Hai, Takaiters!

Tugas semester akhir mahasiswa adalah menyelesaikan skripsi. Banyak mahasiswa yang terpaksa tidak bisa menyelesaikan kuliahnya karena skipsinya belum diselesaikan. Sayang sekali, padahal tinggal dua langkah lagi untuk dapat diwisuda. Langkah pertama menyelesaikan skripsi dan dilanjutkan dengan sidang.

Kalaupun ada mahasiswa yang sedang berusaha membuatnya terkendala dengan penolakan dari dosen pembimbing dalam hal pengajuaan “Judul”.

Ada lima tips yang harus kamu lakukukan agar penulisan skripsi bisa berjalan lancar. Takaiters mau tahu? Simak, ya!

1. Carilah Topik yang Sedang Terjadi

Tips untuk menulis skripsi
Foto: pixabay.com

Seorang mahasiswa dituntut untuk kritis dan peka terhadap kejadian yang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Dosen pembimbing biasanya sangat menyukai mahasiswa yang selalu update dengan berita yang sedang ramai diangkat dalam tiap bahasan baik melalui media sosial maupun secara lisan. Setelah kamu dapatkan, diskusikan dengan dosen pembimbing. Nah, kamu harus rajin membaca berita baik dari media cetak maupun elektronik.

2. Carilah Permasalahan yang Menarik untuk Diteliti

Tips untuk menulis skripsi
Foto: pixabay.com

Skripsi yang kamu buat haruslah bisa diteliti dan menarik untuk diteliti. Sebenarnya semua permasalahan memang bisa diteliti tapi tidak semua menarik untuk diteliti. Kamu harus jeli ya, memilih permasalah yang menarik. Kemudian kamu Konsultasikan dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing akan mengarahkan kamu dari permasalahan itu dapat diangkat menjadi judul skripsi.

Jadi, jangan bosan ya, untuk mencari dan mengkonsultasikan dengan dosen pembimbing.

3. Carilah Subjek dan Objek Penelitian yang Jelas

Tips untuk menulis skripsi
Foto: pixabay.com

Untuk melakukan penelitian perlu mencari Subjek dan objek yang sudah jelas. Tentukan tempat yang jadi sasaran penelitian. Pastikan kita sudah mempunyai kenalan, agar lebih mudah dan tidak memakan waktu yang banyak dalam mendapatkan informasi. Subjek dan objek penelitian harus yang umum terjadi dalam masyarakat.

Pilihan Editor



4. Jenis Penelitian Kuantitatif

Tips untuk menulis skripsi
Foto: pixabay.com

Jenis penelitian kuantitatif banyak digunakan mahasiswa dan membuat skripsi. Alasanya karena sederhana dan tidak memerlukan waktu yang banyak untuk mendapatkan informasi. Penelitian jenis ini akan mendapatkan fakta baru.

5. Mulai dari Masalah Bukan dari Judul

Tips untuk menulis skripsi
Foto: pixabay.com

Tentukan dulu masalah kemudian diskusikan dengan pembimbing untuk diarahkan memilih judul yang tepat. Jangan sebaliknya mulai dari judul kemudian baru permasalahan, hal ini akan membingungkan pembimbing. Karena kemungkian tidak akan cocok antara judul dan permasalahan. Akhirnya pembimbing meminta kamu mengganti judul skripsi. Hal ini akan membuang waktu, yang seharusnya bisa digunakan untuk mulai menulis. Jadi lebih efktif dalam memanfaatkan waktu.

Nah, Takaiters yang sedang menulis skripsi, tidak ada salahnya untuk mencoba tips di atas.
Semangat Takaiters, kamu pasti bisa!