hal unik yang hanya ada di padang
Artikel

Inilah 5 Hal Unik yang Cuma Ada di Sumatera Barat

Foto : liputan6

Indonesia secara keseluruhan memang merupakan negara yang meyimpan banyak sekali keindahan. Di setiap pelosok daerah, akan mudah ditemui beragam hal yang mengundang decak kagum. Salah satu wilayah yang sangat kaya akan beragam hal yang tidak habis dibicarakan dan ditulis adalah Sumatera Barat. Kalau ngomongin soal Sumatera Barat nggak akan ada matinya, termasuk hal-hal unik yang cuma ada di Sumbar itu sendiri, seperti beberapa hal berikut ini:

Jam Gadang yang hanya ada 2 di dunia

hal unik yang hanya ada di padang

Foto : liputan6

Ikon utama Bukittinggi adalah jam gadang, yang terletak di jantung Kota Bukittinggi. Di dunia, jam yang memiliki mesin sama dengan jam Gadang hanyalah Big Ben yang ada di Inggris. Keunikan lainnya adalah penulisan angka 4 pada jam Gadang yang tidak mengikuti aturan penulisan angka Romawi sebagaimana mestinya. Di Jam Gadang angka empat ditulis IIII bukan IV, dan hal ini sampai sekarang masih menjadi sebuah misteri dan menjadi perdebatan tersendiri di kalangan masyarakat.

Jembatan akar yang sudah berumur satu abad

hal unik yang hanya ada di padang

Foto : hudream.blogspot.com

Titian Aka adalah bahasa Minang yang berarti jembatan akar. Jembatan ini merupakan sebuah objek wisata yang terbuat dari akar hidup dari dua buah pohon beringin yang melintasi sungai Batang Bayang. Objek wisata yang sudah berumur lebih dari 100 tahun ini berada di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Bukit Tinggi yang pernah menjadi ibukota

hal unik yang hanya ada di padang

Foto : minangindonesia.com

Bukit Tinggi merupakan kota yang bersejarah di Indonesia, meski gaungnya tidak sehebat kota-kota perjuangan lainnya yang bahkan hingga diukir dalam rangkaian nada lagu perjuangan. Penorehan sejarah di Bukit Tinggi terjadi pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tahun 1948, ketika terjadi Agresi Militer Belanda II.

Pilihan Editor

Negara Indonesia sendiri pada waktu itu memang berada dalam keadaan darurat, sebab Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta ditahan oleh penjajah. Semasa PDRI di Kota Bukittinggi, Indonesia dipimpin oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara.

Rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia

hal unik yang hanya ada di padang

Foto : bukalapak.com

Bukan hanya alam, budaya dan sosok manusia yang lahir dari sana yang menarik perhatian. Makanan asli Sumbar juga merupakan salah satu keunikan lain di Sumbar . Makanan itu adalah Rendang. Rendang termasuk unik karena meski terbuat dari daging namun bisa bertahan cukup lama jika dimasak dengan benar. Rendang bahkan dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN Internasional, mengalahkan 49 masakan lezat lainnya dari seluruh dunia

Satu-satunya suku yang menganut budaya matrilineal di Indonesia

Matrilineal Terbhal unik yang hanya ada di padangesar Di Dunia

Foto : skyscrapercity.com

Suku Minangkabau mendasarkan garis keturunannya berdasarkan garis keturunan ibu. Hal ini menjadikan suku Minangkabau berbeda dengan suku-suku lain di Indonesia. Konon sistem matrilineal ini adalah sistem kekerabatan tertua di dunia, dan etnis Minangkabau adalah salah satu etnis di dunia yang masih menganutnya sampai saat ini.

Itulah beberapa hal unik yang cuma ada di Sumbar. Gimana? Tertarik untuk kesana?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Paling Populer

To Top