Halo, Takaiters!

Salah satu kegiatan yang dilakukan pada musim liburan seperti saat ini selain berkunjung ke berbagai tempat wisata, adalah berburu kuliner. Dan salah satu kuliner yang biasanya menjadi incaran adalah kuliner khas Jawa Timuran, termasuk kuliner khas Surabaya tentu saja.

Ya, memang kelezatan kuliner khas Jawa Timuran memang sudah dikenal hingga ke pelosok negeri. Itulah mengapa tak heran, jika di banyak kota, warung makan yang menyediakan makanan khas Jawa Timur ini akan selalu ramai pengunjung.

Nah buat kalian yang penasaran dan ingin mencobanya, ini dia daftarnya, Guys. Selamat mencoba, ya!

1. Rujak Cingur

Foto: cookpad.com

Kuliner khas yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bukan? Nama cingur yang menempel pada rujak berasal potongan cingur, yaitu moncongnya sapi yang direbus, dicampur dengan kuah sambel kacang, dan petis. Sedangkan isian rujaknya sendiri biasanya terdiri dari timun, mangga, nanas, bengkoang, kangkung rebus, tahu dan tempe goreng, taoge, mi, dan kacang panjang, serta ditambah lontong bagi yang suka.

2. Sate Klopo

Foto: masakandapurku.com

Sate ini sebenarnya adalah sate daging sapi biasa. Hanya saja pengolahannya agak berbeda karena dagingnya akan dibaluri dengan kelapa sangrai sebelum dibakar. Setelah sate dibakar barulah disajikan dengan bumbu kacang dengan campuran irisan cabe dan bawang.

3. Semanggi Surabaya

Foto: masakandapurku.com

Kuliner yang satu ini terbuat dari sayuran semanggi yang biasanya banyak ditemukan di area persawahan. Cara penyajiannya, tanaman semanggi ini dikukus kemudian ditambahkan taoge, lalu disiram kuah bumbu yang terbuat dari ketela, dicampur dengan petis, gula merah, garam dan kacang, serta tidak lupa dengan kerupuk Puli sebagai teman pendamping yang kriuk.

4. Soto Lamongan

Foto: theboxsceneproject.org

Soto Lamongan sebenarnya adalah soto ayam. Meski terdengar sangat familiar, namun hidangan berkuah yang satu ini sudah terkenal kelezatannya, sehingga termasuk kuliner yang banyak sekali diburu oleh para pencinta kuliner. Biasanya soto ayam Lamongan ini akan dinikmati bersama irisan daun kol bagi yang suka, bersama koya yaitu remahan kerupuk udang yang telah diberi bumbu khusus.

Pilihan Editor


5. Kreco

Foto: cookpad.com

Kreco adalah nama dari binatang keong yang banyak hidup di sawah. Kreco ini biasanya akan  dimasak dengan menggunakan santan dan bumbu sederhana. Selain itu terkadang kreco juga disajikan dalam bentuk sate kreco, yang memiliki cita rasa sedikit pedas. Sayangnya, makanan yang satu ini sudah jarang ditemui karena keong sawahnya semakin sulit didapat.

6. Lontong Kupang

Foto: travelingyuk.com

Makanan yang satu ini terbuat dari Kupang, yaitu sejenis kerang kecil yang ditemukan di perairan laut dangkal. Di Surabaya, kupang ini akan dimasak dengan bumbu khusus yang manis dan gurih, kemudian disajikan dengan lontong, petis, dan perasan jeruk nipis, yang akan membuat lidah bergoyang tiada henti.

7. Lontong Balap

Foto: theboxsceneproject.org

Kuliner ini termasuk legendaris khas Surabaya. Isian dari kuliner yang satu ini sebenarnya hanya berupa irisan lontong yang dicampur sayuran taoge dan disiram kuah. Disajikan dengan petis dan sambal, serta perasan jeruk nipis, menghasilkan sebuah cita rasa asam, manis, pedas yang sangat segar. Sebagai pelengkap, lontong balap ini dihidangkan bersama sate kerang dan lento. Lento adalah perkedel yang terbuat dari kacang tolo merah.

8. Es Krim Zangrandi

Foto: jateng.tribunnews.com

Banyak yang bilang jika ke Surabaya tidak mencicipi es krim yang satu ini, maka artinya belum ke Surabaya. Es krim ini termasuk es krim jadul, yang konon diperkenalkan pertama kali oleh seorang pendatang asal Italia. Es krim ini sudah ada sejak tahun 1930. Dan saat ini semakin banyak varian rasanya. Mulai dari Banana Split, Avocado Fudge, Zangrandi Pie, Chocolate Twinkle, Soda Ice Cream, Noodle Ice Cream, Tropicana Fruit, dan masih banyak lainnya.

9. Tahu Campur

Foto: carabuatresep.blogspot.com

Kuliner ini terdiri dari potongan tahu yang dicampur dengan lontong, taoge, sawi hijau, mi kuning, daging, dan lentho singkong, yang disiram dengan kuah sup kental. Sebagai pelengkap, biasanya akan dihidangkan dengan tambahan kerupuk udang, sambel, dan bawang goreng.

10. Tahu Tek

Foto: gregetin.com

Mirip dengan tahu campur, jajanan ini terdiri dari campuran potongan tahu yang digoreng, yang disiram dengan kuah kacang dan petis. Selain tahu di dalamnya juga ada lontong, taoge, kentang rebus, dan acar ketimun, serta tambahan kerupuk udang.

Nah, itulah 10 daftar kuliner khas Jawa Timur, Surabaya, yang lezatnya juara di lidah. Kamu sudah coba yang mana, Guys?