Halo, Takaiters!

Singapura merupakan salah satu negara termahal di dunia. Tetapi, apakah negara ini sepi dari para turis wisatawan? Ternyata tidak, justru semakin tahun semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Singapura. Padahal satu botol air mineral ukuran 600 ml di bandrol seharga S$1.80 atau sekitar Rp. 19.080,- (kurs 1 SGD = Rp. 10.600,- kurs rata-rata pada bulan Agustus 2018).

Bagaimana jika budget kita terbatas tapi mau berwisata ke Negeri Singa. Nah, berikut ini saya akan membagi tips hemat saat jalan-jalan ke Singapura:

1. Bawa Botol Air Minum

Foto: pexels.com

Air mineral di Singapura cukup mahal, jadi sebaiknya Takaiters selalu membawa botol air minum, supaya bisa mengisi ulang botol minum di tempat tinggal atau wisata yang dikunjungi. Air keran di sini layak untuk diminum langsung, jadi Takaiters bisa menghemat budget pengeluaran untuk membeli air minum.

2. Gunakan Transportasi Umum

Foto: oukas.info

Transportasi umum seperti MRT (Mass Rapid Transit) atau bis tarifnya sangat terjangkau. Selain disubsidi oleh pemerintah, transportasi umum sangat nyaman digunakan, dan ramah terhadap kereta dorong bayi atau pengguna kursi roda.

3. Tourist Pass

Foto: thebestsingapore.com

Jika hanya tinggal satu sampai dengan tiga hari saja di Singapura, Takaiters bisa membeli tourist pass untuk menghemat budget transportasi. Tourist pass digunakan untuk berkeliling Singapura dengan menggunakan MRT dan bus. Harga satu hari pemakaian sebesar S$10, untuk dua hari S$16 dan untuk tiga hari S$20. Setelah Takaiters akan keluar dari Singapura Takaiters bisa mengembalikan tourist pass tersebut dan mendapatkan uang kembali atau cash back senilai S$10.

Pilihan Editor


4. Tempat Wisata Ekonomis

Foto: theculturetrip.com

Banyak tempat wisata ekonomis bahkan tidak berbayar di Singapura. Takaiters bisa mengunjungi tempat-tempat seperti Merlion Park (patung singa), Esplanade (pusat seni pertunjukan berbentuk seperti durian), Masjid Sultan Kampung glam, China Town, Bugis Street dan little India.

5. Internet

Foto: todayonline.com

Di setiap stasiun MRT ada wifi gratis, jadi Takaiters tidak perlu membeli kartu telepon untuk mendapatkan internet, cukup mengandalkan wifi gratis yang ada. Tetapi, jika Takaiters harus selalu online 24 jam, Takaiters dapat membeli kartu perdana lokal sebagai solusi hemat. Harga kartu perdana berfariasi mulai dari 10-15 dollar sudah termasuk kuota internet, sms, dan jatah telepon.

6. Tempat Makan

Foto: thebestsingapore.com

Di Singapura banyak terdapat tempat makan murah dan ekonomis, biasanya disebut hawker. Selain hawker di stasiun MRT, Takaiters juga dapat menemukan tempat makan murah dan ekonomis. Untuk yang muslim jangan lupa temukan dulu logo halal di depan toko, ya. Jika lapar di tengah jalan dan tidak menemukan stasiun MRT terdekat atau hawker center, Takaiters bisa mengunjungi kios seven eleven di sana terdapat menu nasi lemak ekonomis yang bisa di panaskan di tempat.

7. Tempat Beli Oleh-Oleh

Foto: thebestsingapore.com

Jalan-jalan kurang lengkap tanpa membeli oleh-oleh, walau hanya sebuah gantungan kunci berlogo negara yang dikunjungi. Betul enggak, Takaiters? Untuk membeli oleh-oleh murah Takaiters bisa mengunjungi Mustafa Center toko 24 jam berlokasi di little India, Bugis Center berlokasi di Bugis atau di daerah Orchard tepatnya di pertokoan Lucky Plaza.

So, walaupun dengan budget terbatas, Takaiters tetap bisa menikmati Indahnya Singapura. Semoga tips diatas dapat membantu menyusun rencana Liburan. Selamat liburan Takaiters!