Guys, tahu nggak sih, kalau hari ini, tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia, loh. Pasti sebagian dari kalian nggak tahu, ya? Apa sih, yang dimaksud dengan Hari Bumi? Untuk apa pula diperingati?

Hari Bumi pertama kali dicanangkan pada tahun 1970. Gayrold ​​Nelson, seorang senator yang juga seorang pengajar lingkungan hidup adalah orang yang menjadi pelopor peringatan Hari Bumi.

Nelson bisa prihatin dengan kerusakan yang diakibatkan oleh tumpahan minyak di sepanjang lingkungan pantai Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Pemilihan tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi bagian selatan.

Kini, seluruh dunia memperingati tanggal 22 April sebagai Hari Bumi. Dan tema yang diusung untuk Hari Bumi tahun 2018 adalah “Akhiri Polusi Plastik”. Hal ini sebagai bentuk penggagas di bumi dengan sampah plastik yang bertebaran di sana sini. Lalu apa yang bisa kita berikan untuk ikut andil mengambil bagian dalam perayaan Hari Bumi ini, Guys ?

1. Berhenti Membuang Sampah Plastik Sembarangan

hari bumu sedunia / earth day
Foto : pexels.com

Seperti kita ketahui, Guys, sampah plastik adalah sampah yang paling sulit diurai oleh bakteri dalam tanah. Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa membawa sampah plastik ini. Apa yang harus kita lakukan? Hal yang paling mudah adalah dengan menggunakan kemasan dan mendaur ulang kemasan plastik yang bisa dipakai lagi, seperti botol.

Pilihan Editor



2. Gunakan Plastik dengan Bijak

hari bumu sedunia / earth day
Foto : pexels.com

Tahu nggak, Guys , menurut penelitian situs Earth Day Network, Indonesia adalah salah satu dari 20 negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Selain Indonesia, dalam situs tersebut juga nama negara Amerika Serikat, Cina, dan India. Maka dari itu, kita harus lebih bijak dalam menggunakan plastik.

3. Selalu Membawa Kantong Belanja dari Rumah

hari bumu sedunia / earth day
Foto : 2.bp.blogspot.com

Belakangan sudah banyak supermarket yang menyediakan tas belanja berbahan kain sebagai kantong plastik. Ini adalah salah satu langkah nyata dalam usaha mengurangi sampah plastik.
Berpikir dalam perayaan Hari Bumi Sedunia tidak harus dengan euforia yang berlebihan, ya, Guys. Kalian bisa memulainya dari diri sendiri dan keluarga di rumah. Dengan apa? Dengan langkah nyata. Kurangi penggunaan plastik. Sederhana kan?

Itulah deretan hal penting yang bisa kita lakukan untuk ikut andil mengambil bagian dalam perayaan Hari Bumi ini, Takaiters.  Ayo kita jaga bumi kita ini dari polusi. Do better for earth!