Hola Takaiters,

Enggak terasa yaa sudah cukup lama kita masuk di tahun 2018. Tentunya kamu sudah mengganti kalender di rumah atau kantor dengan yang baru, bukan?

Sebenarnya, kalender adalah suatu sistem yang membagi waktu menjadi satuan yang berulang-ulang, seperti hari, bulan, dan tahun. Kalender dibuat untuk menetapkan nama suatu waktu.

Bicara tentang kalender, kamu pasti tahu bahwa tahun 2018 adalah penanggalan berdasarkan kalender Masehi. Tapi ada jenis kalender lainnya, lho!

Berikut beberapa macam kalender yang digunakan di dunia:


  1. Kalender Masehi

Foto: id.pinterest.com

Kalender yang menggunakan dasar pergerakan matahari ini adalah kalender yang dipakai secara Internasional.

Kalender Masehi saat ini mengadopsi kalender Gregorian, yang merupakan penyempurnaan dari kalender Julian.

Sedangkan kalender Julian adalah kalender Romawi kuno yang disempurnakan oleh seorang Kaisar Romawi kenamaan bernama Julius Caesar.

  1. Kalender Hijriyah

Foto: kalender.tokofadhil.com

Penentuan kalender Hijriyah menggunakan dasar pergerakan bulan. Kalender ini digunakan oleh umat Islam untuk menentukan waktu yang berkaitan dengan ibadah, atau hari penting lainnya.  Setiap tahunnya terdiri dari 12 bulan, yang terdiri dari 29 atau 30 hari. Ada selisih 11 hari dengan kalender Masehi.

  1. Kalender Tionghoa

Foto: tionghoa.info

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Imlek, bukan? Imlek adalah tahun baru di kalender Tionghoa. Kalender Tionghoa disebut juga kalender lunisolar karena penentuannya memadukan pergerakan bulan (lunar) dan matahari (solar).

Kalender Tionghoa digunakan untuk memperingati hari perayaan tradisional dan juga memilih hari yang menguntungkan untuk pernikahan atau usaha.

Pilihan Editor



  1. Kalender Jepang

Foto: notesofnomads

Pada kalender tradisional Jepang, tahun pertama dari setiap era adalah tahun saat kaisar baru mulai bertahta. Misal, tahun 2012 dalam kalender Jepang adalah tahun 24 Heisei, berarti kaisar yang memerintah di era Heisei sudah bertahta selama 24 tahun.

Meskipun tanggalan di Jepang diterbitkan menggunakan kalender Masehi, tetapi di dokumen resmi tetap harus mencantumkan tahun tradisional Jepang.

  1. Kalender Saka

Foto: culturalindia.com

Kalender yang berasal dari India ini menggunakan perpaduan pergerakan matahari dan bulan. Sistem kalender Saka berkembang mengikuti penyebaran agama Hindu, tak terkecuali di Indonesia.

Di masyarakat Bali, dikenal kalender Saka Bali, yang merupakan kalender Saka yang telah disesuaikan dengan keadaan di Bali.

  1. Kalender Maya

Foto: thissideoffifty.blogspot.com

Takaiters, masih ingat dengan rumor kiamat pada tahun 2012? Kala itu, ada rumor yang tersebar bahwa hari akhir akan terjadi pada tanggal cantik 21-12-2012. Hal ini disebabkan karena ada kesalahan interpretasi atas pembacaan kalender suku Maya.

Tidak ada tanggal setelah 21 Desember bagi kalender Suku Maya, sehingga diprediksi hari itu akan terjadi kiamat. Padahal, menurut sesepuh Suku Maya, kalender Maya justru akan mengalami siklus tahunan yang terbaru setelah 21 Desember.

Kalender Maya berasal dari peradaban Suku Maya, penduduk asli benua Amerika. Setidaknya terdapat 15 sistem penanggalan suku Maya yang telah disebar dan dipelajari. Sistem kalender tersebut mencatat pergerakan bulan, matahari planet, masa panen, dan lain-lain.


Itulah enam macam kalender di dunia yang perlu kamu ketahui, Takaiters. Semoga artikel ini bermanfaat ya.