Halo, takaiters!

Sedang mencari beasiswa? Sebenarnya banyak sekali beasiswa betebaran di sekeliling kamu, baik dari dalam maupun luar negeri. Hanya saja kamu sendiri sering bingung dan ragu dengan pilihanmu, sehingga kamu gagal mendapat beasiswa tersebut, iya kan? Nah takaiters, berikut ini ada 6 tips mudah mendapatkan beasiswa sesuai keiginanmu

1. Memilih Beasiswa yang Diinginkan

Foto: csi.cuny.edu

Sebelum mencari beasiswa, ada baiknya kamu kenali dulu kemampuan yang kamu miliki, misalnya kemampuan bahasa Inggris kamu. Tentukan apa tujuan kamu mencari beasiswa. Untuk melanjutkan kuliahkah atau sekedar untuk tambahan uang jajan. Jika untuk melanjutkan kuliah, sebaiknya tentukan dulu jurusan yang ingin kamu ambil. Setelah itu baru mencari beasiswa yang sesuai keinginan kamu.

2. Perbanyak isi CV kamu

Foto: thebalance.com

Jika kamu mengejar beasiswa, perbanyak dulu isi CV kamu. Ikutilah kegiatan yang positif, misalnya kamu aktif dalam sebuah organisasi dan kalau bisa, nih, Guys, jangan sekedar jadi anggota, kalau belum bisa jadi ketua, paling tidak kamu menjadi staf di organusasi tersebut.

Jika kamu pernah berjualan, atau jago design, coding, menyanyi, main musik atau apa saja kemampuan yang kamu punya, masukin aja, tapi tentu yang bisa kamu pertanggung jawabkan ya, Guys, hehe, … dan satu lagi nih, jika kamu punya kebiasaan buruk, buruan deh tinggalin. Mendingan kamu alihkan ke hal yang bermanfaat, misalnya mengikuti lomba, ini juga bisa menambah tebal CV kamu, lho.

Pilihan Editor

3. Mengejar TOEFl

Foto: kampunginggris-speaking.com

Jika kamu ingin kuliah dengan beasiswa di luar negeri, sebaiknya asah terus kemampuan bahasa Inggris kamu, paling tidak mencapai TOEFL 450-500. Walau tidak semua beasiswa di luar negeri mengharuskan TOEFL tinggi, tetapi tak bisa di pungkiri, memiliki TOEFL tinggi bisa memuluskan keinginan kamu. Tapi, jika kamu sudah mentok dengan kemampuan bahasa Inggris, pelajari bahasa negara yang kamu tuju.

4. Jangan pernah menyerah

Foto: bridgetwashington.com

Untuk mendapatkan beasiswa, kamu harus rajin mencoba, dan jangan mudah putus asa. Jika kamu gagal atau tidak lulus seleksi, evaluasi penyebab kegagalan kamu. Cari tau di mana kesalahannya. Kunci dari keberhasilan adalah rajin mencoba dan pantang menyerah. Allah pasti menolong hambanya yang mau berusaha. So, semangat ya!

5. Berdoa dan berbuat baik pada orang tua

Foto: okezonepost.blogspot.com

Apapun yang terjadi di atas bumi ini, pasti karena izinNya. Maka dari itu, Guys, jangan lupa berdoa, memohon kepada Allah, untuk mengabulkan keinginan kamu. Dan yang tak kalah penting adalah meminta restu orang tua. Sebab doa mereka sangat mustazab.

6. Menjaga Nama Baik Instansi

Foto: mfat.gov.ws

Setelah mendapat beasiswa, kamu harus menjaga nama baik instansi yang memberi beasiswa. Pertahankan terus prestasimu, jangan menyalah gunakan uang beasiswa yang kamu dapat. Siapa tau beasiswa yang kamu peroleh terus berlanjut.

Gimana Takaiters, tetap semangat kan untuk mencari beasiswa? Semoga tips di atas bisa membantu kamu mendapatkan beasiswa sesuai dengan keinginan, yah. Yuk, berburu beasiswa yang ada di sekitarmu!