Hallo Takaiters,

Pacitan merupakan kota yang berada di pesisir selatan Jawa Timur. Terletak sekitar 100 kilometer di sebelah selatan kota Madiun. Pacitan terkenal sebagai kota wisata yang menyimpan aneka keindahan alam yang spektakuler.

Banyak wisatawan domestik maupun asing¬† yang mengangumi eksotisme ombak yang indah di sepanjang pantai Klanyar dan Soge. Banyaknya goa alam yang menawan, membuat kota ini dijuluki sebagai “Kota Seribu Goa”. Aneka keindahan alam Pacitan akan memuaskan dahaga para pecinta olahraga alam bebas.

Selain terkenal sebagai kota dengan keindahan alam yang menawan, Pacitan pun terkenal sebagai surganya aneka nasi lho, guys. Ya, kota ini kaya akan hidangan serba nasi yang dijamin bikin lidah bergoyang dan sukses membuat para perantau Pacitan jadi rindu untuk pulang rumah.

Penasaran dengan aneka nasi yang sukses bikin homesick tersebut? Inilah penampakan hidangan nasi populer tersebut, cekidot

Nasi Tiwul

Foto: Indonesiakaya.com

Tiwul adalah kuliner wajib yang harus dicicipi saat berlibur di Pacitan.  Bentuknya seperti nasi pada umumnya hanya saja warnanya agak kecoklatan. Tiwul memang merupakan makanan pokok pengganti nasi yang terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang telah dikeringkan.

Nasi tiwul akan makin sedap dengan ikan asap yang dimasak dengan bumbu gulai dalam santan kental. Lauk ini terkenal dengan nama kalakan. Kuah ini akan membuat nasi menjadi makin sedap, apalagi jika ditambah daun kemangi untuk memperkuat aroma. Ehmm, dijamin nasi ini akan habis tak bersisa.

Sego Gobyos

Foto: pacitanku.com

Nasi ini menjadi buruan penduduk setempat karena sensasi pedas yang menggigit. Sepiring nasi gobyos, berisi nasi putih yang disiram kuah gulai warna kuning dengan cita rasa pedas, dan disandingkan dengan ayam kuah bening atau babat bacem.

Nasi gobyos makin unik saat urap bumbu kelapa hadir sebagai pelengkap. Sebuah kombinasi yang tidak biasa namun selalu laris bak kacang goreng.

Pilihan Editor



Nasi Soto

Foto: emakpintar.org

Soto adalah menu makanan yang hampir ada di setiap daerah. Begitu juga Pacitan, kabupaten ini memiliki yang namanya Soto Pacitan.

Apa yang membedakan dengan soto lainnya? Soto yang berasal dari kota kelahiran SBY ini disajikan dengan tambahan seledri, bawang goreng, kecambah, kecap dan kacang goreng.

Nah, adanya kacang goreng inilah yang menjadi pembeda dengan soto-soto lainnya.

Nasi Lodho

Foto; kepitingonline.com

Nasi ini sekilas mirip dengan nasi uduk. Hanya saja ada tambahan beras ketan yang dicampurkan dalam beras biasa, sehingga hasil nasi lebih lengket seperti nasi sushi.

Hidangan ini makin menggoda saat disuguhkan bersama ayam bakar berbumbu kuning. Bumbu ayam dibuat dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas, daun salam, gula jawa, dan garam.

Agar ayam makin empuk dan nikmat, dagingnya dikukus sebentar setelah diungkep. Hasilnya? Benar-benar mak nyus!

Nah, Takaiters, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mencari menu enak di kota seribu goa ini. Semoga deretan nasi tadi, dapat menjadi referensi yang mengenyangkan perut sekaligus tidak membuat kantong bolong.