Hai, Takaiters!

Demam Sea Games sedang melanda. Pesta olahraga ini berlangsung di Indonesia, diikuti oleh 45 negara partisipan dengan 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kebayang, dong, berapa jumlah atlet yang ikut. Atlet dengan tubuh yang atletis dan sehat mewarnai berbagai cabang olahraga.

Salah satunya yang menjadi viral adalah Jonathan Christie dengan aksi heroiknya, membuka baju dan terlihat tubuhnya yang bugar, atletis, dan berotot. Jojo demikian sapaan akrab Jonatan berhasil mempersembahkan medali emas dari cabang olahraga bulutangkis. Ingin memiliki tubuh seperti Jojo? Salah satu yang penting diperhatikan adalah nutrisi dalam makanan. Jenis nutrisi apa saja yang harus diperhatikan? Yuk, simak di bawah ini:

1. Karbohidrat

Foto: klikdokter.com

Sebagai sumber tenaga karbohidrat memegang peranan penting. Dibutuhkan karbohidrat sekitar 45-65 persen dari total kalori harian. Karbohidrat banyak terdapat pada, nasi, gandum, dan jenis umbi-umbian.

2. Protein

Foto: hellosehat.com

Protein sangat dibutuhkan untuk membangun struktur tubuh, membentuk antibodi sebagai pertahanan tubuh dari kuman penyakit. Protein terdapat pada daging, telur, ikan, susu, dan kacang-kacangan

3.  Lemak

Foto: naturallycurlye.com

Lemak dibutuhkan untuk melarutkan mineral dan vitamin, membentuk dinding sel, dan berfungsi untuk otak. Asupan lemak tidak jenuh harus lebih banyak dibanding dengan lemak jenuh. Lemak tidak jenuh sering disebut dengan omega-3 dan omega-6, terdapat pada, ikan salmon, kedelai, minyak jagung, dan lain-lain.

4. Vitamin

Foto: sayidy.net

Vitamin adalah mikronutrien yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Mikronutrien adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit tetapi penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim, serta mengatur sistem imun dan sistem reproduksi. Ada 13 jenis vitamin yang secara esensial dibutuhkan dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Setiap vitamin ini mempunyai fungsinya masing-masing. Vitamin banyak ditemukan pada buah dan sayuran

5. Mineral

Foto: pexels.com

Mineral juga termasuk mikronutrien yang penting dalam tubuh. Misalnya kalsium sangat dibutuhkan dalam kepadatan tulang, mengontrol tekanan darah, dan kontraksi otot.

Selain yang telah disebutkan di atas, yang tak kalah pentingnya adalah air. Konsumsi air sebanyak 2 liter sehari akan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air dapat membantu tubuh untuk menyampaikan nutrisi keseluruhan tubuh.
Kebutuhan nutrisi sudah terpenuhi, tidak akan berguna jika tidak berolahraga yang dilakukan secara rutin. Jika nutrisi dan olahraga telah terpenuhi maka tubuh yang sehat dan bugar seperti Jonatan Christie. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.