Indonesia snagat kaya dengan destinasi wisata yang alami dan super keren ya, Guys. Mulai dari wisata gunung di ketinggian, deretan pantai yang eksotis di sepanjang pesisir nusantara, kekayaan kulinernya, hingga tempat-tempat wisata yang unik dan menawarkan sensasi luar biasa bagi para pelancong.

Di Jogja, ada tempat yang bernama Parangkusumo. Nah, buat kamu yang ngakunya hobi traveling dan menyukai suasana yang berbeda, pernah nggak plesiran ke salah satu tempat paling eksotis di sisi selatan Pulau Jawa ini? Berlokasi di dekat pantai Parangtritis, tempat ini memiliki bentang alam yang sangat unik, yaitu berupa gundukan pasir. Warga sekitar lebih suka menyebutnya dengan “gumuk”. Dilihat sekilas, kamu akan berasa tengah berada di padang pasir Timur Tengah sana. Wow!

Selain sering dijadikan tempat untuk selfie, di sini kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain yang memacu adrenalin, yaitu sandboarding. Penasaran? Berikut 4 fakta menarik seputar gumuk pasir yang sangat terkenal ini.

1. Parangkusumo adalah gumuk pasir bertipe Barchan

gurun pasir Parangkusumo jawa tengah
Foto : 2.bp.blogspot.com

Di Indonesia, gundukan pasir memang nggak hanya ada di Parangkusumo. Di beberapa tempat lain juga ada, misalnya di puncak Bromo dan Tengger. Gundukan pasir ini memiliki beberapa tipe umum. Nah, gumuk pasir yang ada di Parangkusumo ini, termasuk tipe Barchan, yang terbentuk akibat endapan pasir hasil erupsi gunung Merapi yang terbawa aliran sungai-sungai di sekitarnya.

Pilihan Editor

Gumuk pasir tipe ini mempunyai ketinggian antara 1-5 meter, sangat berbeda dengan gumuk pasir yang ada di puncak Bromo ya. Dengan karakteristik ini, nggak heran kalau gumuk pasir Parangkusumo ini sangat cocok dipakai untuk melakukan sandboarding.

2. Salah satu tempat dimana kamu bisa melakukakan sandboarding di Asia Tenggara

gurun pasir Parangkusumo jawa tengah
Foto : yukpiknik.com

Di Asia Tenggara, gumuk pasir memang tersebar di beberapa tempat. Antara lain di Indonesia, Vietnam dan Filipina. Namun asal kamu tahu ya, hanya di Parangkusumo lah kalian bisa ber-sandboarding dan menguji adrenalin. Bermodal uang Rp 70.000,- saja, kita bisa menikmati sensasi berseluncur di atas pasir yang menyenangkan. Hm, cukup terjangkau ya.

2. Nggak hanya bisa dijadikan arena sandboarding, Parangkusumo memiliki cirikhas yang istimewa dan langka

gurun pasir Parangkusumo jawa tengah
Foto : asliindonesia.net

Nggak hanya bisa dijadikan arena sandboarding, gumuk pasir Parangkusumo juga memiliki keistimewaan tersendiri pada karakteristiknya. Jadi gini ya, Guys, gumuk pasir itu biasanya diklasifikasikan berdasarkan iklim yang membentuknya.

Nah, yang terjadi di Parangkusumo ini cukup unik. Gumuk pasirnya bertipe Barchan, tapi iklim yang membentuknya adalah tropika basah. Ini adalah sebuah hal yang sangat langka. Secara teori, gumuk pasir tidak akan terbentuk jika terjadi ketidaksesuaian iklim. Amazing, yah!

4. Lokasi favorit untuk syuting video klip dan pre wedding

gurun pasir Parangkusumo jawa tengah
Foto : overloops.com

Selain menjadi lokasi yang indah untuk ber-sandboarding, gumuk pasir Parangkusumo juga sering dijadikan lokasi untuk syuting video klip. Nggak tanggung-tanggung lho, sekelasnya Agnez Mo telah menyelesaikan syuting di sini untuk salah satu lagu andalannya.

Selain itu, ditempat ini kamu juga bisa melakukan mengabadikan foto pre wedding-mu. Sedikit tips buat kamu yang ingin pre wedding disana, bahwa waktu yang cocok untuk foto pre wedding di sana adalah ketika sore hari karena saat itu pasir sedikit basah akibat embun.

Buat kalian yang hobi ber-selfie saat mengunjungi tempat-tempat keren, nggak perlu kuatir deh. Saat ini pihak pengelola telah menyediakan banyak spot lucu dan keren yang bisa kamu jadikan latar belakang yang sangat cantik. Jangan lupa, siapkan kamera yang bagus ya, supaya fotomu nanti tambah ajib. Bagaimana, tertarik untuk menyaksikan sendiri keunikan tempat ini? Buruan aja ke sini deh!