Hai, Takaiters!

Banyak yang bilang jika menjadi mahasiswa yang sukses itu tidak mudah. Beragam tumpukan tugas dan dosen yang killer seringkali menjadi penyebab tidak mudahnya seorang mahasiswa mencapai IPK ideal, sekaligus lulus tepat waktu. Tentu mendengar beragam cerita tersebut bisa membuat kita ciut nyali, ya, Guys.

Meski mungkin sebagian ada yang mengalami hal tersebut, namun menjadi mahasiswa sukses dan lulus tepat waktu juga bukan merupakan hal yang mustahil, lho. Nah, buat kalian yang penasaran karena akan segera memasuki jenjang pendidikan tinggi, atau mungkin yang sedang kuliah dan ingin memperbaiki diri, nih, ada beberapa tips yang gampang banget diaplikasikan agar dapat menjadi mahasiswa sukses dan lulus tepat waktu. Simak, yuk!

1. Mengikuti Jadwal Kuliah

Tips yang pertama adalah pastikan jika kalian mengikuti semua mata kuliah yang telah diprogramkan pada semester berjalan. Lalu, jika ada mata kuliah yang tertinggal (tidak lulus) pada semester sebelumnya, segera programkan lagi pada semester berikutnya.

2. Konsultasi dengan Dosen Penasehat Akademik

Jika di SMA ada guru bimbingan konseling (BK), maka di kampus ada dosen penasehat akademik. Dosen tersebut dapat menjadi tempat ‘curhat’ dan akan memberikan saran terbaik. Nah, maksimalkan peran beliau-beliau ini, agar kalian dapat menjalani proses perkuliahan mulai dari semester pertama sampai selesai dengan sukses dan lancar.

3. Rajin Konsultasi dengan Dosen Mata Kuliah

Dengan rajin berkonsultasi pada dosen mata kuliah, maka selain kalian akan lebih dikenal, tapi bukan untuk cari muka, lho, ya, juga akan bisa menemukan solusi tepat terhadap berbagai masalah yang dihadapi pada mata kuliah tertentu.

4. Aktif di Organisasi Intra Kampus

Jika selama kuliah kalian punya banyak waktu luang, jangan terlena, Guys! Sebaiknya manfaatkanlah waktu lowong yang ada untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Salah satu caranya adalah dengan bergabung pada organisasi intra kampus.

5. Bergabung dengan Organisasi Ekstra Kampus

Usahakan juga untuk dapat bergabung pada organisasi ekstra kampus. Hal ini akan memberikan pengetahuan, wawasan serta jaringan yang lebih luas lagi, karena kalian akan dapat bertemu dengan berbagai macam karakter mahasiswa dari berbagai jurusan, bahkan mungkin dari kampus yang berbeda.

6. Rajin Berdiskusi

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan mengikuti forum-forum diskusi adalah tips menjadi mahasiswa sukses berikutnya. Entah itu forum resmi dalam lembaga kemahasiswaan, atau diskusi-diskusi lepas di waktu senggang.

7. Bentuk Geng

Tidak ada yang salah lho memiliki geng. Namun, geng yang satu ini tujuannya jelas, yaitu untuk membantu pencapaian akademik. Ajaklah beberapa teman yang memiliki visi misi sama, sehingga tujuan geng kalian ini akan tercapai.

8. Maksimalkan Fasilitas Belajar Kampus

Gunakan selalu waktu luang untuk membaca berbagai macam buku di perpustakaan. Hal ini akan sangat berguna karena akan menjadi bekal pengetahuan nantinya ketika sudah keluar dari kampus.

9. Jangan Lupa Refreshing

Meskipun tuntutan untuk sukses itu cukup menyita waktu, namun jangan lupa untuk istirahat dan refreshing, agar badan tetap dapat bugar dan pikiran selalu segar. Tentu hal tersebut pada akhirnya akan dapat membantu untuk lebih lancar meraih kesuksesan, bukan?

10. Buat Target Pencapaian

Tips menjadi mahasiswa sukses lainnya adalah membuat target pencapaian. Ini penting dilakukan agar tahu sampai di mana kemampuan kalian saat ini. Jika sudah sesuai target, terus tingkatkan kemampuan diri, namun jika masih belum maka berusahalah dengan lebih baik lagi.

11. Hindari Pergaulan Negatif

Di kampus, kalian akan dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis karakter teman. Tips menjadi mahasiswa sukses berikutnya adalah bijaklah dalam mencari teman. Kalian harus pintar memilih dan memilah mana yang baik dan buruk. Hal ini sangat penting dilakukan, agar tak masuk ke pergaulan salah, sehingga memberi dampak negatif yang akan bisa menghentikan langkah kalian, dan gagal mencapai tujuan akhir nantinya.

12. Atur Pengeluaran dengan Baik

Aturlah pengeluaran seefisien mungkin. Selain biaya untuk kebutuhan kuliah, kalian juga harus pandai mengatur kebutuhan pribadi, agar tidak merepotkan orang tua.

13. Rajin Mencari Informasi Beasiswa

Kalian bisa meringankan beban orang tua dengan mencari informasi tentang beasiswa. Mulai dari menanyakan kepada teman, senior, dosen, sampai mencari sendiri melalui internet. Banyak kategori yang bisa dipilih, sesuaikan saja semua persyaratannya, lalu ajukan. Oh, iya, jangan pernah berkecil hati jika permohonan pada satu program beasiswa ditolak, karena pasti masih banyak program lain yang bisa dicoba.

14. Cari Pekerjaan Sampingan

Jika kalian punya waktu luang yang banyak, cobalah untuk mencari pekerjaan paruh waktu. Bisa dengan ikut membantu di tempat fotocopy dekat kampus, bekerja di rumah makan, atau menjadi Freelancer. Selain mendapatkan pendapatan tambahan, hal ini juga akan menambah daftar pengalaman kerja kalian.

Nah, itulah sedikit tips untuk menjadi mahasiswa sukses. Pilihlah yang sesuai dengan waktu atau passion kalian. Namun ingat, apapun itu tetap jangan sampai mengganggu aktivitas akademik kalian. Salam sukses!