Hollaa, Takaiters!

Kuliah berbeda dengan sekolah tingkat SMP dan SMA. Jika di sekolah SMP dan SMA para siswanya masih sedikit dimanja, maka lain halnya di bangku perkuliahan yang membutuhkan kerja keras dan kemandirian. Di sisi lain, kita juga menghadapi pembimbing atau dosen yang sedikit berbeda. Jika guru di tingkat Sekolah Menengah masih banyak yang peduli, tetapi dosen terkadang acuh. Hal ini mungkin juga dikarenakan jumlah mahasiswa yang banyak.

Berbicara mendapatkan nilai bagus di bangku perkuliahan bisa dibilang susah-susah gampang. Tak hanya proses belajar yang matang, kamu juga butuh strategi belajar yang cerdas untuk mendapatkan nilai yang bagus. Nah, bagaimana, sih, taktik untuk memudahkanmu dapat nilai A? Berikut ini Takaitu berikan bocorannya!

1. Rajin Menanggapi Pertanyaan

5-Jurus-Jitu-Mendapatkan-Nilai-Bagus-Saat-Kuliah-1
Foto: dejaka.com

Kalau mau dikenal berbuatlah dan bertindaklah. Menanggapi baik berupa pertanyaan yang dilontarkan saat diskusi maupun menjawab dan memberikan opini tambahan pada materi yang dibahas dalam mata kuliah. Lakukanlah dengan sopan, maka dosen akan mengenalmu. Ketika kamu sudah dikenal, berarti image kamu bagus di mata dosen. Dosen akan mengalihkan matanya padamu saat pertama kali dan kuliah sedang berlangsung.

Biasanya dosen akan memberikan penilaian khusus bagi mahasiswa yang aktif. Ini adalah peluang yang bagus untuk mendapatkan poin lebih sehingga poin tersebut bisa diakumulasi menjadi nilai dan nilai bagus akan berdampak terhadap jangka waktu kuliah. Kamu bisa menyelesaikan program sarjana lebih cepat.

2. Selalu Bersikap Ramah

5-Jurus-Jitu-Mendapatkan-Nilai-Bagus-Saat-Kuliah-1
Foto: shutterlock

Rajinlah menyapa dosen, tersenyum, menyapa, dan membantu mereka menyelesaikan sesuatu. Sehingga akan timbul hubungan emosional yang baik antara dosen dan mahasiswa. Hal ini dapat menjadi sebuah cara untuk menghilangkan celah perbedaan.

Jika kamu mempunyai image yang baik, biasanya dosen akan memberikan nilai tambahan untuk kamu. Semacam bonus di luar ikhtiar kamu sebagai mahasiswa.

Pilihan Editor



3. Memaksimalkan Kehadiran

5-Jurus-Jitu-Mendapatkan-Nilai-Bagus-Saat-Kuliah-1
Foto: pexels.com

Kehadiran yang maksimal akan berpengaruh terhadap syarat perolehan nilai yang kadang ditentukan sekian persen oleh dosen. Bukan hanya nilai, jika kamu memaksimalkan kehadiran, maka kamu juga tidak akan ketinggalan informasi penting yang ada di kelas, termasuk masalah pelajaran dan tugas.

4. Membuat Tugas

5-Jurus-Jitu-Mendapatkan-Nilai-Bagus-Saat-Kuliah-1
Foto: pexels.com

Demikian pula dengan tugas yang dikerjakan akan berdampak pada sistem penilaian dalam mata kuliah tertentu. Biasanya dosen akan menjelaskan presentasi penilaian saat kontrak mata kuliah.

Mengerjakan tugas jamgan asal-asalan, ya, karena nilai tugas itu sangat lumayan untuk menambah nilai akhir kamu, lho. Selalu kerjakan dengan baik tugas yang diberikan oleh dosen kamu, ya!

5. Rajin Belajar

5-Jurus-Jitu-Mendapatkan-Nilai-Bagus-Saat-Kuliah-1
Foto: pexels.com

Inilah kunci terakhir keberhasilan dalam mendapatkan nilai terbaik dan merupakan indikator yang relatif berpengaruh. Persiapkan dirimu dengan maksimal saat akan menghadapi UTS dan UAS, ya.

Itulah 5 taktik agar kamu bisa mendapatkan nilai yang kamu inginkan. Dengan menerapkan lima tips di atas, maka percayalah kamu akan mendapatkan nilai A.

Jadi, tetap semangat untuk menerapkan jurus jitu tersebut, agar kamu mendapatkan nilai yang kamu inginkan. Jangan lupa juga, bahwa nilai yang bagus saja tidak cukup, mengerti dan paham tentang suatu mata kuliah adalah hal yang sangat penting juga, ya, Takaiters.