Hai, Takaiters!

Ingatkah kalian dengan Bill Gates pendiri Microsoft, tokoh bisnis terkemuka dunia? Beliau pernah mengatakan bahwa suatu hari nanti internet akan menjadi  sebuah pusat keramaian di kota global masa depan. Prediksinya sekarang telah terbukti menjadi kenyataan. Orang-orang dari seluruh penjuru dunia melakukan bisnis, transaksi online, mencari pekerjaan, membeli barang, berinteraksi, dan bertukar informasi di dunia maya dalam setiap harinya.  Internet memang menyediakan apa saja termasuk untuk memperoleh penghasilan, lalu langkah apa saja yang perlu kita perhatikan? Yuk, kita simak!

1. Tentukan Konsep atau Jenis Usaha

Foto: pexels.com

Sebelum memulai bergelut mencari penghasilan di internet, tanyakan kepada diri kita sendiri terlebih dahulu apa yang mau kita jual, berjualan jasa atau barang? Berapa modal yang kita punya.  Pastikan kita benar-benar yakin dan tidak setengah hati. Profesi  di dunia maya yang sedang tren saat ini adalah; youtuber,  programmer, mobile developer, desainer grafis, SEO analyst, virtual assistant, content writer, copywriter, dan data entry. Pun, jika kalian ingin berbisnis online shop, pastikan produk kalian mempunyai kualitas yang bagus dan siap dipasarkan.

2. Lakukan Riset

Foto: pexels.com

Riset adalah hal yang penting dilakukan sebelum memulai usaha di dunia internet. Kita harus mengetahui bagaimana pasar di dunia maya itu. Apa yang sedang tren dan hits saat ini, apa yang sedang dibutuhkan banyak orang, bagaimana cara menyasar target pasar yang tepat dan lain sebagainya.  Jangan ragu ataupun malu untuk bertanya kepada para pakar dan senior tentang usaha yang akan kita geluti. Kita pun bisa mengikuti forum-forum atau grup-grup yang memang bertujuan untuk saling sharing dan bertukar informasi.

3. Eksekusi

Foto: pexels.com

Saat kita sudah yakin dengan konsep yang akan kita jual dan sudah melakukan riset dan bertanya kepada para pakar, maka langkah selanjutnya adalah memulai. Just do it! Jangan khawatir jika kita masih belum sempurna, justru dengan menjalaninya kemampuan kita akan semakin terasah. Jangan malas untuk terus berkembang dan mencari pengetahuan baru dengan mesin pencari.

4. Mengikuti Aturan di Dunia Maya

Foto: pexels.com

Di manapun kita berada, kita tak akan lepas dari aturan. Mau itu dunia maya atau dunia nyata, sejumlah peraturan telah ditetapkan dan kita tidak boleh berbuat sesuka hati kita. Saat kita menjual barang atau jasa kepada konsumen atau klien, bersikaplah ramah dan berikan pelayanan terbaik. Bersikaplah seprofesional mungkin agar klien terus berdatangan kepada kita.

5. Jadilah Kreatif

Foto: pexels.com

Menghadapi persaingan di dunia maya yang ketat, barang dan jasa terbaik pun terkadang tidak menjamin akan dilirik banyak konsumen. Satu-satunya jalan agar bisa terus survive adalah dengan menjadi beda dan terus berinovasi. Teruslah belajar dan jangan takut untuk mencoba hal baru.

6. Ciptakan Branding

Foto: pexels.com

Dalam komunikasi bisnis, sebuah branding adalah sesuatu yang mutlak dilakukan para pelaku bisnis. Branding adalah “merek” atau “petanda” kita untuk menyasar target pasar. Baik product branding maupun personal branding adalah pembeda yang bertujuan untuk menjaring lebih banyak konsumen atau klien.

7. Berpikir Kritis

Foto: pexels.com

Menjadi kreatif dan unik saja belumlah cukup untuk bisa memetik sukses di dunia maya. Kita harus mempunyai pola pikir kritis. Internet tak melulu menyimpan hal positif, terkadang banyak hal yang bisa menghalangi jalan kita, maka dengan kita berpikir kritis kita akan bisa menganalisis sesuatu, mengevaluasi kegagalan, mencari solusi dan mengambil keputusan yang tepat.

8. Manajemen Waktu

Foto: pexels.com

Saat bisnis kita tengah berjalan, buatlah jadwal agar pekerjaan kita tepat waktu dan tidak membuat konsumen/klien kecewa. Buatlah skala prioritas dan jangan terbiasa untuk menunda pekerjaan.

9. Menerima Kritik dan Saran

Foto: pexels.com

Sesukses apapun kita, kritik dan saran tetaplah kita butuhkan agar kita terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Terkadang kritik memang pahit namun pastikan kita tetap mempunyai idealisme dalam berbisnis, ambillah yang baik, buang yang buruk.

 

Internet memang memberikan banyak pilihan kepada kita, tinggal kita mau menggunakannya untuk hal-hal yang positif dan produktif atau hanya untuk bersenang-senang belaka? Pilihan ada di tangan kita masing-masing.