Danau Singkarak adalah salah satu rekomendasi objek wisata yang sangat tersohor sejak dahulu kala. Dengan luas mencapai 107.8m^2 danau Singkarak telah menjadi danau terluas kedua di Sumatera setelah danau Toba. Danau yang berlokasi di Kanagarian Kacang, Paninghan Desa Malalo Pitalah ini, dihuni oleh sekitar 19 jenis spesies ikan.

Konon cerita, jenis plankton yang hidup di danau ini sangat mempengaruhi jenis ikan yang hidup. Selain itu, cahaya matahari yang tidak mampu menembus kedalaman danau juga sangat mempengaruhi spesies ikan yang hidup. Diantara 19 spesies ikan tersebut, Ikan Bilih (Nama ilmiha : Mystacoleucus padangensis) adalah salah satu jenis spesies ikan ukuran kecil yang menghuni danau ini. Sehingga wajar jika Ikan Bilih menjadi idola, bahkan menjadikan harganya selangit di pasaran. Inti yuk! Fakta tentang Ikan Bilih yang mungkin belum kamu ketahui.

Ikan Bilih merupakan spesies ikan yang banyak peminatnya dari ikan danau lainnya di Sumatera Barat

ikan bilih danau singkarak
Foto : omigayo.com

Selain Rinuak Sapik dan beberapa ikan lain yang hidup di Danau Singkarak, Ikan Bilih merupakan jenis ikan yang banyak peminat, hal ini terjadi karena spesies ini saja yang populasinya paling banyak di Danau Singkarak. Alasan ini juga yang menjadikan Ikan Bilih sangat bersaing dipasaran.

Pilihan Editor

Cita rasa Ikan Bilih nan gurih membuat penikmatnya ingin mencoba lagi

ikan bilih danau singkarak
Foto : primarasa.co.id

Ikan Bilih sempurna biasanya berukuran 6-12 cm. Biasanya ketika musimnya tiba, Bilih siap dijual dengan berbagai variasi, diantaranya Ikan Bilih Kering, Ikan Bilih Tawar ataupun Ikan Bilih Basah. Dan semua pilihan Bilih selalunya dijual dengan harga yang sangat tinggi. Meski berbagai variasi jenis Bilih yang dijual dipasaran, namun tidak sedikitpun mengurangi cita rasa Ikan Bilih yang sangat gurih. Yakinlah, jika kamu mencobanya kamu bakalan ketagihan lagi.

Wah, ternyata ikan bilih memiliki nilai gizi yang tinggi juga loh

ikan bilih danau singkarak
Foto : rockingmama.id

Ikan endemik yang hidup kawasan perairan danau Singkarak di Sumatra Barat ini ternyata mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia loh. Dagingnya yang kaya akan protein dan beberapa komposisi asam amino didalamnya membuat proses metabolisme menjadi lancar pada tubuh manusia.

Berdasarkan hasil penelitian, ikan bilih mengandung zink yang tinggi bahkan lebih tinggi dari zink yang terdapat pada hati sapi sehingga ikan bilih ini bahkan dapat mengatasi masalah Stunted atau tubuh pendek pada anak. Banyak sekali kan manfaatnya.

Yang lebih wow, ikan bilih hanya ada 3 spesies di dunia

ikan bilih danau singkarak
Foto : 4.bp.blogspot.com

Ikan bilih ini tidak dapat hidup selain di habitat aslinya. Bahkan, seorang ilmuwan asal Amerika pernah berkunjung ke Danau Singkarak, kemudian membawa bibit ikan bilih ke negaranya untuk dikembangkan, namun hasilnya nihil, meski menggunakan teknologi dan peralatan canggih jenis apapun ikan bilih tetap tak bisa hidup. Hal ini disebabkab karena susunan kimia air Danau Singkarak yang unik sehingga ikan bilih mampu bertahan hidup disana.

Ikan yang hidup di danau Singkarak ini hanya ada 3 jenis di dunia, dua spesies lagi berada di perairan Danau Maninjau dan sekitar Sungai Amazon, Brazil.

Ikan bilih, ikan endemik danau Singkarak yang terancam akan punah

ikan bilih danau singkarak
Foto : 3.bp.blogspot.com

Benar! Ikan bilih saat ini mulai terancam punah. Hal ini disebabkan oleh alat dan cara tangkap yang digunakan masyarakat sekitar yang tidak ramah lingkungan. Jenis alat tangkap yang digunakan pun berbeda-beda, mulai jaring panjang, jaring lingkar, sistem alahan, jala lempar, lukah dan bahkan menggunakan setrum listrik yang mematikan semua ikan yang ada di sekitar danau.

Mungkin sebentar lagi ikan bilih bakal menjadi cerita rakyat yang akan diwarisi turun-temurun oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Singkarak. Ya, karena ikan bilih terancam punah dari danau kebanggaan masyarakat Sumbar itu.

Proses pemijahan (perkembangabiakan) Ikan Bilih hanya dua kali setahun, membuat Ikan Bilih menjadi selangit

ikan bilih danau singkarak
Foto : batak.co

Ikan Bilih selalunya akan siap panen pada usia enam bulan, masa pemijahan ikan bilih yang hanya dua kali setahun diprediksi menjadikan harga Bilih menjadi selangit. Bilih Basah saja mencapai 60-70 ribu rupiah, sedangkan bilih yang telah dimasak mencapai 270-300 ribu rupiah. Dengan harga yang menarik, ikan bilih menjadi sumber pendapatan masyarakat di sekitar Danau Singkarak. Bahkan, ikan itu sempat menjadi komoditas ekspor dan dijual ke luar negeri.