Holla, Takaiters!

Tak terasa sudah menjelang akhir tahun 2018, nih. Mungkin Takaiters sudah mulai menyiapkan draft resolusi untuk tahun selanjutnya. Tapi, buat para pegiat gim nampaknya tidak terlalu memfokuskan hal tersebut, ya? Pasalnya, beberapa gim baru yang dirumorkan rilis tahun depan, bisa jadi bakal dimasukan ke dalam daftar resolusi.

Dunia gaming masih terus menjadi arus tren yang ada, sehingga gim-gim baru turut bermunculan. Termasuk gim bergenre action-adventure. Maka enggak heran juga kalau beberapa gim baru dikabarkan tengah bersiap-siap untuk mengambil tempat di tahun 2019 mendatang.

Lantas, apa saja gim-gim yang dijadwalkan buat rilis tahun depan? Berikut adalah beberapa daftar yang telah dihimpun.

1. Resident Evil 2 Remake

Resident Evil 2 Remake
Foto: Resident Evil 2 Remake

Menjadi salah satu gim yang mendapat sorotan baru-baru ini, Capcom selaku pengembang telah mengkonfirmasi soal keputusan mereka untuk me-remake Resident Evil 2 yang jauh sebelumnya telah dirilis untuk konsol gim Playtation One (PS1). Keputusan tersebut diambil setelah banyaknya permintaan penggemar.

Setelah sekian lama menunggu, Capcom akhirnya memulai pembuatan ulang (remake) seri gim bergenre survival horror klasik mereka tersebut. Peluncuran Resident Evil 2 Remake sendiri dijadwalkan pada awal tahun 2019 mendatang. Platform yang menjadi targetnya adalah Playstation 4, Xbox One dan Windows PC.

Tidak hanya platform yang berganti, pihak Capcom juga menjanjikan beberapa perubahan mencolok dari versi sebelumnya. Berdasarkan rumornya, kuat kemungkinan jika Resident Evil 2 Remake meluncur pada Januari nanti.

2. Anthem

Anthem - Game Action-Adventure
Foto: Anthem

Gim anyar besutan BioWare adalah Anthem. Gim bergenre action-RPG ini akan mengedepankan gameplay yang berlatar sci-fi. Pada gim ini, Takaiters bakal berperan sebagai Freelancer, seorang tentara yang menggunakan setelan a la Iron Man yang berteknologi tinggi. Pemain akan dilibatkan dalam pertarungan melawan musuh dengan sajian tembak-menembak untuk menyelesaikan setiap misi.

Electronic Arts (EA), selaku publisher gim telah mengkonfirmasi tanggal rilis Anthem pada 22 Februari 2019 mendatang. Demo yang memperlihatkan gameplay resminya sendiri telah dipamerkan di ajang Electronics Entertainment Expo (E3) 2018 Juni lalu. Selain itu, Anthem telah memastikan ketersediaannya untuk Playstion 4, Xbox One, dan Windows PC.

3. Devil May Cry 5

Devil May Cry 5
Foto: Devil May Cry 5

Satu lagi gim besutan Capcom yang menarik perhatian. Seri terbaru dari gim Devil May Cry kabarnya akan dirilis pada tanggal 8 Maret 2019. Hal itu dapat dipastikan setelah Capcom memamerkan trailers kedua Devil May Cry 5 di ajang Gamescom 2018 pada akhir Agustus lalu di Jerman. Devil May Cry sendiri merupakan gim action-adventure besutan Capcom.

Gameplay yang disajikan pun akan memperlihatkan kemampuan robotik baru dari para karakter yang dimainkan dalam gim Devil May Cry kelima ini. Bagi para penggemar franchise Devil May Cry, Takaiters akan kembali disuguhkan aksi sang tokoh utama, Nero di seri sebelumnya, Devil May Cry 4. Selain Nero, kalian juga akan melihat dua karakter lain yang bisa kita mainkan (playable) yaitu: Dante dan satu karakter yang identitasnya masih misterius sejauh ini.

4. Sekiro Shadow Die Twice

Sekiro Shadow Die Twice
Foto: Sekiro Shadow Die Twice

Setelah mengumumkan Déraciné, gim Playstation VR (PSVR) mereka yang akan rilis bulan depan, From Software kembali memberi kepercayaan kepada Hidetaka Miazaki untuk memimpin proyek gim yang dijadwalkan meluncur pada 22 Maret 2019. Selaku pengembang, From Software akan berkerjasama dengan Activision untuk mendistribusikan Sekiro: Shadow Die Twice ke tiga platform yakni PlayStation 4, Xbox One dan Windows PC.

