Hello, Guys!

Wah, nggak terasa bulan Ramadan sudah dekat, ya, Takaiters. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini memang spesial bagi umat muslim. Selain kewajiban puasa selama 30 hari yang sayang dilewatkan, banyak acara di bulan ini yang nggak akan kamu temukan pada bulan yang lain. Sebut saja ngabuburit, shalat tarawih, tadarus, patrol, sahur, dan yang pastinya buka puasa dengan menu makanan dan takjil yang bikin ngiler.

Menjalankan puasa selama 30 hari penuh memang nggak gampang, Takaiters. Perlu kesabaran, konsistensi, dan keimanan yang kuat biar puasa nggak bolong. Nah, biasanya awal Ramadan semangat masih menggelora, nih. Tapi tak jarang mendekati tengah bulan, ada aja godaan yang datang. Mulai dari rasa lapar dan haus yang melanda sampai rasa malas beraktivitas.

Biar nggak malas-malasan saat puasa nanti, intip, yuk, tips dan trik jitu di bawah ini, Guys. Cek it out!

1. Latihan Puasa

Foto: lastmiracle.com

Sebelum puasa kudu latihan puasa? Nggak salah, tuh?! Yapt bener, Takaiters. Nggak ada salahnya ‘kan kalau kamu berlatih puasa sebelum digembleng puasa Ramadhan? Selain menambah amal ibadah, puasa sebelum bulan Ramadhan ┬ájuga melatih menahan rasa lapar dan dahaga yang melanda. Kamu bisa menjalankan puasa sunnah seperti puasa Senin Kamis, puasa Rajab, atau mengganti puasamu saat bolong puasa Ramadhan tahun lalu. Lagian, puasa sunnah pahalanya besar banget lho, Takaiters.

2. Rajin olahraga sebelum bulan Ramadan

Foto: pexels.com

Olahraga saat bulan puasa sah-sah aja, sih. Tapi, pasti kamu akan mengurangi intensitasnya kan? Nah, ini waktu yang tepat untuk kamu rutin olahraga. Banyakin gerak fisik dan olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak sakit saat bulan puasa nanti.

Pilihan Editor


3. Menabung, yuk!

Foto: pexels.com

Mulailah menabung dari sekarang. Tahu ‘kan, Guys, makanan dan takjil akan bertebaran saat Ramadhan tiba. Belum lagi godaan busana dan pernak-pernik lebaran. Buat kamu yang suka lapar mata, sebaiknya mulai menabung sekarang juga kalau nggak mau pengeluaranmu membengkak.

4. Kuatkan hati dengan niat

Foto: food.ndtv.com

Apapun yang kamu lakukan, dasari dengan niat yang baik. Begitu juga dengan berpuasa. Niat yang kuat, tidak tergoyahkan, akan membantumu untuk mencapai tujuan. Kalau sudah biasa memantapkan hati dengan niat, puasa nggak bakal bolong hanya karena tergiur iklan makanan dan minuman yang bersliweran di televisi.

5. Buat agenda Ramadan

Foto: kuwait.dokkanafkar.com

Membuat jadwal kegiatan Ramadan seyogyanya dari jauh-jauh hari, Takaiters. Kamu bisa list apa aja kegiatan yang bisa kamu lakukan saat puasa. Kegiatan yang menyenangkan seperti buka puasa bareng teman atau membuat menu takjil bersama keluarga bisa kamu masukkan. Nah, saat puasa tiba, kamu jadi tahu, deh, apa aja kegiatan kamu sehingga kamu bisa manfaatin waktu kamu dengan lebih baik.

Nah, itu dia 5 tips jitu biar makin semangat menyambut bulan Ramadan. Nggak pengen kan bulan Ramadan yang harusnya diisi dengan kegiatan positif malah terlewat karena nggak ada semangat dalam diri? Yuk, biasakan, agar puasa kamu akan terasa mudah dan lebih semangat!