Hallo, Takaiters!

Tidak dimungkiri kalau bepergian ke suatu daerah apalagi negara, selain destinasi wisata, yang paling diburu adalah kulinernya, yess? 

Guys, jikalau suatu hari Allah mengizinkan kalian mengunjungi Makkah dan Madinah untuk beribadah haji atau pun umrah, manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menikmati ibadah di tanah Harram ini. Tapi, jangan khawatir, disela rangkaian ibadah umrah mau pun haji, masih sempat, kok, berwisata kuliner.

Seluruh dunia tahu, makanan khas dari tanah Arab ini adalah kurma dan air zamzam. Namun, saat ini banyak jajanan khas Arab yang bervariasi. Yuk, check it out!

Nasi Mandi

Jajanan Lokal Makkah dan Madinah
Foto : medium.com

Nasi mandi adalah nasi beraroma rempah dengan menggunakan minyak zafaron yang beraroma khusus, sehingga rempahnya terasa kuat. Nasinya berbentuk panjang dan pera. Disajikan dengan daging ayam atau kambing yang lembut ketika digigit.

Bagi pecinta rempah, kudu dicoba. Sekarang sudah tersedia porsi untuk Indonesia, pada tahun 2007, ketika sudah pesan nasi mandi, Masya Allah, ternyata satu porsi bisa untuk berdua ukuran Indonesia. Hehehe …

Al Baik

Jajanan Lokal Makkah dan Madinah
Foto : albaik.com

Jajanan pizza, burger, fried chiken yang ada di Makkah mau pun Madinah dari segi rasa dan ukuran sudah menyesuaikan selera Arab. Tapi, Guys, itu belum terasa ciri khasnya. Nah, yang satu ini jangan diabaikan, Al Baik. Sangat disayangkan kalau kamu melewatkan makanan yang satu ini.

Ada beberapa menu Al Baik yang bikin lapar mata sekaligus nendang lambung. Sandwich, berbentuk kebab yang berisi acar timun, kol ungu, selada, kentang goreng, dengan pilihan udang, ayam, atau ikan. Nugget, dengan pilihan fish fillet, atau chiken fillet, bisa pedas atau enggak.

Yang ngangenin itu, nuggetnya merupakan potongan ayam atau ikan yang langsung diselimuti tepung panir tanpa digiling dulu dagingnya. Jadi benar-benar asli. Gurihnya pas di lidah. Kalau suka pedas, kalian bisa langsung pilih spicy karena jarang tersedia saos sambal.

Oiya, nuggetnya ditemani roti, kentang goreng dan mayonaise. Al Baik ini berada di mall Hotel Hyyat Regency. Setelah sholat di Masjid Harram, kamu bisa keluar lewat pintu 7, lalu belok kanan, melewati Hotel Hilton terus lurus menyusuri jalan, menurun. Enggak lama terlihat Hotel Hyyat Regency.

Roti Paratha

Jajanan Lokal Makkah dan Madinah
Foto : yelp.com

Roti paratha sering dijadikan sarapan, biasanya sepulang sholat Shubuh, orang arab menenteng roti ini dengan kari ayam, sapi, atau kambing yang dikemas dengan alumunium voil.

Roti ini memiliki rasa yang gurih dan hingga kini masih menjadi menu sarapan orang Arab. Di Indonesia sendiri, makanan gurih ini banyak dijual di restoran-restoran khas Timur Tengah serta di warung-warung makan khas Aceh.

Shawarma

Jajanan Lokal Makkah dan Madinah
Foto : recipetineats.com

Shawarma sejenis kebab dengan ukuran lebih besar dan isi lebih banyak, berisi irisan daging sapi, kambing atau ayam, acar timun, kol ungu, selada, bawang bombay, kentang goreng, disiram saos tomat, sambal, dan mayonaise secara terpisah. Jadi, setiap mau gigit, ambil mayonise dengan sendok, simpan di atasnya, gigit, deh.

Jajanan ini sedikit lebih dalam merogoh kocek 15 Riyal, sedangkan kebab biasa 4-5 Riyal. Tapi sesuai lah dengan ukuran dan rasa yang lebih nendang, yess!

Pilihan Editor



Kurma Muda

Jajanan Lokal Makkah dan Madinah
Foto : bukalapak

Kurma dengan kualitas yang bagus, adalah kurma dari Madinah. Ada beberapa jenis kurma, tapi yang paling top adalah kurma Ajwa atau kurma Nabi. Harganya juga lebih tinggi. Di jual dalam keadaan beku, rasanya manis sedikit kesat, mendekati rasa sawo. Harganya cukup murah 15 Riyal per kilo, sedangkan kurma Ajwa minimal 55 Riyal per kilo.

Roti dan Cake

Jajanan Lokal Makkah dan Madinah
Foto : bukalapak

Dua jenis makanan ini termasuk produk baru, karena pada tahun 2010 belum ada. Roti seharga 1.05 Riyal agak padat tapi lembut ketika digigit. Berisi macam-macam varian, apel, stroberi, keju, dan blueberri. Enggak kalah dengan cake-nya, lembut dan manisnya pas. Camilan ini bisa dijadikan oleh-oleh, Guys.

Guys, jika sudah berencana mengunjungi suatu negara atau wilayah, baiknya cari informasi di Google, baik destinasi wisata mau pun kulinernya. Sehingga lebih mudah dan cepat dalam pencarian. Selamat mencoba!