Halo, Takaiters!

Indonesia memiliki berbagai hidangan berbuka khas Ramadan yang beragam. Hampir semua daerah memiliki makanan khas yang unik dan menerbitkan liur, Takaiters.

Ternyata, di mancanegara juga memiliki hidangan berbuka khas yang tak kalah istimewa, loh. mau tahu? berikut ulasannya.

Pakora

Foto: harighotra.co.uk

Pakora adalah hidangan berbuka khas India. Bahan baku pakora adalah tepung dan sayur-sayuran. Sekilas makanan ini nampak seperti bakwan.  Bedanya adalah bumbu yang digunakan, pakora menggunakan bumbu rempah khas India yang memiliki aroma khas. Hidangan ini sangat nikmat dinikmati saat masih panas.

Sheer Khurma

Foto: hungryforever.com

Hidangan berbuka yang satu ini berasal dari Pakistan. Menilik dari arti katanya, sheer khurma memiliki arti susu dan kurma. Meskipun demikian, makanan ini tidak terbuat hanya dari susu dan kurma saja. Sheer khurma justru berbahan dasar bihun yang disiram dengan mentega, susu, dan kurma. Tampilannya seperti krim sup yang kental dan memiliki rasa sedikit manis. hidangan ini cocok sekali untuk mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa.

Pilihan Editor



Gullac

Foto: yemek.com

Gullac adalah dessert dingin yang berasal dari Turki. Sayangnya, makanan ini tidak bisa ditemukan setiap waktu, Gullac hanya dibuat di bulan Ramadan sebagai hidangan berbuka puasa yang manis.

Hidangan ini terbuat dari pastry berbentuk lembaran tipis yang kenyal karena disiram dengan susu hangat sebelum didinginkan. Di atasnya diberi taburan walnut dan disiram dengan air mawar yang aromanya mengundang selera.

Qatayef

Foto: amiraspantry.com

Hidangan berbahan dasar tepung ini nampak seperti pancake. Keistimewaan makanan khas Yordania ini adalah isinya yang terdiri dari beraneka ragam kacang-kacangan seperti walnut, almond, pistachio, dan kismis. Rasanya manis legit dengan aroma khas taburan kayu manis yang menggoda.

Lahm Lhalou

Foto: internationalcuisine.com

Hidangan dari negara Aljazair ini berarti daging manis. Makanan yang satu ini terbuat dari daging domba yang dimasak dengan buah prune dan kunyit. Lahm lhalou di negara asalnya disajikan dengan cous cous, biji-bijian sumber karbohidrat, dan kacang almond.

Fesenjan

Foto: persianmama.com

Fesenjan adalah hidangan wajib saat berbuka puasa di negara Iran. makanan ini terbuat dari daging ayam atau bebek yang dibumbui khusus sehingga memiliki rasa manis dan asam. Hidangan ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih.

Itulah hidangan khas berbuka puasa dari negara-negara lain, Takaiters. Jika sudah bosan dengan hidangan berbuka yang itu-itu saja, Takaiters dapat mencoba salah satu hidangan dari mancanegara yang pasti menggugah selera.