Zaman sekarang banyak sekali anak muda yang sering salah memilih sosok yang dijadikan panutan. Penekanan pada penampilan spektakular dan glamour tentu bukan faktor penentu pilihan yang bijaksana. Nah jika kamu termasuk yang sedang mencari sosok panutan yang mampu menginspirasi, coba simak uraian berikut.

Rufaidah binti Sa’ad Al-Asalmiya

Sosok Rufaidah sangat terkenal karena keterlibatannya menjadi sukarelawan yang terjun membantu para korban luka perang, di zaman Nabi Muhammad SAW. Karena aktivitasnya tersebut, Rufaidah pun menjadi perawat muslim pertama. Kegiatannya bukan hanya pada membantu korban luka perang saja, dia juga mengajarkan ilmu keperawatan kepada kelompok muslimah lainnya, bahkan mendirikan sekolah keperawatan pertama di dunia Islam.

Fatima Al-Fihri

Universitas yang didirikannya bernama Al-Qarawiyyin, merupakan universitas tertua di dunia yang menawarkan gelar kesarjanaan.  Universitas ini mulanya adalah sebuah masjid yang dikenal dengan nama Jami’ as-Syurafa’. Di masjid tersebut, banyak dilakukan kajian berbagai macam ilmu mulai dari logika, agama, matematika, astronomi, kimia, sejarah, geografi dan masih banyak lagi, sehingga lama kelamaan berubah menjadi universitas.

PILIHAN EDITOR

Lubna dari Cordoba

Ini merupakan sebuah contoh nyata, bagaimana seorang manusia tetap bisa melonjak prestasinya, meski dulunya dipandang sebelah mata oleh dunia, bahkan sosok yang dianggap tidak ada malahan. Lubna dulu adalah seorang budak yang dimerdekakan. Akhirnya berkat kecerdasannya dia pun berhasil menjadi tokoh penting di jajaran pemerintahan Khalifah Abdurrahman III dari Bani Umayyah di Kordoba.

Prestasi Lubna dimulai saat dirinya dipekerjakan sebagai juru tulis, yang akhirnya diangkat menjadi sekretaris pribadi oleh anak khalifah Abdurrahman. Prestasi terus melesat hingga dia dipercaya untuk memimpin perpustakaan Kordoba, yang  merupakan salah satu perpustakaan paling penting di dunia dengan koleksi buku lebih dari 500.000 buah.

Mariam Al-‘Ijliya

Meski hanya seorang anak dari pembuat instrument astronomi, Mariam dapat membuktikan bahwa tekad, kemauan dan kerja keras akan dapat menghasilkan prestasi. Mariam berhasil  merancang astrolabe yang lebih rumit dan inovatif dibandingkan buatan ayahnya, sehingga dia sangat dikenal di kalangan ilmuwan Eropa, bahkan banyak ilmuwan Eropa yang berkiblat padanya, dan menjadi asal muasal ilmu astronomi dapat berkembang pesat seperti sekarang.

Bagaimana guys? Menarik kan sosok mereka. Jadi mulai sekarang jangan salah pilih panutan ya, serta yakinlah jika prestasi apapun bisa diraih jika kita mau mewujudkannya. Selamat mengukir prestasi.