Halo, Takaiters!

Travelling sudah menjadi kebutuhan wajib bagi orang-orang zaman now. Tingkat kepenatan aktivitas sehari-hari selalu menjadi alasan untuk mencari tempat wisata yang bisa me-refresh otak. Apalagi Indonesia termasuk negara yang memiliki beragam destinasi wisata. Mulai dari pantai, pegunungan, taman nasional, tempat bersejarah, hingga theme park semua ada. Tinggal kalian mau memilih liburan di mana, dan harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk yang berdompet tebal mungkin tak terlalu dipusingkan dengan persoalan biaya. Lain halnya jika duit pas-pasan, pasti akan berpikir bagaimana caranya bisa travelling tanpa bikin kantong jebol. Inilah tempat wisata di Jawa Timur yang bisa kalian kunjungi. Harga tiket masuknya nggak sampai sepuluh ribu rupiah, lho, dan pemandangannya juga nggak kalah ciamik dengan tempat wisata mahal. Penasaran? Silahkan dibaca sampai habis, ya.

1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Foto: tabloidwisata.com

Pasirnya berwarna putih, keindahan alamnya khas seperti pantai kebanyakan. Sebenarnya tempat wisata ini cukup indah, tapi kurang terjaga kebersihannya. Jika ingin bermalam, banyak tersedia penginapan dengan pemandangan langsung menghadap pantai, harganya pun relatif murah. Di sini juga tersedia perahu untuk disewa. Biasanya pengunjung akan diajak mengelilingi pantai dan berhenti di sebuah titik untuk menikmati keindahan ekosistem dalam laut.

Pilihan Editor


2. Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Foto: tabloidwisata.com

Jawa Timur juga memiliki tempat wisata seperti di Bali, lho, Guys. Pantai Pulau Merah ini banyak disebut sebagai Kuta-nya Jawa Timur oleh para wisatawan. Keindahannya yang unik akan membuat kalian betah berlama-lama di pantai ini. Berbentuk menyerupai gunung yang dikelilingi laut, dengan pulau bepasir merah. Nama pantai merah juga diambil dari warna bebatuan yang tampak berwarna merah. Selain itu, tempat ini juga menjadi surga bagi para peselancar karena ombaknya lumayan tinggi.

3. House of Sampoerna Surabaya

Foto: wisatajatim.info

Berjalan-jalan di kota pahlawan tak lengkap rasanya jika kalian belum mampir kesini. House of Sampoerna merupakan sebuah museum rokok yang didirikan di daerah kota tua Surabaya. Bangunan yang sudah ada sejak zaman kolonial ini dulunya merupakan panti asuhan, kemudian dibeli oleh pemilik Sampoerna untuk dijadikan tempat produksi rokok. Kalian bisa melihat pembuatan rokok secara langsung di lantai dua. Selain itu, disediakan juga bus untuk berkeliling kota Surabaya secara gratis.

4. Puncak B29

Foto: ksmtour.com

Kalau kalian pernah berwisata ke gunung Bromo atau Semeru, lokasi puncak B29 ini berdekatan dengan kedua gunung tersebut. Biasa dikenal dengan sebutan negeri di atas awan karena keindahannya. Kalian bisa melihat hamparan awan putih, sunset, dan sunrise yang tak kalah bagus dari pemandangan gunung Bromo. Nama B29 sendiri diambil dari ketinggiannya yang mencapai 2900 mdpl atau orang -orang menyebut puncak songolikur (dua puluh sembilan). Ada juga versi yang menyebutkan bahwa B berarti Bukit dan 29 merupakan nomor urutannya. Untuk sampai ke sana, kalian cuma harus mempersiapkan uang sebanyak 3.000 perak saja. Murah kan, Guys.

5. Gua Gong Pacitan

Foto: ketahui.com

Tempat wisata Goa Gong terletak di wilayah Pacitan. Kota yang dikelilingi gunung Kapur tersebut memiliki tanah yang kering dan tandus, namun ada daya tarik yang luar biasa di bagian bawah permukaannya. Keindahan Gua Gong bahkan membuat wisatawan menyebutnya sebagai Gua terindah se-Asia Tenggara. Di dalamnya terdapat stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa sumber mata air yang konon dipercaya masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Itulah beberapa tempat wisata di Jawa Timur yang layak untuk dikunjungi dan nggak bikin kantong jebol. Jadi, kapan Takaiters mau pergi kesana?