Hai, Takaiters!

Kalian pasti sudah akrab dengan buah satu ini bukan? Yup, buah berwujud bulat cenderung lonjong dengan permukaannya kasar berwarna hijau sampai kecokelatan ini memang banyak dijumpai di negeri kita ini. Meski disebut buah, sukun merupakan tanaman tropis bernama latin Artocarpus altilis yang mempunyai daging buah empuk, berserat dan mirip roti. Tak heran orang Eropa menyebutnya sebagai “Breadfruit”.

Menurut beberapa jurnal, di antaranya jurnal bumi, tanaman sukun adalah tanaman asli yang berasal dari kawasan Oceania (daerah yang terbentang mulai dari bagian timur Indonesia sampai ke Amerika bagian barat. Wilayah Oceania mencakup Melanesia (Maluku, Papua Nugini, Fiji), Micronesia (Mariana, Palau, Kiribati), dan Polynesia (Hawaii, Selandia Baru, hingga Easter Island).

Buah Sukun telah digunakan sebagai tanaman pokok sejak 3000 tahun yang lalu karena kandungan karbohidratnya yang tinggi bahkan buah ini bisa menggantikan peran jagung, ubi, beras, gandum, kentang, sagu, dan tanaman sumber karbohidrat lainnya. Namun, karena karakteristik buah yang tidak tahan lama, Sukun harus segera diolah begitu sudah matang.

Selain karbohidrat, sukun juga mengandung Vitamin C, Mineral, Omega 3, Omega 6, dan zat Karotenoid (Beta Karoten dan Lutein) yang berguna sebagai Antioksidan. Sedangkan untuk kandungan lemak pada buah ini relatif rendah dan tidak mengandung gluten sehingga daging buahnya cocok dan aman untuk orang yang mempunyai alergi atau sensitifitas terhadap gluten.

Buah Sukun yang telah masak atau matang bisa diolah langsung menjadi makanan terutama camilan yang ternyata tak hanya dikukus atau digoreng saja, lho! Apa saja olahan sukun yang menggoda? Yuk, kita simak!

1. Donat Sukun

Foto: Saraaketha.com

Kalau biasanya kita membuat donat dari tepung terigu atau kentang dan juga labu, ternyata daging buah Sukun pun bisa dibuat donat. Caranya, sukun yang telah dikupas lalu dikukus, dilumatkan dan dicampur dengan tepung terigu, air, ragi, gula, dan kuning telur. Setelah dicampur dengan rata dan kalis, diamkan adonan 30-60 menit untuk kemudian dibentuk dan digoreng. Teksturnya nggak kalah empuk dari donat kentang lho, guys!

2. Perkedel Sukun

Foto: marimasak.tv

Perkedel kentang dan tahu mungkin sudah biasa, bagaimana kalau perkedel Sukun? Cara membuatnya mudah saja, kok, Guys. Rebus atau kukus buah Sukun yang sudah agak tua kemudian lumatkan dan campur dengan telur dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, kaldu bubuk, merica, koreksi rasa, ya, kemudian goreng hingga matang, sajikan.

3. Pancake Sukun

Foto: kumpulanresepmasakan.blogspot.com

Daging buah Sukun yang empuk dan tinggi karbohidrat nyatanya cocok dikreasikan untuk membuat pancake. Caranya, ambil 1 mangkok sukun tumbuk yang telah dikupas dan dikukus atau direbus sebelumnya, campur dengan 1 sdm tepung terigu, 2 sdm mentega cair, 2 butir telur dan 1 cangkir susu cair. Mixer sampai rata. Setelah itu, tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan adonan selama 1 jam. Setelah siap, panaskan pan atau teflon yang dioles butter tipis, ambil 1 sendok adonan, jika sudah muncul lubang-lubang di atasnya, balik, dan angkat setelah dua sisinya matang. Sajikan.

4. Kroket Sukun

Foto: mauritiusfoodlovers.com

Kroket atau Croquettes merupakan makanan dari Perancis yang dibuat dari ragout, putih telur, dan dibalut dengan tepung panir lalu digoreng. Di Indonesia sendiri, kroket umumnya terbuat dari kentang tumbuk yang diisi dengan daging cincang dan sayuran.

Nah, selain kentang, Sukun pun bisa, lho, dibuat kroket yang nggak kalah lezatnya. Caranya, tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah sampai harum dan matang, masukkan ayam cincang rebus, potongan wortel hingga layu. Angkat. Setelah itu campur dengan Sukun yang sudah dihaluskan dan bumbu-bumbu lain seperti garam atau kaldu bubuk. Tambahkan butter. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil lonjong lalu celupkan di putih telur dan gulingkan di tepung panir atau tepung panko. Goreng hingga berwarna keemasan. Sajikan.

5. Keripik Sukun

Foto: cookpad.com

Keripik merupakan makanan camilan yang sudah populer seantero jagat. Kita mengenal keripik kentang, keripik pisang, keripik singkong, keripik tempe tak ketinggalan keripik sukun yang gurih dan bercitarasa khas.

Cara membuat keripik Sukun cukup mudah yaitu; Iris tipis buah Sukun yang telah dicuci bersih, rendam dengan campuran air kapur sirih selama 4-5 jam, angkat, cuci bersih dan tiriskan. Campur semua bumbu dan aduk rata. Diamkan agar bumbu meresap. Goreng sukun yang sudah berbumbu ke dalam minyak goreng yang telah panas sampai kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Keripik Sukun siap dinikmati.

Nah, itulah tadi beberapa kreasi dari sukun. Bagaimana Takaiters, tertarik mencoba?