Jika kamu adalah mahasiswa yang sedang ada di rantau, masalah keuangan pasti menjadi salah satu dari sekian banyak masalah yang harus dihadapi. Kebutuhan kuliah yang menumpuk, ditambah dengan kebutuhan hidup sehari-hari, selalu berbanding terbalik dengan uang kiriman dari ortu. Nah jika kamu termasuk yang mengalami hal begini, coba deh simak tips bagaimana cara mendapatkan tambahan penghasilan berikut ini.

Tempat tinggal mahasiswa di perantaua biasanya di identik dengan rumah kos, Nah kondisi ini bisa dijadikan untuk ladang bisnis kamu lho!

Ide mendapatkan penghasilan mahasiswa perantau
Foto : wp.com

Sebagai seorang mahasiswa atau pelajar yang ada di perantauan, maka tempat tinggal umumnya ada di rumah kos. Kondisi ini bisa menjadi ladang subur untuk bisnis jasa lho. Banyak ragam jasa yang bisa kamu lakukan. Misalkan jasa jual beli barang kebutuhan sehari-hari. Jadi kamu sengaja menawarkan ke semua teman kos untuk membelanjakan kebutuhan mereka.

PILIHAN EDITOR

Minta mereka membuat list, nanti kamu yang akan membelanjakan. Dari sana kamu bisa meminta imbalan jasa dalam jumlah tertentu. Jenis jasa lainnya, namun dengan metoda serupa  adalah isi ulang pulsa, jasa delivery, jasa pengetikan dan masih banyak lagi ragam jasa lainnya.

Buat yang suka dunia tulis menulis, kamu bisa mengirim tulisanmu ke media informasi yang nantinya kamu akan mendapatkan bayaran dari tulisan tersebut

Ide mendapatkan penghasilan mahasiswa perantau
Foto : pexels.com

Kegiatan lain yang bisa kamu jadikan sebagai lahan usaha adalah optimasi kemampuan menulismu. Jika kamu hobi membaca dan senang menulis, isilah waktu senggangmu dengan membuat beragam tulisan. Bisa cerpen, puisi, esai atau bentuk tulisan lainnya. Kirim ke media-media yang membutuhkan, offline maupun online. Dari sana selain dapat menyalurkan hobi, kamu juga akan mendapatkan penghasilan tambahan. Asyik bukan?

Mahasiswa di identik dengan print-to-copy, maka buka jasa fokokopi bisa menjadi penghasilan tambahan buatmu

Ide mendapatkan penghasilan mahasiswa perantau
Foto : 2.bp.blogspot.com

Cara lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan lain adalah dengan membuka usaha fotokopi. Untuk usaha yang satu ini, kamu memang perlu sedikit modal. Untuk mesin fotokopi-nya, kamu bisa menggunakan sistem sewa saja, sedangkan untuk tempatnya carilah tempat yang berlokasi  di kampus.

Selain itu kamu bisa ajukan kerja sama dengan pihak kampus, yakin deh pihak kampus pasti akan mendukung ide wirausaha kamu itu. Jangan lupa buatlah poin-poin perjanjian yang menawarkan win-win solution for all. Untuk waktu operasionalnya, sesuaikan dengan jadwal kuliah kamu. Ingat ya, kuliahmu harus tetap menjadi hal utama.

Buat kamu yang punya kendaraan, jadi driver ojek online sangat mengasyikan mencari uang tambahan

Ide mendapatkan penghasilan mahasiswa perantau
Foto : go-jek

Nah ide terakhir, kamu bisa join menjadi pegawai part timer penyedia jasa angkutan seperti Go**k, Go***b atau nama sejenis lainnya. Tetap lakukan kerjaan ini di masa-masa senggang kuliahmu dan jangan lupa untuk lebih memperhatikan kesehatan guys. Jangan sampai kamu keasyikan mencari uang tambahan sehingga jatuh sakit, dan akhirnya kuliahmu pun terbengkalai.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?