Hai, Takaiters!

Kamu suka minum kopi? Bagi para penikmat kopi, aroma dan rasa kopi yang khas dipercaya dapat memberikan efek kesegaran. Untuk sebagian orang meneguk secangkir kopi dipercaya mampu mengusir rasa kantuk yang datang seketika. Hal inilah yang membuat beberapa orang menjadikan kopi sebagai minuman yang rutin untuk dikomsumsi.

Kebiasaan minum kopi sudah dilakukan orang sejak dahulu hingga saat ini. Namun, bagi kamu yang ingin minum kopi dengan variasi rasa yang lain bisa mencoba berbagai aneka kopi yang telah mengalami modernisasi dengan penampilan yang berbeda tapi tetap ada cita rasa kopinya. Berikut ini adalah beberapa minuman berasa kopi ala cafe yang mungkin bisa jadi pilihan kamu:

1. Espresso

Foto: travelgutton.com

Espresso adalah minuman kopi yang memiliki kadar kopi yang paling kuat karena espresso merupakan minuman yang dihasilkan dengan mengektraksi biji kopi yang diproses dengan menyemburkan air panas dengan tekanan yang tinggi. Espresso biasanya dibuat dengan menggunakan mesin khusus espresso. Kopi espresso benar-benar harus digali ekstrasinya sehingga akan dapat menghasilkan krema. Krema merupakan cairan berbusa berwarna kecokelatan di atas cairan kopi espresso yang akan memberikan rasa nikmat dan aroma kopi yang harum menyegarkan.

2. Capuccino

Foto: 123rf.com

Mungkin ini adalah salah satu jenis minuman rasa kopi yang cukup familiar bagi kamu. Capuccino merupakan minuman yang berasal dari Itali dengan campuran sepertiga espresso, sepertiga susu, sepertiga busa susu. Unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu. Cappuccino akan lebih nikmat diminum dalam keadaan panas maka lebih baik disajikan menggunakan cangkir keramik yang mempunyai daya simpan panas yang lebih lama.

3.Mochacino

Foto: pastemagazine.com

Mochacino atau kopi moka merupakan kopi yang pertama dipasarkan dan dinikmati oleh orang-orang di Eropa. Mochacino adalah kombinasi dari espresso, cokelat, dan susu. Yang istimewa dari mochachino adalah berbaurnya rasa dan aroma kopi dengan cokelat sehingga menghasilkan sensasi rasa nikmat dengan aromanya yang khas. Sirop cokelat dan susu coklat juga bisa dikombinasikan ke dalam minuman ini jika kamu ingin menikmati variasi rasa yang berbeda.

4. Latte

Foto: sidewalk.guide

Latte adalah kopi susu yang mempunyai lapisan busa tipis di atasnya. Latte bisa berupa campuran kopi hitam dengan susu atau espresso dan susu. Perbandingan kopi dan susunya adalah 2 : 1. Namun, di Amerika kopi latte ini merupakan kombinasi yang terdiri dari 1/3 espresso dan 2/3 susu panas.

5. Macchiato

Foto: nespresso.com

Macchiato merupakan minuman kopi berbahan dasar espresso dan susu. Macchiato memiliki ciri khas busa yang memberikan bercak pada espresso yang berasal dari susu di atasnya. Macchiato biasanya mempunyai 2 jenis sajian yaitu espresso macchiato dan late macchiato. Espresso macchiato adalah segelas espresso ditambahkan sedikit susu sedangkat late macchiato segelas susu ditambahkan espresso.

Bagaimana, Takaiters? Mungkin di antara minuman rasa kopi tersebut ada yang belum pernah kamu coba. Cobain, yuk! Siapa tahu salah satunya akan jadi minuman favorit kamu.