Hollaa Takaiters,

Begitu banyak nikmat Allah yang tercurah untuk kita setiap hari tapi terkadang kita lupa untuk  mensyukurinya. Apalagi ketika sedang berada dalam masa-masa sulit. Terkadang kita lebih berfokus kepada hal-hal tidak menyenangkan yang membuat kita tidak bahagia.

Kita lebih banyak mengeluh daripada melihat sisi lain atau sisi baik dari suatu masalah. Padahal kita tahu mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah.

Nah, agar mengeluh tidak menjadi kebiasaan, cobalah untuk merubah paradigma terhadap suatu masalah. Lihatlah sisi baik dari suatu permasalahan tersebut, karena apapun yang menimpa pasti ada hikmah baik yang bisa kita syukuri.

Berikut ini adalah 7 manfaat bersyukur yang patut kamu ketahui.


  1. Bersyukur Dapat Memperkuat Emosi Positif

Foto: whizolophy.com

Bersyukur adalah emosi tersehat yang dapat mengembangkan pikiran dan kepribadian yang positif. Emosi positif menurut para ahli mempunyai dampak yang signifikan dalam membantu seorang individu meraih kesuksesan atau kesejahteraaan dalam kehidupan.

  1. Bersyukur Dapat Membuat Kamu Sehat Lahir Bathin.

Ini Dia 7 Manfaat Bersyukur yang Patut Kamu Ketahui
Foto: pexels.com

Seperti yang disampaikan di poin pertama, bersyukur membuat kamu cenderung berpikiran lebih positif. Orang-orang yang memiliki afek positif memiliki kemampuan mengendalikan dan mengelola emosi negatif  seperti stress, marah, atau rasa iri, dengan baik.

Mereka yang bersyukur tidak membuang waktu untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain sehingga tidak ada pikiran atau emosi-emosi negatif  bersarang di hati. Karena pada dasarnya semua jenis penyakit fisik umumnya bermula dari hati yang “sakit”.

  1. Bersyukur mengurangi sifat materialis

Foto: pexels.com

Mereka yang memiliki sifat materialis sering tidak bahagia karena tidak merasa puas dengan apa yang mereka miliki sehingga cenderung sulit menerima kenyataan dan mudah stress.

Dengan bersyukur hal-hal tersebut dapat dihindari karena kamu dapat menghargai dan menyadari bahwa begitu banyak nikmat yang Allah berikan. Sehingga kamu merasa puas dengan apa yang kamu miliki.

  1. Bersyukur meningkatkan keimanan 

Foto: themindfulword.org

Ketika bersyukur, kamu merenungkan nikmat-nikmat yang sudah Allah berikan. Kamu memberikan perhatian terhadap nikmat-nikmat-Nya  dan menyadari betapa banyak nikmat Allah yang tercurah. Hal ini akan membuat kamu semakin bersyukur.

  1. Bersyukur membuat kamu lebih optimis menjalani hidup

bahagia bikin awet muda
Foto: pexels.com

Dengan bersyukur, kamu akan  selalu berpikiran positif  sehingga menjadi pribadi yang optimis yang cenderung yakin dan berharap bahwa setiap hal akan berubah menjadi baik. Bahkan ketika sesuatu terjadi tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.  Kamu pun selalu dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpa.

  1. Bersyukur membuat kamu disukai banyak orang

Foto: freepressjournal.in

Menurut pakar psikologi, mereka yang bersyukur akan memiliki wajah yang selalu tersenyum dalam menjalani hidup. Aura positif tersebut dapat menular kepada orang-orang yang ada di sekelilingnya. Sehingga setiap orang yang berada di dekat kamu merasa nyaman dan senang.

  1. Bersyukur dapat membuat kamu lebih bahagia

Foto: pexels.com

Bersyukur adalah cara pikiran yang bisa kamu raih dengan menegaskan hal-hal yang baik yang masuk ke dalam hidup, serta menghargai hal-hal kecil sekalipun. Bersyukur membantu kamu berfokus untuk membuat yang terbaik dari apa yang kamu miliki. Dengan bersyukur kamu menjadi pribadi yang sederhana dan ikhlas, sehingga kebahagiaan selalu menyanding kamu setiap saat.


Nah, itulah 7 manfaat bersyukur.  Semoga kita dapat senantiasa bersyukur dalam setiap aspek kehidupan kita ya, Takaiters. Sehingga kita bisa menjadi pribadi-pribadi yang lebih positif dan lebih bahagia.