Ada yang tau harga Bumi? Ternyata bumi memiliki harga yang tidak murah lho, jika dikalkulasikan harga bisa mencapai sekitar 3.000 triliun Poundsterlink atau sekitar Rp 42 juta triliun. Wow!!

Seorang ilmuwan dan sekaligus astrofisikawan bernama Greg Laughin, menghitung harga suatu pelanet dari Ukuran, suhu, berat, dan objek vital dari planet itu sendiri. Bumi dianggap sebagai planet termahal dari planet lainnya.

Laughin mengungkapkan bahwa “Saya berpikir Bumi yang memiliki zona siap huni memiliki definisi nilai yang sangat mahal. Oleh sebab itu, saya ingin membuat pengukuran yang menunjukkan apakah planet itu cukup bernilai tinggi sebagai media kehidupan,”

harga bumi
Planet Bumi (Foto : ngapainaja.com)

Planet Mars hanya dihargai 10 ribu poundsterling atau sekitar Rp140 juta sedangkan Venus hanya berharga satu sen. Di luar angkasa,   Ada sekitar 1.235 planet tetapi tidak dihitung nilainya karena kondisi planet itu sangat ekstrim.

Pilihan Editor

Planet ekstrasurya Gilese 581 C yang dianggap sebagai planet paling mirip dengan Bumi namun tidak memiliki kehidupan ini  berharga 100 poundsterling atau sekitar Rp1,4 juta sedangkan planet KOI 326,01 bernilai 150 ribu poundsterling atau sekitar Rp2,1 miliar.

Semakin lama usia planet, maka akan semakin tinggi nilainya karena memiliki kesempatan lebih berkembang dan bobot yang cukup. Selain itu, planet yang memiliki ukuran mirip dengan Bumi akan dikalkulasi sesuai kriterianya karena berpotensi lebih tinggi untuk menjadi media kehidupan dan tempat baru.

Nilai rumusan ini akan membantu untuk menghargai planet yang kita tinggali ini, agar selalu dijaga agar dapat bertahan untuk masa yang akan datang.