah satu makanan khas dari kota Bengkulu yang banyak dicari oleh para wisatawan. Memiliki cita rasa yang sangat manis, membuat manisan terong banyak disukai oleh semua kalangan usia. Tak jarang, banyak para wisatawan menjadikan manisan terong sebagai oleh-oleh ketika sedang berkunjung di kota ini.

5. Kue Siput

Foto: sahabatnesia.com

Camilan yang satu ini berbentuk siput dan bertekstur kering serta renyah. Camilan yang terbuat dari tepung terigu, margarin, dan kacang sebagai bahan isiannya, menjadikan kue siput sebagai camilan ringan yang bisa dimakan kapan pun dan dimana pun.

Nah, Takaiters, dari kelima jajanan tersebut, jajanan mana yang pernah kamu cicipi? Yuk share pengalaman wisata kulinermu di kolom komentar di bawah ini.