Hallo Takaiters,

Bukan rahasia lagi jika bahasa Inggris adalah sebuah keahlian yang wajib kita kuasa di era globalisasi seperti sekarang ini. Selain untuk bersaing dalam dunia kerja, kemampuan berbahasa Inggris memungkinkan kita berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang dari seluruh dunia untuk melakukan transaksi bisnis dan lain-lain.

Selain itu, kita juga dapat mengakses ilmu pengetahuan lebih banyak karena buku-buku dan website-website ternama di dunia hampir 70 persen menggunakan bahasa Inggris dalam memberikan informasi.

Saat ini teknologi sudah semakin canggih sehingga kita tidak perlu  harus datang ke tempat kursus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Cukup bermodalkan handphone dan internet sudah bisa menjadi anggota komunitas bahasa dan berlatih di situs-situs gratis ataupun berbayar.

Nah, 5 situs ini tak hanya bisa membuat kamu mahir berbahasa Inggris  lho, tapi juga bisa bikin kamu Broadminded atau berwawasan luas. Let’s check it out!


1. Italki

Italki adalah situs  pertukaran bahasa dimana kamu bisa mencari native speakers yang berminat untuk melakukan pertukaran bahasa denganmu. Biasanya mereka akan mengajak kamu berlatih berbicara langsung menggunakan Skype.

Selain untuk melatih kemampuan berbicara, kamu juga bisa melatih kemampuan menulis, dengan cara menulis status di bagian notebook. Kamu bebas bercerita apa saja dan nanti tulisanmu akan mendapatkan koreksian dari native speakers. Seru kan? dan itu gratis lho.

Pilihan Editor



2. Reallife English

Reallife English adalah situs dimana kamu bisa membaca artikel atau mendownload podcast untuk mendapatkan berbagai tips seputar penguasaan bahasa Inggris. Podcast atau program radio tersebut sudah disertai dengan transcript sehingga kamu bisa melatih kemampuan listening, pronounciation dan kemampuan membaca sekaligus.

Bagi kamu yang suka dengan aksen Amerika, cocok banget untuk mendengarkan podcast-podcast dari situs ini. Selain pengucapan kata-katanya jelas dan mudah di pahami, di sini kamu juga akan belajar banyak tentang bahasa-bahasa slang yang sering di ucapkan oleh anak muda Amerika.  Awesome right?

3. TED Talks

TED Talks adalah situs dimana kamu bisa menonton video para tokoh inspiratif dari berbagai bidang yang tampil dalam sebuah konferensi untuk memberikan presentasi. Topik yang disampaikan pun beragam mulai dari pendidikan, teknologi sampai bisnis.

Tapi jangan khawatir video-video tersebut sudah disertai subtitle sehingga kamu bisa belajar tentang kosakata baru. Selain itu wawasanmu bisa bertambah dan kamu juga bisa belajar bagaimana memberikan presentasi yang keren. Mantap kan? Dan lagi-lagi itu gratis yang penting jaringan Wifi mu lancar.

4. Quora

Quora adalah situs pertukaran pengetahuan dalam bentuk tanya jawab. Kamu bisa menulis pertanyaan tentang topik apa saja yang ingin kamu ketahui dan para ahli atau quoran (sebutan untuk member) akan berbagi pengalaman dan pengetahuannya bersama kamu. Begitupun sebaliknya kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya kamu ketahui jawabannya.

Situs ini bagus banget untuk  melatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.  FYI, orang-orang terkemuka dunia juga ada di situs ini lho Takaiters, seperti baru-baru ini bang Jackie Chan dan om Justin Trudeau menjawab pertanyaan dari Quoran langsung lho. Isn’t cool?

5. BBC Learning Englsih

Dari namanya udah jelas, di sini kamu bisa membaca berbagai macam artikel yang bukan hanya tentang bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tetapi juga bisa menambah wawasan tentang dunia dengan menonton video atau mendengarkan berita dari BBC News Report.

Di situs ini kamu bisa melatih semua skill bahasa Inggrismu mulai dari cara pengucapan huruf, tata bahasa, listening pokoknya lengkap dan Serunya  banyak games yang bisa diikuti untuk mengetahui sampai mana  tingkat penguasaan bahasa Inggris kamu.


Takaiters, Bahasa Inggris adalah kemampuan yang harus dilatih secara terus-menerus. Jika kamu konsisten melatihnya setiap hari walaupun hanya 15 – 30 menit, maka kemampuan berbahasa Inggrismu akan meningkat dan kamu akan mahir pada akhirnya.