Selama ini, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih dikenal secara terbatas. Popularitas provinsi NTT memang tidak sebesar aneka provinsi di pulau Jawa, maupun pulau Bali sebagai destinasi wisata bagi banyak wisatawan. Meskipun gema NTT tidak terdengar seperti dua provinsi tersebut, sejatinya NTT memiliki tiga hal yang patut dipertimbangkan. Ternyata NTT dapat mendunia lewat hal-hal berikut ini :

Lagu daerahnya yang sudah populer di mancanegara

alasan nusa tenggara timur bisa mendunia
Foto : youtube

Lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka bahwa lagu daerah ini juga sudah populer di mancanegara. Ini terbukti saat kunjungan Duta Besar Republik Indonesia beserta staf KBRI beberapa waktu lalu, salah satu sekolah musik Ryulgok. Pyongyang, Korea Utara menyanyikan lagu daerah yang satu ini dengan menggunakan bahasanya.

Pilihan Editor

Lagu ini bercerita orang tua yang sedang mencari anak kesayanganya. Selain itu juga menggambarkan tentang kebersamaan dan persahaban seorang anak. Karena berkaitan dengan anak-anak, tidak heran jika lagu ini sering di putar di tempat-tempat hiburan dan permainan.

Selain lagu Anak Kambing Saya, ada satu lagi lagu daerah asal Nusa Tenggara Timur yang melalang buana ke Internasional. Lagu tersebut adalah Potong Bebek Angsa, yang dinyanyikan dalam acara Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh.

Makna dari lagu ini sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak makna. Nadanya yang riang memang sangat cocok untuk anak-anak. Irama dalam lagu ini membuat setiap orang yang mendengarnya selalu ingin menari dan bernyanyi.

Kerajinan tenunnya yang ikut menggeliat dan meramaikan pasar dunia

alasan nusa tenggara timur bisa mendunia
Foto : threevenue.com

Tenun khas NTT mulai menggeliat dan meramaikan pasar dunia. Tenun ikat Ende dengan motifnya yang khas seringkali diburu traveler untuk oleh-oleh. Tak hanya traveler lokal, traveler mancanegara pun banyak yang mengincar kain tenun Ende untuk dibawa pulang ke negaranya.

Tenun ikat Ende pun menarik perhatian para penduduk di luar negeri. Tercatat, ada peragaan busana yang diadakan di Belgia tahun 2015. Peragaan busana tersebut diadakan dalam rangka merayakan Kemerdekaan Indonesia ke 70 dan diadakan oleh KBRI Brussel Belgia.

Kopinya sebagai komoditas ekspor yang mendunia

alasan nusa tenggara timur bisa mendunia
Foto : pexels.com

Kopi khas Nusa Tenggara Timur laris-manis diburu sebagai komoditas ekspor yang menguntungkan. Pulau Flores menjadi asal beberapa jenis kopi yang telah mendunia. Ada kopi Flores di dataran tinggi Colo yang sudah menjadi kebanggaan petani setempat sejak perkebunannya dimulai oleh pemerintah kolonial Belanda.

Di Kabupaten Ngada, terdapat kopi Arabika Bajawa yang tak kalah populer. Sebagian besar petani di sana malah lebih dahulu mandiri mengenalkan kopi ini ke dunia internasional dengan mengekspornya ke negara-negara besar, seperti Amerika Serikat dan Jepang.

Itulah beberapa alasan yang membuat provinsi NTT bisa dikenal dunia. Semoga bisa menambah rasa bangga Takaiters sebagai warga negara Indonesia. Mari terus lestarikan kebudayaan dan kekayaan alam negeri tercinta ini.