Bercerita tentang tanah minang pasti tak bakalan habis-habisnya. Daerah yang menyimpan banyak hal menarik ini, patut untuk diceritakan. Baik itu dari segi wisata, kuliner, budaya, tradisi, maupun hal-hal unik berikut yang hanya ada di Sumbar dan patut kamu ketahui. Apa sajakah itu? check this out!

Apa? Bukittinggi pernah jadi Ibukota Indonesia?

hal unik yang hanya ada di sumbar
Kota Bukittinggi (Foto : minangindonesia.com)

Yaptt, memang benar kalo Bukittinggi pernah menjadi ibukota negara kita. Hal ini terjadi pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tahun 1948 ketika terjadi Agresi Militer Belanda II. Indonesia saat itu dalam darurat, dimana Soekarno dan Mohammad Hatta ditahan oleh penjajah.

Jam Gadang yang hanya ada dua di dunia

hal unik yang hanya ada di padang
Jam Gadang dan Big Ben (Foto : liputan6.com)

Jam Gadang yang merupakan landmark sekaligus menjadi titik nol bagi Kota Bukittinggi. Tau ngga sih, ternyata Jam Gadang ini hanya ada dua di dunia, dimana satu lagi terletak di Inggris yang diberi nama Big Ben. Kedua menara jam beda negara ini memiliki mesin jam yang sama. Dimana mesin jam tersebut dibuat oleh Vortmann Relinghausen, sebuah pabrik pembuat jam asal Jerman. Dan mereka hanya membuat 2 unit di dunia, satu unit untuk menara jam Big Ben Inggris dan satu lagi untuk Jam Gadang Bukittinggi. Bangga bukan?

PILIHAN EDITOR

Jembatan Akar nan melegenda

hal unik yang hanya ada di sumbar
Jembatan Akar (Foto : hudream.blogspot.com)

Jembatan Akar atau biasa disebut jembatan aka (Bahasa Minang) merupakan sebuah jembatan yang terbuat dari akar-akar yang hidup dari dua buah pohon beringin besar yang melintasi sungai Batang Bayang. Jembatan ini sudah dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat. Dari ceritanya, jembatan ini sudah berumur 100 tahun lebih dan diyakini  jembatan ini mulai dirajut pada tahun 1890 oleh seorang ulama bernama Pakih Sokan dan mulai digunakan pada tahun 1916.

Memiliki destinasi mirip luar negeri

hal unik yang hanya ada di sumbar
Lembah Harau mirip Lemnah Yosemite (Foto : infosumbar.net)

Banyak sekali wisata -wisata di Sumbar yang mirip dengan wisata luar negeri diantaranya bukit Sawahlunto mirip bukit Hollywood Amerika, Lembah Harau mirip Lembah Yosemite California, Ngarai Sianok mirip Grand Canyon Amerika, Gembok Cinta Pohon Cemara mirip Gembok Cinta Paris, Janjang 1000 mirip Great Walls Cina, dan Padang Mangateh mirip Rerumputan New Zealand. So, tak perlu berwisata keluar negeri lagi, sebab di Sumatera Barat semuanya lengkap. 😀

 Sumbar memiliki sistem kekerabatan tertua di dunia

hal unik yang hanya ada di sumbar
Suku Minangkabau (Foto : agamalokal2016p4b.blogspot.co.id)

Minangkabau memiliki sistem matrilineal, dimana suku seorang anak akan mengikuti kepada suku ibunya. Hal inilah yang membuat suku ini berbeda dengan suku-suku lainnya di Indonesia. Konon sistem matrilineal ini merupakan sistem kekerabatan tertua di dunia dan Minangkabau adalah salah satu etnis di dunia yang masih menganutnya sampai saat ini. Selain Minangkabau, suku Mosuo di Yunnan, China juga masih menggunakan sistem matrileneal. Bangga jadi orang Minang!

Setiap daerah memiliki tradisi masing-masing

hal unik yang hanya ada di sumbar
Tradisi pernikahan (Foto : iyakan.com)

Minangkabau mempunyai keanekaragaman budaya dan tradisi yang unik. Bahkan di setiap daerah di Sumatera Barat memiliki budaya dan tradisi masing-masing. Sebut saja untuk masalah pernikahan, di Pariaman misalnya ada tradisi bajapuik. Tradisi ini mengharuskan pihak perempuan membayar ‘uang japuik’ kepada pihak laki-laki. Berbeda dengan daerah Payakumbuh, yang justru kebalikkan dari tradisi Pariaman, dimana memiliki tradisi pihak laki-laki harus membayar/membelikan perlengkapan kamar si perempuan. Unik ya!

Ikan Bilih hanya ada di Singkarak

hal unik yang hanya ada di sumbar
Ikan Bilih (Foto : mondasiregar.wordpress.com)

Yapptt, ikan Bilih yang mempunyai nama ilmiah Mystacoleuseus padangensis ini hanya ada di Danau Singkarak, Sumbar loh. Ikan ini mempunyai ciri khas yang unik, sisiknya berwarna keperakan dengan bentuk tubuh yang pipih sedikit lebih besar dari ikan teri. Biasanya orang Sumbar menyajikan ikan ini dengan cara digoreng kemudian di tambah dengan cabe merah. Gurih!