Cerita bermula pada seorang shinobi bernama Sekiro yang ingin membalaskan dendamnya pada seorang samurai. Tidak seperti gim action-adventure lainnya, Gim ini tidak menyertakan fitur mode multiplayer apa pun. Tapi, yang bikin seru datang dari kemampuan Sekiro untuk menggunakan berbagi alat untuk menyelesaikan pertempuran dan mengeksplorasi tempat.

Uniknya lagi nih, Takaiters, apabila karakter yang kita mainkan tersebut mati di tengah permainan, kita akan diberi beberapa opsi untuk dihidupkan lagi di tempat yang sama dalam kondisi tertentu. Jadi, selain fitu multiplayer, Sekiro: Shadow Die Twice juga menghilangkan fitur respawn (hidup kembali di titik tertentu) seperti kebanyakan gim petualangan yang biasa kita jumpai.

5. Days Gone

Days Gone, gim open world-adventure
Foto: Days Gone on Mic.com

Hadir dari besutan Sony, wajar saja jika Days Gone hanya rilis untuk platform PS4 pada 26 April 2019 mendatang. Meski jadwal rilisnya sempat mundur dari yang sebelumnya ditetapkan pada bulan Februari 2019, Sony Bend, selaku developer mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil kesempatan untuk memoles gim survival shooter dengan tampilan open world tersebut lebih baik lagi hingga April nanti.

Sebagai sebuah gim aksi petualangan, Takaiters akan berperan sebagai Deacon St. John, seorang drifter dan pemburu hadiah. Berlatar di gurun pasir Pasifik Barat yang bergunung-gunung, kita akan tampil sebagai orang yang lebih suka mengambil resiko berbahaya dengan sepeda motornya ke berbagai tempat yang telah hancur. Pemain bakal menghadapi makhluk Zombie yang disebut Freakers.

6. Crackdown 3

Crackdown 3 - Microsoft Game Studios
Foto: Crackdown 3 from TheBitBag

Hampir senasib dengan Days Gone, Crackdown 3 juga punya riwayat pengunduran jadwal rilisnya. Terhitung sudah sudah tiga kali gim besutan Reagent Games dan Sumo Digital tersebut tertunda. Awalny, Crackdown 3 akan diluncurkan pada tahun 2016 hingga akhirnya ditetapkan pada bulan Februari 2019 setelah 3 tahun mengalami penundaan rilis.

Selain masalah penundaan, kesamaan lainnya terletak pada platform. Jika Days Gone hanya hadir untuk platform konsol game buatan Sony, begitu pula dengan Crackdown yang hanya akan tampil untuk dua konsol besutan Microsoft, yaitu Xbox One dan Windows PC. Pasalnya, gim bertema sci-fi ini diterbitkan oleh Micrsoft Games Studio, sang pesaing Sony Interactive Entertainment di pasar gaming.

Di samping itu semua, kekacauan dan kehancuran di arena yang tersaji dalam gim adalah suguhan utama di Crackdown 3. Sebagai pemain, Takaiters akan berperan sebagai agen super yang memungkinkan untuk bergabung bersama pemain lain dalam mode multiplayer. Pihak publisher menjanjikan kekacauan demi kekacauan dalam arena permainannya.

7. Star Wars Jedi: Fallen Order

Star Wars Jedi: Fallen Order
Foto: Star Wars

Selepas rumornya tenggelam tiba-tiba, penggemar Star Wars nampaknya kembali mulai untuk berharap terkait dengan gim adaptasi serial film tersebut. Rumor kembali mencuat setelah Respawn Entertainment selaku pengembang membagikan detail proyek gim Star Wars mereka di EA Play Conference Juni lalu.

Vince Zampella, CEO Respawn Entertainment mengatakan bahwa proyek gim tersebut akan disebut: Star Wars Jedi: Fallen Order. Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pemain akan dibawa dalam latar peristiwa antara episode Revenge of the Sith dan A New Hope di film Star Wars.

Dalam gim, pemain akan berperan sebagai Padawan yang dilengkapi dengan senjata lightsaber. Dalam keterangannya, pemain akan bermain sebagai Padawan yang diburu oleh Dart Vader seperti dalam cerita asli Star Wars. Meskipun memang belum ada bocoran soal cuplikan gimnya, pecinta Star Wars pasti sudah kebayang kan serunya ketika memainkan versi gimnya?