Hola, Takaiters!
Pernah merasa bosan dan tertekan saat melakukan pekerjaan? Sekali dua kali mungkin wajar, tak masalah. Tapi jika hal tersebut berlangsung dalam waktu lama dan terus-menerus, tentunya akan berdampak pada hasil kinerja dan kondisi psikologismu. Yang paling rentan terjadi tentu saja masalah stres dan menurunnya kreativitas atau ide-ide brilianmu. Sangat disayangkan, bukan?
Lalu adakah cara agar semangat kerja tetap terjaga dan kamu tetap bahagia saat mengerjakannya? Yup, salah satunya adalah dengan berusaha menemukan pekerjaan yang sesuai hobi atau kesukaanmu. Dalam dunia kerja hal ini sering disebut dengan istilah “passion”.
Passion, atau cinta, hasrat, semangat, menjadi salah satu hal penting disamping uang dan penghasilan besar yang menjadi pertimbangan saat memilih pekerjaan. Banyak orang terjebak dalam pilihan bekerja dengan gaji tinggi, namun beberapa lama kemudian mereka mulai merasa tertekan dan tak bahagia menjalani hari-hari produktifnya.
Guys, masih bingung bagaimana cara menemukan passion di dalam dirimu? 3 hal penting ini dapat kamu lakukan.

1. Buat daftar aktivitas atau bidang yang sesuai dengan hobi dan kesukaanmu

Membuat list bidang pekerjaan sesuai hobi (Foto: pexels.com)
Untuk menemukan passion, kamu harus kenali dulu bidang apa yang menjadi hobi dan ketertarikanmu.  Main game, memasak, menulis, fotografi, adalah sederet hobi yang dapat kamu pilih dan tekuni sebagai profesimu. Jangan lupa tulis dulu list-nya di kertas, dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Setelah kamu menuliskan list-nya, pilih hobi yang rela kamu kerjakan tanpa dibayar

Bekerja sesuai passion (Foto: pexels.com)
Berbicara tentang passion artinya bicara tentang kebahagiaan dan manfaat yang ingin kamu bagikan dengan orang lain. Jika tanpa dibayar pun kita bahagia dan ikhlas melakukannya, apalagi jika dibayar. Makin cinta dan semangat dalam mengerjakannya, bukan? Artinya kamu bekerja dengan mementingkan kualitas, bukan sekedar kuantitas (penghasilan) semata.

3. Setelah kamu melakukan langkah yang kedua, kemudian pilih pekerjaan yang rela kamu kerjakan hingga membuatmu lupa waktu

menikmati pekerjaan sampai lupa waktu (Foto: pexels.com)
Ada aktivitas-aktivitas tertentu yang rela kita lakukan tanpa sadar hingga menghabiskan berjam-jam waktu kita. Tapi anehnya, kita tidak merasa wasting time alias buang-buang waktu. Yang ada justru perasaan lega, puas, dan bahagia.
Nah, kalau kamu sudah menemukan pekerjaan yang membuatmu lupa waktu seperti ini, artinya kamu dapat memilihnya menjadi bidang yang kamu tekuni sesuai dengan passion-mu.
Itu dia, Guys, 3 cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menemukan bidang pekerjaan sesuai dengan hobi dan kesukaanmu. Tapi bukan berarti jika saat ini kamu telah bekerja dan pekerjaan itu belum sesuai passion kemudian kamu buru-buru memutuskan untuk resign, ya 🙂
Yang harus kamu lakukan, teruslah bekerja sambil perlahan-lahan menemukan dan membangun bidang pekerjaan atau bisnis yang sesuai dengan hobimu. Jika sudah menemukan jalannya, barulah kamu putuskan untuk menjalani keduanya atau fokus pada bidang sesuai passion-mu saja.
“…Choose a job you love and you will never have to work a day in your life..” (Konfusius)
Semoga bermanfaat dan selamat menjadi produktif di usia muda, ya, Guys!!