Hola, Takaiters!

Siapa di antara kamu yang pernah traveling dan menikmati kuliner khas kota Malang? Rugi banget kalau kamu belum pernah ke sana. Karena di sana banyak banget kuliner menarik yang bisa memanjakan lidah. Harganya pun terbilang bersahabat di kantong. Jadi, kamu nggak akan merasa berdosa walaupun makan sepuasnya.

Nah, di bawah ini ada beberapa kuliner khas kota Malang yang sudah sangat populer. Daripada kamu penasaran, mending kita bahas satu-persatu, ya, Guys!

1. Rawon

Foto: malang.merdeka.com

Salah satu kuliner khas Jawa Timur ini bukan hanya ada di Surabaya, lho. Malang juga punya Rawon yang tak kalah lezatnya. Jika dilihat sepintas, rupanya rawon khas Malang lebih bening, sedangkan rawon khas Surabaya jauh lebih pekat. Ini disebabkan karena perbedaan penggunaan kluwek di dalamnya.

Nah, kalau kamu berkunjung ke Malang, jangan sampai melewatkan menyantap rawon di rumah makan legendaris yang ada di sana. Kamu bisa menikmati rawon Rampal yang sudah berdiri sejak tahun 1957, ada juga rawon Nguling yang terletak di Jalan Zainul Arifin serta rawon Tessy yang berada tidak jauh dari Stasiun Kota Malang.

Di sini kamu bisa menyantap rawon dengan sambal, empal, serta menu pelengkap lain yang pastinya bikin ngiler, Guys!

Pilihan Editor



2. Es Krim Toko Oen

Foto: surabaya.panduanwisata.id

Jika kamu berkunjung ke kota Malang, tak lengkap rasanya jika belum mencoba lezatnya es krim Toko Oen ini. Berdiri sejak tahun 1930, es krim Toko Oen menjadi sangat legendaris dan populer di kalangan masyarakat bahkan traveler.

Kabarnya Toko Oen ini merupakan tempat nongkrongnya orang Belanda pada zaman dulu, lho. Kamu yang berkunjung ke Toko Oen akan terpana melihat arsitektur bangunan tempo doeloe yang belum banyak mengalami perubahan. Bukan hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati es krim yang rasanya masih sama seperti sejak awal dibukanya toko ini.

Toko Oen ini terletak di jalan Basuki Rachmad Malang. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan menikmati kuliner legendaris dengan suasana tampo doeloe yang masih kental ini, ya.

3. Nasi Buk

Foto: kompasiana.com

Nasi apa ini? Bagi yang belum pernah berkunjung ke kota Malang, nasi buk menjadi asing banget di telinga, ya, Guys? Nasi Buk ini awalnya berasal dari Madura. Orang Madura biasanya memanggil wanita dengan sebutan ‘Buk’. Buk tidak ada bedanya dengan sebutan Mbak, Teteh ataupun yang lainnya. Sebutan para pembeli kepada penjualnya ini pun akhirnya menjadi sangat populer. Dan panggilan sederhana ini justru menjadi nama menu yang mereka perjualbelikan.

Nasi Buk ini berisi nasi putih dengan sayur lodehnya yang mantap. Kamu juga bisa memilih berbagai lauk pelengkap seperti dendeng, empal, jantung, babat, ayam, dan bakwan jagung.

Setiap pagi para pedagang nasi buk sudah diserbu puluhan pembeli. Kamu nggak pengen nyobain juga?

4. Ronde Titoni

Foto: foody.id

Kota Malang terkenal dengan hawanya yang dingin. Biar kamu nggak kedinginan, mending mampir ke Warung Ronde Titoni yang telah berdiri sejak tahun 1948 ini. Di sini kamu bisa menyantap wedang ronde serta beberapa menu lainnya seperti angsle, roti goreng serta kacang kuah.

Warung Ronde Titoni ini selain menjadi salah satu tempat nongkrong favorit ketika malam hari juga menjadi tujuan wisata kuliner di kota Malang. Jika kamu ingin berkunjung ke sini, datanglah ke Jalan Zainal Arifin Malang, ya, Guys! Dijamin ketagihan, deh!

5. Cwi Mi Malang

kuliner khas malang
Foto: kitamuda.id

Cwi mi ini berbeda dengan mi ayam, ya, Guys! Jika mi ayam diberi topping berupa potongan ayam, cwi mi justru punya topping lezat berupa ayam yang dihaluskan. Cwi mi punya cita rasa gurih, sangat berbeda dengan mi ayam yang cenderung manis.

Kamu bisa menyantap cwi mi bersama acar, kulit pangsit, selada serta kuah kaldu yang nikmat banget. Asli ini enak banget, lho, Guys.

Itulah beberapa jenis kuliner khas kota Malang yang sayang banget jika dilewatkan. Kalau penasaran, kamu bisa segera berkunjung ke sana dan menikmati kuliner-kuliner lezat di tempatnya langsung. Dijamin puas, Guys!