Holla Takaiters,

Kita sudah tahu ya, bersyukur mempunyai banyak manfaat. Diantaranya adalah selain dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih positif, bersyukur juga dapat membuat kita lebih bahagia.

Namun, terkadang memang tak mudah untuk bersyukur, apalagi ketika kita mengalami masa-masa sulit, karena biasanya kita lebih terfokus kepada hal-hal yang membuat kita tidak bahagia.

Lalu, bagaimana agar kita senantiasa bersyukur dalam menjalani hidup? seperti halnya menulis, Takaiters, untuk menjadikannya mudah dan terbiasa, kita harus melatihnya setiap saat.

Berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih agar senantiasa bersyukur,

  1. Melatih Kesadaran
Foto: viralnovelty.net

Hal yang pertama yang bisa kita lakukan untuk melatih bersyukur adalah dengan melatih kesadaran kamu terlebih dahulu ya, Takaiters.

Kesadaran didapatkan ketika seseorang mampu menyadari sekelilingnya, baik itu secara emosi maupun tindakan. Sehingga kamu berada di ‘saat ini’.

Untuk melatih kesadaran, kamu harus menyadari sepenuhnya apa yang sedang kamu lakukan. Misalnya, perhatikan ketika kamu sedang makan, berjalan, berbicara, lalu rasakan dengan seluruh indera.

Kemudian perhatikan juga yang sedang terjadi di sekeliling. Jika kamu benar-benar memperhatikan setiap aspek kecil kehidupan, banyak yang akan kamu ketahui.

Hal tersebut akhirnya dapat menyadarkan kamu betapa banyak nikmat-nikmat Allah yang patut kamu syukuri.

2. Merenung

Foto: pexels.com

Setelah menyadari apa yang sedang terjadi di sekeliling kamu, cobalah untuk  meluangkan waktu sejenak untuk merenung.

Renungkanlah nikmat-nikmat yang telah Allah berikan. Dengan melakukan ini, kamu akan sadar betapa banyak nikmat Allah yang patut untuk disyukuri.

3. Journaling atau Membuat Buku Harian

Foto: theodessey.com

Cara untuk melatih bersyukur juga bisa dilakukan dengan Journaling atau membuat buku harian ya, Takaiters. Tulislah hal-hal yang kamu syukuri menggunakan tulisan tangan, bukan mengetik di smartphone atau komputer, ya.

Saat kamu menulis tangan, otak menggunakan indera-indera yang lain untuk bekerjasama. Sehingga apa yang kamu tulis akan lebih melekat di dalam ingatan.

Mulailah menulis minimal tiga hal yang kamu syukuri. Contohnya, saya bersyukur hari ini masih mendapatkan nikmat sehat.

Kamu bisa melakukan hal ini di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur. Menulislah walaupun di saat kamu sedang mengalami hari-hari yang tidak menyenangkan.

Jika direnungkan, masih banyak hal yang bisa kamu syukuri walaupun dalam keadaan sulit. Termasuk bersyukur untuk masa-masa sulit, karena di masa itu kamu belajar menjadi seseorang yang lebih kuat.

4. Mengucapkan Terima Kasih

Foto: kulraj.org

Mengucapkan terima kasih adalah hal yang  mudah dan simpel. Namun, terkadang kita lupa melakukannya.

Mulailah mengucapkan terima kasih untuk segala hal. Berterima kasih kepada adik, sahabat, suami/istri, dan kepada siapapun atas segala sesuatu yang mereka lakukan untuk kamu.

5. Berpikir positif

Foto: smartcircle.com

Cara untuk melatih agar senantiasa bersyukur yang ke-5 adalah dengan cara berpikir positif, dan berucap dengan menggunakan kalimat positif. Karena, berbicara dengan kalimat negatif akan membuat kita sulit untuk melihat segala sesuatu yang dapat kita syukuri.

Dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang positif, selain  mendapatkan energi yang positif, kamu juga bisa lebih mudah untuk mencari solusi dari permasalah yang kamu alami.

Itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih agar senantiasa bersyukur dalam menjalani kehidupan ini, Takaiters.

Mudah-mudahan di tahun 2018 ini,  kita semua bisa menjadi pribadi-pribadi yang lebih positif dan senantiasa bersyukur atas nikmat-nikmat yang Allah berikan.

Sehingga kita semua bisa menjalani kehidupan dengan lebih bahagia.